8 Masjid Termegah Dan Paling Spektakuler Di Seluruh Dunia

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Siapa sangka ternyata ada beberapa masjid yang di bangun sedemikian rupa hingga menjadi masjid termegah di belahan dunia lho.

Indiffs – Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat islam, biasanya masjid ini digunakan sebagai salah satu sarana tempat sholat jamaah atau sering juga di gunakan sebagai tempat melakukan kajian-kajian umat islam. Sejak dahulu masjid telah lama menjadi pusat pembelajaran agama dan budaya dalam agama Islam pastinya. Yang dibuat dengan arsitektur sedemikian rupa yang memberikan kesan menakjubkan dan estetika.
Arsitektur yang di buat dalam masjid ini tentunya berbeda beda dari masjid indonesia hingga masjid yang berada di luar negeri. Berbicara mengenai arsitektur masjid ini beragam, dari pembuat masjid yang ciri khas pada suatu wilayah hingga masjid yang memiliki arsitektur mewah dan megah. Siapa sangka ternyata ada beberapa masjid yang di bangun sedemikian rupa hingga menjadi masjid termegah di belahan dunia lho.

Masjid Termegah di Dunia

Tentunya ada beberapa masjid yang memiliki arsitektur indah, sehingga termasuk ke dalam termegah di dunia

1. Masjidil Haram, Saudi Arabia

Masjidil Haram, Saudi Arabia

Masjidil Haram, Saudi Arabia – Bareksa

Di tempat pertama di antara masjid-masjid terbesar, terindah, dan termegah di dunia ialah Masjidil Haram, atau disebut Al-Haram. Terletak di Mekah, di Arab Saudi. Masjid utama bagi umat Islam ini berulang kali dibangun kembali untuk menampung sebanyak mungkin pengunjung. Sekarang Masjid Al Haram ini bisa menampung sekitar 4 juta orang jemaah. Luas masjid ini ialah 40 ribu hektar. Akan tetapi masjid ini terus berkembang sehingga sering terjadi perluasan wilayah dan menambah luas masjid tersebut, ini tentunya sangat luar biasa!

2. Masjid Nabawi, Madinah

Masjid Nabawi, Madinah

Masjid Nabawi, Madinah – Kompas

Selanjut nya ialah masjid nabawi yang menjadi kedua terbesar dan terpenting bagi umat islam. Masjid ini terletak di Madinah, Masjid nabawi inilah yang merupakan tempat peristirahatan nabi Muhammad SAW, yang dimakamkan di bawah Kubah Hijau atau masjid nabawi inilah. Pada waktu biasa masjid nabi menampung sekitar 700 ribu orang. Selama ziarah itu dapat menampung hingga 1 juta orang lebihnya. Luas masjid ini sekitar 598 ribu meter persegi.

3. Masjid Nasir al-Mulk, Iran

Masjid Nasir al-Mulk

Masjid Nasir al-Mulk – Liputan6

Dijuluki dengan Masjid Merah Muda, Masjid Nasir al-Mulk terletak di kota tua Shiraz, Iran. Dibangun selama periode Qajar (1789-1925) atas perintah Mirza Hassan Ali Khan Nasir al-Mulk, putra salah satu penguasa Persia pada masa itu.

jendela yang di desain indah dengan warna yang luar biasa dalam nuansa merah, biru, kuning, oranye, dan hijau yang dimana cahaya bisa masuk ke dalamnya. Pintu masjid yang besar yang terbuat dari kayu berseni pun membuat menakjubkan, dan terdapat ruang bawah tanah.

4. Masjid Agung Sheikh Zayed, UEA

Masjid Agung Sheikh Zayed

Masjid Agung Sheikh Zayed – CNN Indonesia

Masjid ini memiliki ketinggian lebih dari 100 meter, Masjid Agung Sheikh Zayed adalah salah satu surga arsitektur dan budaya Abu Dhabi yang berada di Uni Emirat Arab. Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang merupakan pendiri UEA, mulai membangun masjid ini pada tahun 1996. Dengan memadukan berbagai aliran arsitektur Islaam, masjid ini memiliki 82 kubah, lebih dari 1.000 kolom, lampu gantung berlapis emas 24 karat, dan tangan terbesar. karpet tersimpul di dunia.

Selain itu juga masjid ini dikelilingi oleh empat menara, masing-masing setinggi sekitar 106 meter, terdiri dari tiga bentuk geometris yang berbeda. Sebuah persegi membentuk dasar menara dengan arsitektur yang mengingatkan pada gaya Maroko, Andalusia, dan Mameluke.

5. Masjid Bibi-Khanym, Uzbekistan

Masjid Bibi-Khanym

Masjid Bibi-Khanym

Masjid yang dibangun dengan keindahan arsitektur di kota kuno Samarkand, dibangun antara 1399 dan 1404. Masjid ini dirancang untuk menjadi pemandangan keindahan dan keagungan sehingga akan menutupi semua situs lain yang pernah dilihat Timur. Masjid yang berukuran sekitar 130 x 102 meter persegi, masjid ini dapat menampung lebih dari 10.000 orang sekaligus. Ubin marmer yang indah yang menjadi ciri khas masjid tersebut, pintu masuknya pun di dekorasi sebagai portal tinggi dengan dua menara bundar setinggi masing-masing 50 meter. Dindingnya memakai batu bata berlapis kaca dengan huruf Arab.

6. Masjid Sultan Ahmed, Turki

Masjid Sultan Ahmed

Masjid Sultan Ahmed – Bengkel narasi

Meskipun secara resmi dikenal sebagai Masjid Sultan Ahmed, atau Sultanahmet camii dalam bahasa Turki, masjid ini populer dengan nama Masjid Biru. Langit-langit megah masjid di Turki bersinar dengan gembira karena 20.000 ubin.

Dibangun pada masa kekaisaran Ottoman, masjid biru agung ditugaskan oleh Sultan Ahmed I antara 1609 dan 1616.  Eksteriornya berupa rangkaian lima kubah utama dan delapan kubah sekunder yang tampak. Serta dikelilingi oleh enam menara berbentuk jarum. Ayat-ayat dari Al-Qur’an dan sabda Nabi Muhammad membuat dinding menjadi bagian hidup dari sejarah dan budaya.

7. Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Hassan II, Maroko – Pixabay

Masjid termegah di dunia selanjutnya terletak di singkapan yang menghadap ke perairan biru Samudra Atlantik di Casablanca, masjid ini memancarkan keagungan dan kemewahan di setiap belokan. Ini memiliki menara tertinggi di dunia, menjulang setinggi 210 meter, salah satu masjid terbesar di Afrika, yang dapat menampung 105.000 jamaah 25.000 di dalamnya.

Menampilkan contoh terbaik dari pengerjaan Maroko, masjid agung adalah rumah bagi beberapa batu dan kayu ukiran tangan yang paling indah, lantai dan tatahan marmer yang rumit. Kayu cedar harum yang diukir dengan halus dari Atlas Tengah dan granit merah muda dari Agadir sangat memukau. Gerbangnya terbuat dari kuningan dan titanium, dan air mancur wudhu di ruang bawah tanah, dalam bentuk lotus besar, diukir dari marmer lokal.

8. Masjid Sultan Qaboos

Masjid Sultan Qaboos

Masjid Sultan Qaboos – Okezone

Perpaduan indah antara cita rasa artistik yang kaya dan taman alam terbuka yang merupakan pertemuan gaya arsitektur Islam, Timur Tengah dan Oman. Masjid Agung Sultan Qaboos yang terbesar di Oman dapat menampung hampir 20.000 jamaah sekaligus.

Meliputi area seluas hampir 4.16.000 meter persegi, Interior aula utama dihiasi dengan marmer putih dan abu-abu gelap yang menampilkan pola daun dan geometris yang rumit. Ini memiliki empat pilar yang membawa kubah pusat, yang menjulang hingga 50 meter. Hiasan Islami dan ayat-ayat Al-Qur’an dalam aksara Thuluth terukir di pintu utama.

Itulah beberapa masjid yang terindah termegah yang ada di dunia, bagaimana menakjubkan bukan? Tertarik ingin mengunjungi nya dan melakukan sholat di sana? Namun sebelum itu, pastikan dulu sholat wajib yang lima waktu kamu terpenuhi dengan benar, setelah itu kamu bisa memikirkan bagaimana cara agar bisa mengunjunginya. Semoga menambah wawasan kamu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru