8 Manfaat Me Time Yang Sering Diabaikan, Lebih Bahagia!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Menghabiskan waktu sendirian dengan pikiran yang tenang, akan memberikan sejumlah manfaat. Berikut ini terdapat beberapa manfaat me time!

INDIFFS.COM – Semakin beranjak dewasa, terkadang tak terasa banyak kegiatan seperti bekerja yang menguras mental dari waktu ke waktu. Nah, me time adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan pikiran kamu. Me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri memang sebaiknya rutin dilakukan. Karena, me time memiliki manfaat sangat berguna bagi kesehatan mental seseorang.

Manfaat Me Time

Menghabiskan waktu sendirian dengan pikiran yang tenang, akan memberikan sejumlah manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat me time:

1. Kesempatan untuk Mengenal Diri Sendiri

Manfaat me time yang pertama yaitu memberikan kesempatan kepadamu agar bisa mengenal diri sendiri. Sebagai makhluk sosial, kamu mungkin terlalu fokus memikirkan kondisi orang lain hingga tak jarang melupakan kepentingan diri sendiri. Oleh karena itu, kamu butuh me time supaya bisa mengenal diri sendiri. Berbincang dengan diri sendiri sekaligus bertanya keinginan dan mimpi dari dirimu yang mungkin selama ini tidak pernah kamu pedulikan.

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Kehidupan sehari-hari penuh dengan hal yang dapat mengganggu dan mengalihkan pikiran. Masalah tertentu bisa jadi begitu membekas, sehingga kamu terus memikirkannya saat bekerja, beraktivitas, bahkan saat beristirahat. Me time memliki manfaat untuk mengalihkan pikiran tersebut. Ketenangan sejenak yang kamu dapatkan dari menghindari hiruk-pikuk kehidupan juga, berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas kerja di kemudian hari.

3. Merasa Cukup

Jika kamu tidak bisa bahagia dengan diri sendiri, maka akan sulit untuk mencapai kehidupan kebahagiaan yang sempurna. Satu-satunya orang yang wajib menjagamu adalah diri kamu sendiri. Bagaimana kamu bisa menularkan kebahagiaan ke orang lain, jika kamu tidak bisa bahagia terhadap diri sendiri?

Manfaat me time ini akan membuatmu jauh lebih menghargai diri sendiri. Sehingga dapat lebih mudah untuk merasa cukup dan puas dengan apa yang sudah kamu miliki dan raih hingga saat ini.

4. Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Rasa jenuh, informasi berlebih, dan konflik yang berasal dari kehidupan sehari-hari dapat membuat pikiranmu kusut. Dampaknya berpengaruh terhadap kemampuan kamu dalam berpikir, mengambil keputusan, dan menyelesaikan masalah.

Waktu untuk diri sendiri sangat berguna untuk menyegarkan pikiran karena otak mu terbebas dari berbagai hal yang mengganggunya. Jika pikiran kamu terasa segar, tubuh pun akan merasakan hal yang sama.

5. Hubungan Sosial Semakin Berkualitas

Manfaat me time tidak selalu untuk diri sendiri. Pasalnya, me time juga bisa membuat hubungan sosial semakin berkualitas. Hal ini karena saat me time, maka kamu bisa mengenal diri sendiri dan lingkungan sekitar dengan lebih baik.

Dari sinilah kamu bisa memilih relasi yang dapat membangun diri dan lingkungan sekitar. Me time juga dapat membuatmu lebih menyadari pentingnya kehadiran orang lain sebagai support system.

6. Jadi Lebih Kreatif

Menyendiri bisa membantumu untuk lebih tenang dan relaks. Saat pikiran relaks, ide-ide baru justru akan lebih mudah muncul, di banding ketika pikiran sedang suntuk. Manfaat me time kali ini bahkan bisa membuat kamu menjadi lebih kreatif, karena kamu di tuntut untuk berpikir bagaimana caranya agar tidak merasa bosan saat tengah sendirian.

7. Lebih Bahagia

Melakukan hal-hal yang disukai dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia. Perasaan bahagia membuat kamu lebih positif dan juga sehat. Meluangkan waktu untuk bersenang-senang, bersantai atau melakukan sesuatu hanya untukmu dapat meningkatkan rasa harga diri dan kesejahteraanmu.

8. Meningkatkan Energi untuk Mental

Me time juga diperlukan untuk mengisi energi setelah seharian beraktivitas dan bertemu banyak orang. Untuk sebagian orang, aktivitas bersama banyak orang memang sangat menguras energi. Maka dari itu, me time dibutuhkan agar pikiran dan mental kembali bertenaga dan menjadi lebih segar.

Nah, itulah beberapa manfaat dapat kamu peroleh dari melakukannya me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru