8 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh, Sumber Antioksidan!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Terdapat berbagai kandungan didalamnya yang baik bagi tubuh. Simak berikut ini manfaat kencur bagi kesehatan tubuh.

INDIFFS.COM – Kencur masih tergolong sebagai kerabat dari jahe dan telah dikenal sejak lama sebagai tanaman obat tradisional. Terdapat berbagai kandungan didalamnya yang baik bagi tubuh. Simak berikut ini manfaat kencur bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kencur

Kencur memiliki kandungan nutrisi, vitamin, zat besi, fosor dan kandungan baik lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut dilansir dari berbagai sumber, manfaat kencur bagi kesehatan tubuh:

1. Membasmi Bakteri Penyebab Penyakit

Ekstrak kencur diketahui mengandung minyak essential yang bersifat antibakteri. Beberapa riset menunjukkan bahwa kandungan antibakteri pada kencur dapat membasmi kuman di kulit, gigi dan gusi, serta saluran pernapasan.

Manfaat kencur bahkan dipercaya dapat mematikan kuman Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC. Akan tetapi, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas dan tingkat keamanan kencur sebagai obat untuk mengobati penyakit infeksi masih perlu diteliti lebih lanjut.

2. Mengobati Kencing Batu

Kandungan senyawa dalam ekstrak kencur berkhasiat dalam mengobati penyakit kencing batu. Untuk memanfaatkannya, Anda tinggal ambil dan cuci dua rimpang kencur, lalu parut untuk dicampur dengan segelas air hangat. Setelah diaduk rata, hasil parutan kencur disaring dan tambahkan sedikit garam untuk diminum secara teratur sehari sekali saja.

3. Meningkatkan Energi

Kencur, jahe, dan kunyit dapat meningkatkan energi. Caranya rebus 2 cm kencur, jahe, dan kayu manis. Minuman hangat ini dianjurkan diminum sebelum tidur. Kencur dapat meningkatkan energi, kesadaran, membuat tubuh rileks, dan mengatasi kelelahan.

4. Mengobati Diare

Ekstrak kencur yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan berkhasiat dalam menyembuhkan gangguan pencernaan dan diare. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda tinggal ambil dan bersihkan dua rimpang kencur dan dua siung bawang merah, kemudian tumbuk hingga halus. Bungkus ramuan tersebut dengan daun pisang, dan letakkan di atas api agar hangat, lalu taruh atau balurkan pada perut yang sakit.

5. Mengurangi Stres

Kencur juga dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan meredakan rasa cemas serta stres. Efek ini bisa Anda peroleh ketika menghirup aromaterapi yang berbahan dasar kencur.

6. Melegakan Tenggorokan dan Mengobati Batuk

Manfaat kencur juga bisa mengencerkan dahak, melegakan tenggorokan, dan menyembuhkan batuk, khususnya bagi anak-anak. Seperti diketahui, kencur dapat memberikan efek antiinflamasi, antioksidan, dan bersifat analgesik. Untuk mendapatkan manfaat ini, ambillah satu jari rimpang kencur segar, kemudian bersihkan dan parut. Setelah itu, peras hasil parutan kencur dan masukkan ke dalam sendok. Tambahkan sedikit madu dan minum kan pada anak atau balita yang sedang mengalami batuk.

7. Sumber Antioksidan

Kencur merupakan sumber antioksidan yang baik. Antioksidan dalam kencur bisa mengurangi radikal bebas dan virus. Kencur dan empon-empon bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Kencur dapat meningkatkan nafsu makan karena sifat karminatif. Beberapa suplemen makanan untuk anak juga ada tambahan kencur. Kencur bisa menjadi bumbu penyedap dan baik dikonsumsi anak-anak.

Nah, itulah beberapa manfaat kencur bagi kesehatan tubuh. Berbagai manfaat kencur tersebut umumnya bisa diperoleh jika mengonsumsi nya dalam bentuk jamu atau suplemen.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru