8 Manfaat Temu Kunci Bagi Kesehatan Tubuh, No 4 Sering Dialami

Resa Azzahra 0 Komentar

Selama ini kita hanya mengetahui bahwa rempah ini bisa di jadikan sebagai bumbu masakan saja. Ternyata manfaat temu kunci baik bagi kesehatan

IndiffsTemu kunci adalah tanaman temu-temuan seperti temulawak dan lengkuas. Tanaman yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan dengan kuah bening. Manfaat temu kunci beraneka ragam.

Pasalnya, temu kunci atau Boesenbergia pandurata merupakan tanaman rempah yang banyak ditemukan di negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. Meski tidak banyak mengandung nutrisi, manfaat temu kunci bagi kesehatan bisa diperoleh berkat beragam senyawa aktif yang ada di dalamnya, salah satunya flavonoid. Manfaat Temu Kunci

Manfaat Temu Kunci

Dibalik citra rasa temu kunci dalam bumbu masakan, berikut manfaat temu kunci bagi kesehatan:

1. Mengobati Luka

Dari akar temu kunci memiliki ekstrak etanol yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Luka yang dibalut dengan ektrak rempah ini serta gel intrasit dapat menyembuhkan luka dengan cepat dan dapat menyebabkan bekas luka yang lebih rendah serta mencegah mitigasi serta mengobati berbagai penyakit.

2. Mengatasi Leukimia

Rimpang temu kunci ini memiliki aktivitas antileukemia dan memiliki 3 turunan flavonoid yaitu pinocembrin serta kandungan lainnya yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Maka tak heran jika tanaman ini sering dijadikan bahan alami.

3. Mengatasi Gigi Berlubang  

Bakteri yang ada dalam mulut, seperti bakteri streptococcus mutans serta lactobacillus yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Karena kedua bakteri ini dapat merusak dan menghasilkan frikosa dan sukrosa. Dari kandungan temu kunci dalam pencegahan gigi berlubang sangat ampuh dan kamu bisa menggunakannya sebagai obat kumur atau dioleskan pada pasta gigi.

4.  Mengatasi Maag

Tumbuhan rempah yang mengandung komponen flavonoid yang bertugas sebagai obat alami untuk menghambat infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Kamu bisa menggunakan minyak ekstrak akarnya untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Mengatasi Batuk Kering

Kandungan senyawa yang bersifat antiradang dapat meredakan radang dan bengkak pada tenggorokan. Tak hanya itu, kandungan antidioksida nya dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat membantu dalam proses pemulihan.

6. Mengatasi Penyakit HIV

Untuk orang yang mengalami HIV, tempah ini bisa digunakan sebagai obat alami dalam penyembuhannya. Kandungan ekstrak kloroform B rotunda, dan B lupulina di dalamnya dapat membantu dalam mencegah perbanyakan amuba pada penderita HIV,

7. Mencegah Terjadinya Obesitas

Obesitas adalah kondisi berat badan berlebih. Berat badan yang berlebihan dapat memicu berbagai penyakit. Obesitas disebabkan karena akumulasi lemak karena keseimbangan energi dan metabolisme lipid yang tidak tepat. Hal tersebut juga bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular dan penyakit hati. Dalam peningkatan profil lipid serum dan pengurangan perlemakan hati ditunjukkan pada tikus setelah diberi temu kunci.

8. Mengobati Gatal

Temu kunci memang kaya manfaat karena temu kunci mengandung saponin yang mampu membunuh jamur. Oleh karena itu temu kunci dapat digunakan untuk mengobati gatal-gatal pada kulit karena infeksi jamur atau alergi.

Nah, itulah 8 manfaat temu kunci yang bisa kamu gunakan sebagai obat tradisional dalam mengobati segala gejala penyakit diatas.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru