8 Penyebab Munculnya Ketombe Berkerak Pada Kulit Rambut

Admin 0 Komentar

Penyebab Ketombe atau dandruff ini muncul pada kulit rambut kamu salah satu nya ialah karena kurang nya perawatan rambut kamu.

INDIFFS.COM – Adanya ketombe pada rambut kepala menjadi salah satu masalah yang umumnya terjadi pada kebanyakan orang, tak hanya itu munculnya ketombe ini akan membuat kamu merasa tidak nyaman, dan bisa membuat kepala kamu menjadi gatal. Terlihat sepele, namun munculnya ketombe ini sering mengganggu penampilan kamu baik pria atau wanita. Serpihan ketombe yang menempel pada baju membuat kamu semakin tidak percaya diri. Untuk itu, kamu harus tau penyebab nya mengapa ketombe ini sering muncul di kepala rambut mu.

Penyebab Munculnya Ketombe pada Rambut

Melansir dari berbagai sumber, berikut ada beberapa hal yang menyebabkan ketombe atau dandruff ini muncul pada rambut kamu:

1. Salah Memakai Produk Shampo

Pertama yang menyebabkan ketombe ini muncul pada rambut kamu ialah salah dalam menggunakan produk shampo. Penting di perhatikan bagi kamu ketika salah memiliki produk shampo ini akan membuat munculnya ketombe pada rambut kamu. Bukan tanpa alasan, melainkan kesalahan pemilihan produk shampo akan membuat kulit kamu menjadi iritasi sehingga menjadi sangat mudah munculnya ketombe pada rambut. Kamu juga bisa menggunakan shampo yang di khusus kan untuk kamu yang memiliki masalah rambut seperti ber-ketombe.

2. Jarang Menyisir Rambut

Tentunya dengan menyisir rambut ini akan membantu kamu dalam pengelupasan sel kulit yang mati sehingga tidak akan terjadi penumpukan ketombe. Selain itu juga, dengan menyisir rambut secara rutin ini mencegah terjadinya penumpukan bakteri yang di sebabkan kusut nya rambut akibat jarang di sisir dan tentunya bakteri ini akan membuat kepala kamu terasa gatal.

3. Keramas Tidak Bersih

Selanjutnya, ketombe ini bisa muncul pada kepala kamu disebabkan karena keramas tidak bersih. Ini terjadi karena terdapat beberapa shampo yang menempel pada kulit rambut, namun tidak terbilas dengan air. Sehingga ini akan menyebabkan ketombe muncul akibat sisa-sisa shampo yang kering dan berubah menjadi kotoran rambut.

4. Kulit Kepala Yang Kering

Cenderung orang yang memiliki kulit kepala kering lebih sensitif terhadap munculnya ketombe pada rambut. Tak hanya itu, ketombe ini berasal dari kulit kering cenderung memiliki serpihan yang lebih kecil dan tidak berminyak. Sehingga kulit kering akan menjadi munculnya ketombe pada rambut kamu.

5. Penyakit Kulit

Selanjutnya yang akan menyebabkan munculnya ketombe pada rambut kamu ialah karena penyakit kulit yang di derita. Berbagai penyakit kulit, seperti psoriasis hingga eksim, bisa menjadi penyebab munculnya ketombe.

6. Tidur dengan Rambut yang Basah

Jika kamu membawa tidur dengan kondisi rambut yang basah, tentunya selain membuat rambut kusut dan bau, tidur dengan rambut basah juga dapat menjadi penyebab munculnya ketombe. Tak hanya itu, terdapat bahaya lainnya yang akan terjadi jika kamu membawa tidur rambut kamu dalam kondisi basah, salah satu nya bisa memicu tumbuhnya bakteri yang akan menyebabkan infeksi.

7. Stress

Penyebab selanjutnya yang memicu tumbuhnya ketombe ialah terjadinya stress pada diri kamu. Bukan tanpa alasan, selain merugikan kesehatan mental, ternyata stres berdampak buruk pada kesehatan kulit kepala. Stres juga dapat menyebabkan sistem imun tubuh menjadi lemah sehingga ini akan membuat kulit kepala kamu lebih rentan mengalami ketombe.

8. Jamur

Selanjutnya, munculnya ketombe pada rambut kamu disebabkan karena tumbuhnya jamur pada kulit rambut kamu. Biasanya jenis jamur yang akan tumbuh pada kulit rambut kamu ialah jamur Malassezia Sp. Jamur ini akan tumbuh lebih jika kondisi rambut kamu selalu dalam keadaan lempab.

Demikian beberapa penyebab munculnya ketombe pada rambut kamu. Untuk itu kamu harus menjaga kebersihan rambut agar tidak muncul ketombe, untuk mengatasi munculnya ketombe ini kamu bisa menggunakan bahan alami sebagai alternatif yang mudah di temukan. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru