9 Penyebab Membuat Tubuhmu Sering Kedinginan, Waspada!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Tubuhmu mudah merasa kedinginan? Perlu diwaspadai karena ada beberapa masalah tubuh yang menjadi penyebab tubuhmu sering merasa kedinginan.

INDIFFS.COM – Tubuh merasa dingin memanglah hal yang wajar. Namun dimasa-masa tertentu, ada kalanya seseorang merasa kedinginan meski cuaca sedang panas. Hal ini perlu diwaspadai, karena mungkin ada beberapa masalah tubuh menjadi penyebab yang membuat tubuh sering merasa kedinginan.

Tak hanya itu, kondisi kesehatan yang tidak stabil pun akan menyebabkan tubuh merasa kedinginan terus-menerus. Disamping itu juga, ada beberapa penyebab lain yang bisa membuat seseorang sering merasa kedinginan.

Penyebab Sering Kedinginan

Inilah beberapa hal yang menjadi sebab tubuh terus-terusan merasa kedinginan:

1. Mengalami Anemia

Anemia ini disebabkan oleh kurangnya sel darah merah atau sel darah merah yang tidak berfungsi di dalam tubuh. Akibatnya, sel-sel dalam tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan tidak berfungsi secara normal. Sehingga hal tersebut membuat tubuh seseorang merasa kedinginan.

2. Menderita Diabetes

Tak jarang penyakit diabetes yang tidak terkontrol akan menciptakan komplikasi seperti penyakit ginjal dan kerusakan saraf. Jika saraf rusak karena diabetes, maka dapat menyebabkan kaki dan tangan kesemutan atau mati rasa, terlihat pucat, dan sering terasa dingin. Bahkan bukan hanya merasa kedinginan, seseorang yang menderita diabetes sering melakukan buang air kecil.

3. Tubuh Terlalu Kurus

Siapa sangka bagi seseorang yang memiliki tubuh kurus cenderung ia akan lebih mudah mengalami kedinginan. Hal ini karena tubuh yang kurus hanya memiliki lemak sedikit, sedangkan lemak sendiri berfungsi sebagai isolator. Jadi, seseorang yang memiliki tubuh terlalu kurus hanya memiliki sedikit lemak yang dapat membuatnya kedinginan.

4. Kurang Istirahat

Selanjutnya jika kondisi tubuh sering mengalami kedinginan dapat diartikan bahwa ia kurang beristirahat. Seperti halnya sering kurang tidur sehingga tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, dan ini akan membuat tubuh sering merasa kedinginan.

Kelelahan akibat kurang tidur juga bisa memperlambat kerja metabolisme dalam tubuh. Tentunya hal ini yang akan membuat tubuh merasa lemah dan kedinginan meskipun pada siang hari.

5. Sirkulasi Darah Tidak Lancar

Salah satu yang menyebabkan aliran darah tidak lancar ialah karena adanya penyumbatan akut seperti pembekuan darah. Tentunya aliran darah yang buruk atau tidak lancar bisa membuat seseorang selalu merasa kedinginan.

Hal ini juga sebagaimana studi yang menyatakan bahwa, orang yang mengalami penurunan sirkulasi pada daerah ekstemitas tubuh akan merasa kedinginan, terutama di bagian tangan dan kaki.

6. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme merupakan kondisi ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Nah, kekurangan hormon tiroid pada hipotiroidisme dapat mengganggu detak jantung, suhu tubuh, dan seluruh aspek metabolisme. Sehingga gejala yang akan muncul ialah kelelahan, sembelit, kulit kering, naiknya berat badan tanpa alasan bahkan sensitif terhadap dingin.

7. Penyakit Arteri Prife

Arteri Prife merupakan dimana suatu kondisi peredaran darah saat pembuluh darah yang menyempit mengurangi aliran darah ke kaki. Di mana penyakit ini akan sering menyebabkan penurunan aliran darah ke ekstremitas, mati rasa, kesemutan, dan menciptakan perasaan dingin. Tak hanya itu, bahkan penyakit arteri prifer ini juga terkadang dapat menyebabkan kematian jaringan.

8. Dehidrasi

Penyebab selanjutnya yang membuat tubuhmu mudah merasa kedinginan  ialah kamu mengalami dehidrasi. Hal ini karena saat tubuh tidak memiliki cukup air, tubuh tidak mampu melakukan sirkulasi darah secara efektif. Tentunya ini akan mengakibatkan, beberapa bagian tubuh merasa kedinginan.

9. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 atau cyanocobalamin bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah yang sehat, menghasilkan energi, dan dapat mengoptimalkan fungsi saraf. Tentunya jika seseorang mengalami kekurangan asupan vitamin B 12 cenderung ia akan merasakan kebas, lemas dan bahkan kedinginan. Dengan itu cobalah untuk mengonsumsi makanan alami, seperti telur, yoghurt, dan keju. Makanan tersebut akan membuat tubuh merasa cukup akan asupan vitamin B12.

Itulah beberapa penyebab yang membuat tubuh seseorang mudah merasakan kedinginan, meski cuaca sedang panas. Nah, jika kamu sering merasa kedinginan cobalah untuk menghindari beberapa penyebab diatas. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru