8 Penyebab Penyakit Kista Yang Penting Untuk Diketahui Wanita!

Resa Azzahra 0 Komentar

Kista termasuk dalam penyakit kronis dan penyakit ini sering terjadi pada wanita. Ada beberapa penyebab kista yang sebaiknya kita kehatui!

INDIFFS.COM – Kista adalah sebuah kantung terbentuk dari jaringan membran dan berisiko cairan, udara, seni-solid, hingga zat lainnya. Penyakit tersebut dapat muncul pada beberapa bagian tubuh dan cedera bisa menjadi salah satu penyebab penyakit kista.

Kista termasuk ke dalam penyakit kronis berbahaya, jika tidak segera mendapatkan penanganan. Maka dapat mengancam jiwa penderita. Penyakit tersebut memiliki cirinya sendiri dan tergantung pada jenis kista yang di derita.

Gejala utama kista ialah adanya benjolan pada bagian tubuh tertentu, seperti pada wajah, punggung, leher, dada hingga telapak tangan dan kaki. Selain itu, ciri lainnya yakni:

  • Merasakan demam hingga pusing.
  • Mengalami mual atau muntah.
  • Benjolan nya mengeluarkan nanah atau darah disertai dengan bau tak sedap.
  • Tumbuh benjolan berwarna kemerahan.
  • Rasa sakit karena infeksi pada kista.

Penyebab Penyakit Kista

Kemunculan kista dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui penyebabnya sebagai langkah penting untuk mencegah kemunculan kista. Berikut ini ulasan mengenai penyebab penyakit tersebut yang perlu kita waspadai:

  1. Anak perempuan yang terlalu dini menstruasi ternyata dapat meningkatkan risiko terkena kista. Maka disarankan, jika anak memasuki masa pubertas ajari cara menjaga pola makan sehat. Makanan sehat yang dikonsumsi akan mengurangi risiko terkena penyakit tersebut.
  2. Kebiasaan merokok tak hanya merusak kesehatan paru-paru. Zat adiktif yang ada di dalamnya pun dapat mengganggu rahim serta memicu munculnya kista ovarium. Maka segera hentikan kebiasaan tersebut agar risiko kista semakin rendah.
  3. Infeksi kelenjar sebasea yang tersumbat atau tindikan, dapat mengakibatkan kista dengan rasa sakit semakin meradang karena terinfeksi.
  4. Selain menstruasi sejak dini, memiliki siklus yang tidak teratur bisa menjadi alasan yang tidak boleh diabaikan. Kista bisa muncul di ovarium wanita dengan menstruasi tak teratur, hal ini terjadi karena adanya penumpukan darah kotor di dalam tubuh.
  5. Usia pubertas hingga menopause memiliki faktor tinggi untuk terkena kista. Pada rentan usia tersebut masih mengalami periode haid. Karena ketika haid, benjolan cairan tersebut bisa saja terbentuk.
  6. Mengonsumsi obat penyubur secara berlebihan akan memberikan efek buruk. Supaya tidak terjadi, sebaiknya konsumsi obat dari bahan alami, seperti kacang hijau dan tauge.
  7. Ternyata faktor genetik bisa menjadi penyebab kista. Jika memiliki saudara perempuan yang menderita penyakit ini, maka kita lebih berisiko tinggi untuk mengidap nya.
  8. Gangguan hormon menyebabkan munculnya kista, agar hormon tidak terganggu. Disarankan untuk menetapkan pola hidup sehat untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

Demikianlah informasi seputar munculnya kista yang dapat kita ketahui. Supaya kita tidak mengalami penyakit tersebut, terapkan gaya hidup sehat dan pola makan baik. Jika merasakan beberapa gangguan diatas, segera konsultasi dengan dokter.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru