8 Obat Batuk Berdahak Alami Ala Rumahan, Dijamin Ampuh!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Sebelum mencoba obat batuk berdahak yang bisa dibeli di apotek, ada bahan alami yang dipercaya dapat menjadi obat batuk berdahak. 

INDIFFS.COMBatuk berdahak adalah kondisi paru-paru mengalami infeksi sehingga memproduksi dahak terlalu banyak. Sebelum mencoba obat batuk berdahak yang bisa dibeli di apotek, Anda dapat mencoba bahan alami untuk meringankan gejalanya. Di bawah ini terdapat bahan alami yang dipercaya ampuh dan aman menjadi obat batuk berdahak.

Obat Batuk Berdahak Alami

Berikut ini adalah beberapa obat batuk berdahak alami yang mudah untuk disiapkan sendiri di rumah.

1. Jahe

Tanaman ini punya sifat anti inflamasi sehingga ampuh mengatasi batuk berdahak. Sebuah jurnal menyebut jika jahe bekerja dengan cara mengendurkan selaput di saluran udara untuk mengurangi batuk.

Untuk membuatnya, iris jahe segar sebanyak 20 hingga 40 gram ke dalam secangkir air panas. Biarkan selama beberapa menit sebelum dikonsumsi. Tambahkan madu agar rasanya lebih nikmat saat disantap. Minum secara rutin agar efeknya cepat terasa.

2. Perasan Jeruk Segar

Penderita batuk berdahak perlu banyak mengonsumsi cairan, terutama yang mengandung vitamin C tinggi. Penting ketahui, bahwa paru-paru perlu asupan cairan yang cukup untuk mencegah terbentuknya lendir.

Minum perasan jeruk segar tak hanya menghidrasi tubuh, tapi juga bisa menambah asupan vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Madu

Madu sering dimanfaatkan sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, termasuk batuk. Salah satu peneliti membuktikan, kandungan dalam madu efektif menyembuhkan penyakit batuk jika dikonsumsi secara rutin.

Agar efeknya sebagai obat batuk alami optimal, Anda bisa minum satu sendok teh madu secara langsung dalam keadaan perut kosong. Alternatif lainnya, Anda bisa mencampur ke dalam susu atau teh herbal dengan perasan lemon.

Kombinasi madu dan lemon bisa lebih baik menyembuhkan batuk karena membantu melancarkan pergerakan udara di saluran pernapasan.

4. Air Hangat

Tetap terhidrasi sangat penting bagi Anda yang sedang mengalami batuk dan pilek. Sebuah riset menunjukkan bahwa air pada suhu kamar dapat meredakan batuk, pilek, dan bersin. Namun, beberapa orang merasa lebih banyak mengambil manfaat jika air yang mereka minum memiliki suhu lebih panas.

Studi mengungkapkan bahwa minuman panas dapat mengurangi lebih banyak gejala, seperti sakit tenggorokan, kedinginan, dan kelelahan.

5. Bawang Putih

Kandungan zat allicin yang punya sifat anti mikroba pada bawang putih, mampu mencegah produksi dahak berlebih. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa memakan bawang putih secara langsung. Jika tidak kuat dengan rasanya, Anda bisa mencampur bawang putih halus dengan madu dan teh. Minum ramuan tersebut setidaknya dua kali sehari untuk meredaan batuk berdahak.

6. Sup Ayam

Sup ayam adalah obat pereda flu alami yang dapat membantu mengatasi batuk dan pilek. Kombinasi antara kuah hangat, uap, rempah-rempah, garam dapat membantu mengobati batuk secara alami sekaligus melawan infeksi flu.

7. Thyme dan Cengkeh

Studi menunjukkan, rempah thyme dan cengkeh memiliki sifat antimikroba yang baik untuk mengatasi batuk berdahak. Cara mengobati batuk berdahak dengan thyme dan cengkeh cukup mudah. Anda cukup tambahkan sedikit daun thyme dan cengkeh ke dalam segelas air panas. Biarkan selama 10 menit, saring, lalu minum.

8. Air Garam

Obat batuk berdahak alami yang lainnya yaitu air garam. Air garam dapat mengurangi dahak dan lendir di bagian belakang tenggorokan, sehingga dapat mengurangi gejala batuk berdahak.

Caranya yaitu aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat hingga larut. Biarkan larutan hingga dingin sebelum digunakan untuk berkumur. Tahan campuran tersebut di bagian tenggorokan selama beberapa saat sebelum dimuntahan. Berkumurlah dengan air garam beberapa kali dalam sehari sehingga batuk membaik.

Nah, itulah beberapa obat alami untuk meredakan batuk berdahak yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru