8 Manfaat Pembelajaran Musik Untuk Tumbuh Kembang Anak

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Kebanyakan orang mengira bahwa musik hanya sekedar hiburan saja. Namun, lebih dari itu ternyata terdapat manfaat musik yang baik untuk anak.

INDIFFS.COM – Hampir semua kalangan usia menyukai musik, dan termasuk anak-anak. Apalagi sekarang, musik sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari mendengarkan dari media televisi hingga gadget. Dibalik kemudahan dalam mengakses musik tersebut, ternyata ada beberapa manfaat yang besar terutama untuk tumbuh kembang anak.

Terlebih, di jaman sekarang ini sebagian dari orang tua pun menggunakan musik untuk menghibur atau menenangkan anak. Namun lebih dari pada itu, ternyata mengenalkan musik pada anak juga dapat memberikan sejumlah manfaat lainnya dan bukan hanya sekadar menghibur.

Manfaat Musik Untuk Anak

Banyak penelitian menyebutkan, mendengarkan musik kepada anak terbukti sangat baik. Namun, memainkan alat musik atau melibatkannya dalam aktivitas bermusik, seperti bernyanyi, memainkan alat musik sesuai tahap perkembangan anak, atau mengekspresikan musik melalui gerakan, akan jauh lebih baik.

1. Mencerdaskan Otak

Saat mendengarkan atau memainkan musik, sel-sel otak pada anak akan bekerja lebih aktif. Sehingga jika sambil melantunkan dan mendengarkan musik, ini akan meningkatkan fungsi otak dan daya ingat anak.

Bahkan peneliti menunjukkan bahwa musik berperan dalam menumbuhkan kecerdasan dan meningkatkan memori anak. Tak hanya itu, ini juga bisa dirasakan bagi anak agar gemar bermain alat musik.

2. Menunjang Pertumbuhan pada Anak

Jika anak rutin diajak untuk mendengarkan bahkan bermain musik ini akan memberikan dampak baik bagi pertumbuhan anak. Ada sebuah studi menyatakan, bahwa bayi-bayi prematur yang diberikan stimulasi musik klasik mengalami pertambahan berat badan yang lebih signifikan daripada yang tidak. Itulah mengapa ternyata pentingnya musik bagi tumbuh serta perkembangan bagi anak.

3. Membantu Mengajarkan Hal Baru

Musik juga memiliki fungsi yang baik untuk mengembangkan area otak anak. Ini juga terlibat dalam keterampilan berbahasa dan berlogika. Karena itu, dengan musik bisa digunakan untuk mengajari anak hal-hal baru.

Bahkan ketika anak sedang gemar-gemarnya mengoceh, ajarkanlah hal kecil kepadanya seperti menyanyi merupakan aktivitas menyenangkan. Karena, pada saat ini, secara bersamaan ini bisa mengajarkannya konsep atau kosakata baru, serta cara mengucapkannya.

4. Mendukung Perkembangan Motorik pada Anak

Musik juga memiliki manfaat yang berguna untuk mendukung dalam perkembangan motorik pada anak. Perkembangan motorik ini sangat lah diperlukan bagi seorang anak, karena mampu membantu meningkatkan perkembangan kognitifnya. 

Untuk itulah musik ini sangat berguna baik bagi fungsi motoriknya. Karena pada saat irama atau lagu kesukaan diputar, mungkin ia akan bergoyang atau menari mengikuti lantunan lagu. Bergoyang atau menari itulah yang merupakan salah satu bentuk olahraga yang sehat sebagai pertumbuhan serta perkembangan motorik bagi anak.

5. Meredakan Stres dan Cemas

Manfaat musik selanjutnya bagi seorang anak ialah mampu meredakan stres dan cemas pada anak. Tentunya ini sangat berpengaruh pada suasana hati dan pendengarnya. Karena, wajar saja bila musik dapat digunakan sebagai salah satu media untuk membantu mencegah dan mengatasi gangguan mental.

Bahkan, ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik akan lebih cepat pulih dari stres yang dialami, dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini karena, mendengarkan musik akan mengurangi pelepasan hormon kortisol atau hormon stres dalam tubuh.

6. Meningkatkan Konsentrasi Bagi Anak

Musik juga berguna untuk dapat membantu meningkatkan konsentrasi pada anak. Seperti halnya pada saat belajar memainkan alat musik, ini akan melatih anak untuk bisa fokus terhadap suatu aktivitas yang dilakukan.

7. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Tentunya dengan pembelajaran musik pada anak, ini akan menumbuhkan rasa percaya diri pada seorang anak. Terlebih anak akan merasa penasaran terhadap alat musik yang sedang dimainkan, sehingga akan menumbuhkan rasa bangga ketika anak berhasil mencapai sesuatu.

Tak hanya itu, pembelajaran sejak dini juga akan mengajarkan anak untuk beradaptasi dengan kritikan saat melakukan kesalahan. Selanjutnya, si anak akan berusaha untuk mengoreksi kesalahan tersebut. Seiring berjalannya waktu, kepercayaan diri yang dimiliki seorang anak pun akan mengalami peningkatan.

8. Menginspirasi Kreativitas

Manfaat pembelajaran musik bagi anak ialah dapat menginspirasi kreativitas sang anak. Tentunya dengan pembelajaran musik ini akan memicu kreativitas anak. Bukan tanpa alasan, melainkan pada saat anak bermain dengan musik, pastinya sang anak akan berlatih bagaimana cara bermain alat musik. Disitulah sang anak menunjukan kreativitas dan antusianya.

Itulah beberapa manfaat pembelajaran musik bagi tumbuh kembang anak yang tentunya banyak sekali manfaatnya. Mulai sekarang, mungkin para orang tua bisa mempertimbangkan musik untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak di usianya produktif. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru