8 Penyebab Rambut Putih di Usia Muda, Benarkah Akibat Stres?

Resa Azzahra 0 Komentar

Penyebab rambut putih pada usia muda dapat disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya ialah faktor genetik dan hormon.

INDIFFS.COM – Penyebab rambut putih di usia masih muda tampaknya tengah menjadi perbincangan anak muda. Pasalnya, rambut putih yang biasanya di alami oleh lanjut usia dapat dialami oleh anak muda.

Tumbuh rambut putih (Uban) yang dialami setiap orang merupakan proses yang alami terjadi. Di dalam tubuh, terdapat folikel rambut yang berperan untuk menentukan warna rambut. Hal itu berupa lubang atau pori kecil yang ada di lapisan kulit keluar dan menjadi tempat tumbuhnya rambut. 

Sebagian orang yang memiliki rambut beruban meski di usia yang terbilang cukup muda, yakni 20-an atau bahkan belasan. Kemudian bertanya-tanya, mengapa di usia yang relatif mudah, uban bisa muncul.

Penyebab Rambut Putih di Usia Muda

Nah, jika kamu termasuk orang yang memiliki rambut putih saat muda jangan terlalu panik, simak aja beberapa penyebab nya berikut ini:

1. Faktor Keturunan (Genetik)

Jika usia remaja atau masih mudah memiliki uban, biasanya hal ini disebabkan oleh faktor keturunan yang berubah sejak muda. kemungkinan kerabat ayah maupun ibu memiliki uban sejak remaja. Faktor genetik ini tidak dapat kita hindari. Namun. jika kamu merasa terganggu dengan munculnya uban, kamu dapat mewarnai nya dengan warna yang di syariat kan.

2. Pengidap Auto imun

Penyakit auto imun adalah gangguan kesehatan sistem kekebalan tubuh yang tidak menjalankan fungsinya dalam melawan virus, bakteri dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, penyakit ini membuat sistem kekebalan tubuh menyerang rambut. Akhirnya, rambut kehilangan pigmen yang berfungsi untuk memberikan warna pada rambut.

3. Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang banyak dampak buruk bagi kesehatan. Zat berbahaya yang terkandung dalam rokok, seperti nikotin, bahan cat, racun tikus dll, dapat memicu timbulnya berbagai macam jenis dalam tubuh. Sehingga, penyakit jantung, kanker serta gaya hidup ini bisa memicu timbulnya uban sebelum usia 30. Sebab, kebiasaan ini membuat penyempitan pada pembuluh darah dan menghambat aluran darah ke folikel rambut.

4. Obat Kemoterapi

Obat-obatan tersebut dapat menghambat reseptor tirosin kinase c-kit dalam melanosit. Yakni, obat kemoterapi dan antimalaria menjadi penyebab uban di usia muda. Selama pemakaian obat tersebut misalnya dalam waktu 3 sampai 4 pemakaian, rambut berubah menjadi pirang, kemerahan atau abu. 

Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Lupus (2009) juga menemukan bahwa obat klorokuin secara signifikan mengurangi produksi melanin rambut.

5. Kurangnya Vitamin B12

Kekurangan vitamin ini berkaitan dengan gejala Auto imun sebagai anemia pernisiosa yang kemudian memicu ubah muncul lebih cepat.  Jenis ini terjadi ketika lambung tak dapat menghasilkan zat untuk penyerapan Vitamin B12. Sehingga sel darah merah lebih sedikit membawa oksigen ke area rambut.

6. Stres

Banyak yang menganggap stres adalah pemicu munculnya uban. Diklaim oleh peneliti yang menyebutkan bahwa sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut dapat berkurang ketika sedang stres. Sebab, hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan reaksi radikal bebas dengan antidioksidan yang menyebabkan kerusakan pada sel rambut. Stres ini menjadi faktor kecil terjadinya uban.

7. Kelenjar Tiroid

Hormon tiroid T3 dan T4 bekerja langsung pada folikel rambut untuk meningkatkan melanogenesis, yaitu produksi melanosit alias sel penghasil pigmen rambut (melanin). Kelenjar tiroid yang terlalu atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin. Sehingga, penurunan hormon tiroid bisa jadi penyebab uban di usia muda.

8. Hormon

Selain beberapa penyebab tersebut, uban pada usia mudah dapat disebabkan oleh perbuahan hormon. Sehingga rambut berkurang tekstur, kerapatan dan warnanya seiring waktu berjalan. Proses seperti ini biasanya terjadi saat mencapai usia 30 tahun. Pada usia tersebut akan terlihat perbedaan cukup kentara pada rambut.

Demikianlah beberapa penyebab rambut putih pada saat usia muda. Semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan kita. 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru