8 Negara yang Memiliki Harga BBM Termurah di Penjuru Dunia

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berbeda dengan negara Indonesia, negara-negara ini memiliki harga BBM termurah bahkan hanya mengeluarkan uang seharga Rp.129 per liter nya.

Indiffs – Beredar info bahwa kini di Indonesia akan mengalami kenaikan harga BBM, Bahan Bakar Minyak ini yang merupakan salah satu kebutuhan pokok untuk menambah energi dalam kendaraan. Tak jarang kebanyakan orang sulit untuk menunjang kebutuhan pokoknya apabila biaya BBM ini naik. Kabar terkait kenaikan harga BBM ini tersebar di media sosial masyarakat. Padahal meski sudah ada sinyal kenaikan harga BBM, Pemerintah belum secara resmi mengumumkan kebijakan tersebut. Ternyata, ada loh negara dengan harga BBM termurah.

Tentunya hal ini menjadi perbincangan masyarakat Indonesia, berbicara mengenai harga BBM di Indonesia, bagaimana dengan harga BBM di Luar Negeri? Apakah sama? Tentu hal ini dikaitkan dalam kebijakan pemerintahan itu sendiri.

Namun siapa sangka, alih-alih di Indonesia sedang mengalami kenaikan BBM akan tetapi, ada di beberapa negara yang justru memiliki harga BBM yang sangat murah. Bahkan bisa dikatakan negara tersebut memiliki tarif bahan bakar minyak dengan harga termurah, lho.

Negara dengan Harga BBM Paling Murah

Berikut ada beberapa negara dengan memiliki harga BBM yang murah:

1. Venezuela

Ya, negara ini berada di ujung utama Amerika Selatan, dengan memiliki luas 912.050 km2, dengan garis pantai sepanjang 2.800 km. Siapa sangka negara yang memiliki air terjun tertinggi di dunia ini ternyata memiliki harga BBM yang sangat murah bahkan saking murah nya lebih murah di bandingkan dengan biaya air. Tentunya ini sangat mengejutkan ya, tarif bahan bakar minyak tersebut hanya sebesar US$ 0,01 atau setara dengan Rp 129 per liter nya. Jika harga ini ada di Indonesia mungkin masyarakat akan berbondong-bondong untuk membelinya. Di kabarkan mengapa negara ini memiliki harga paling murah tersebut karena negara ini sempat mengalami krisis ekonomi pada tahun 2014. Namun, setelah itu selesai pada tahun 2016 harga BBM tersebut dinaikkan, tapi tetap posisi negara venezuela menjadi posisi pertama dengan memiliki bahan bakar minyak termurah.

2. Libya

Libya merupakan negara yang terletak di bagian utara Benua Afrika. Negara ini merupakan satu-satunya negara di dunia yang pernah menggunakan bendera polos. Tak hanya itu negara Libya juga menjadi negara dengan memiliki harga BBM termurah setelah negara venezuela, ya bahkan biaya bahan bakar minyak tersebut hanya $0,03 atau sekitar 446 rupiah per liter.

3. Arab Saudi

Negara Arab saudi ini yang terletak di Jazirah Arab, yang memiliki iklim gurun dan wilayahnya sebagian agung terdiri atas gurun pasir, orang Arab sering menyebut kata gurun pasir dengan kata Sahara. Selain itu pula negara Arab Saudi ini termasuk salah satu negara terbesar yang tidak memiliki sungai, hanya 1,45 persen tanahnya yang bisa ditanami. Tak hanya itu ladang minyaknya dapat mengisi 4,7 Juta kolam renang olimpiade yang merupakan terbesar di dunia. Namun ternyata negara Arab Saudi ini memiliki harga BBM yang termasuk dalam kategori termurah, bahkan harga untuk mendapatkan bahan bakar minyak ini ialah US$ 0,24 atau setara dengan Rp 3.116 per liter.

4. Syiria

Negara syiria atau suriah ini menjadi negara dengan memiliki tempat lahir peradaban selama 10.000 tahun. Tak hanya itu negara ini sekarang menjadi negara yang sering di ancam oleh negara militer lain. Selain itu negara Syiria ini memiliki harga BBM yang sangat murah bahkan hanya seharga 0.29 dolar AS atau sekitar 4.313 rupiah per liter  nya.

5. Iran

Siapa sih yang tidak tahu negara Iran ini, yang merupakan salah satu negara peradaban tertua yang terletak di wilayah kawasan timur tengah benua Asia (Asia Barat Daya), dan agam Islam menjadi dominan nya. Tak hanya itu Iran juga terkenal dengan produksi karpet nya yang menjadi salah satu komoditi yang dibawa para pedagang ke penjuru dunia. Kini, karpet dari Iran dikenal dengan keindahan dan kemewahan nya yang sering digunakan pada kerajaan-kerajaan di istana negara. Akan tetapi ternyata iran juga memiliki harga BBM yang sangat murah lho, yakni US$ 0,34 atau setara dengan Rp 4.415 per liter nya.

6. Kuwait

Kuwait ini merupakan negara monarki konstitusional yang terletak di pesisir teluk Persia, semenanjung Arab Timur Tengah. Negara yang berbatasan dengan Irak di sebelah utara nya dan Arab Saudi di sebelah selatan nya. Tak hanya itu negara kuwait ini juga termasuk kedalam negara yang memiliki mata uang tertinggi di dunia lho, bahkan mencapai dengan per 2,8 dinar yang setara dengan 45 ribu rupiah. Tapi siapa sangka tak hanya itu, negara kuwait juga memiliki biaya BBM yang sangat murah bahkan termasuk ke dalam kategori negara dengan BBM termurah di dunia, yakni dengan harga US$ 0,35 atau setara dengan Rp 4.545 per liter nya, bagaimana murah bukan?

7. Malaysia

Berbeda dengan Indonesia yang terus mengalami tarif BBM menjadi naik, negara tetangga ini justru memiliki harga bahan bakar minyak dengan murah lho dengan harga US$ 0,41 atau setara dengan Rp 5.324 per liter. Ya, negara degan memiliki gua terbesar di dunia ini memiliki harga bbm yang murah. Bagaimana mau pindah ke negara tetangga saja?

8. Nigeria

Ya, siapa sangka Nigeria adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Benua Afrika yang hampir 200 juta orang tinggal di sini. Ternyata negara yang dikenal sebagai negara Nollywood ini memiliki harga BBM yang sangat murah bahkan hanya sekitar US$ 0,46 atau setara dengan Rp 5.974 per liter nya. Untuk membeli baso kumplit di Indonesia mungkin kurang dengan harga tersebut.

Itulah beberapa negara yang memiliki harga BBM termurah, bahkan harga nya hanya sekitar Rp. 129 per liter nya, Ini sih buat beli permen satu saja kurang jika di Indonesia. Bagaimana mau pindah negara, atau masih tetap di indonesia? Tapi jangan asal-asal pindah negara ya, tentunya di balik harga bbm naik ini ada beberapa kebijakan yang di keluarkan, ini demi terjamin nya kesejahteraan masyarakat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru