8 Penyebab Ambeien (Wasir) yang Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

Hanni Hnsa 0 Komentar

Ambeien atau wasir merupakan salah satu kondisi, di mana terjadi pelebaran pembuluh darah di area sekitar anus. Inilah penyebab ambeien.

INDIFFS.COM – Ambeien atau wasir merupakan salah satu kondisi, di mana terjadi pelebaran pembuluh darah di area sekitar anus. Pelebaran pembuluh darah yang terjadi ini, dapat menimbulkan benjolan di area anus. Penyebab ambeien membuat penderita akan mengalami perdarahan, hingga merasakan nyeri dan gatal yang luar biasa. Untuk bisa menghindari kondisi seperti ini, maka sangat penting mengetahui penyebab ambeien.

Penyebab ambeien juga berkaitan erat dengan gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, aktivitas yang berlebihan akan membuat area anus mendapat tekanan berlebih. Misalnya, seperti mengangkat beban dengan berat berlebihan.

Ambeien umumnya tidak menimbulkan gejala dan dapat membaik dalam hitungan hari. Namun, di beberapa kasus ada juga yang sampai menimbulkan gejala ringan hingga serius.

Penyebab Ambeien

Melansir dari berbagai sumber, beberapa faktor yang meningkatkan tekanan ambeien sebagai berikut:

  • Faktor Usia

Penyebab ambeien bisa terjadi karena faktor usia. Kondisi tubuh yang semakin menua bisa menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus semakin melemah. Sehingga, kondisi ini sangat rentan untuk mengalami pembengkakan. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab ambeien.

  • Mengejan Saat BAB

Penyebab wasir juga terjadi ketika kamu sering mengejan saat buang air besar. Mengejan bisa menimbulkan efek penekanan pada plexus hemorrhoidalis atau pembuluh darah yang mengelilingi rektum dan anus. Pembuluh darah inilah yang nanti akan merenggang karena mendapat tekanan tinggi dari dalam. Dengan mengejan biasanya dipicu oleh konstipasi atau frekuensi buang air besar yang tidak lancar serta feses yang kering.

  • Duduk Terlalu Lama

Salah satu penyebab ambeien yang paling umum terjadi adalah duduk terlalu lama. Seseorang yang memiliki kebiasaan duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko mengalami ambeien. Pasalnya, kebiasaan ini bisa menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar.

  • Kehamilan

Penyebab ambeien dapat terjadi saat kehamilan. Seiring usia kehamilan yang semakin membesar, tentunya membuat rahim ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Setelah itu, tekanan rahim juga akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar hingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.

  • Mengangkat Beban Berlebih

Berlatih gym dengan angkat beban juga dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan ambeien. Dengan mengangkat benda berat secara berulang, mengakibatkan pembuluh darah di dekat anus membengkak. Kondisi ini juga sering terjadi ketika mengejan dan memberikan tekanan berlebihan pada perut. Mengejan dan menahan napas sambil mengangkat beban dapat menyebabkan pembuluh darah di dekat anus menjadi bengkak. Mendengus dan menahan napas saat mengangkat beban memaksa udara di paru-paru ke bawah, sehingga memberi tekanan pada organ-organ internal dan pembuluh darah di dubur.

  • Sembelit Kronis

Fases yang mengeras akibat sembelit kerap membuat kamu mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan. Tekanan lebih tersebut yang dapat memicu pembengkakan pembuluh darah di anus dan menyebabkan ambeien atau wasir.

  • Konsumsi Gorengan

Penyebab ambeien juga terjadi karena aneka makanan yang digoreng, serta bisa memperparah wasir dalam dua cara. Pertama, makanan yang digoreng sulit untuk dicerna, sehingga dapat memperlambat sistem pencernaan secara keseluruhan. Akibatnya, kamu jadi sulit buang air besar. Kedua, makanan yang digoreng biasanya dimasak dengan minyak goreng dengan bahan nabati, seperti jagung, kedelai, dan lobak, yang mana ketiganya dapat menyebabkan kerusakan pada dinding usus.

  • Alkohol

Penyebab ambeien juga bisa terjadi karena minum alkohol dalam jumlah besar. Konsumsi secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan pencernaan dalam perut. Untuk mengatasi rasa sakit saat wasir kambuh, sebaiknya batasi konsumsi minuman beralkohol, yaitu satu atau dua gelas. Namun alangkah lebih baik lagi jika kamu menghentikan konsumsi nya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru