8 Ramuan Obat Herbal untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Kadar kolesterol yang tinggi bisa di atasi dengan membuat ramuan obat herbal sebagai alternatif pengganti obat kimia, yang sehat bagi tubuh.

INDIFFS.COM – Ramuan tradisional sering di jadikan sebagai salah satu obat herbal yang memiliki memiliki bahan-bahan alami berupa tumbuhan. Di gunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menjadi alternatif dari penggunaan obat kimia. Tak hanya itu, berbagai penyakit yang dapat di sembuhkan dengan menggunakan obat herbal ini, salah satu nya dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Namun, tidak semua obat herbal mampu menurunkan kolesterol. 

Obat Herbal Kolesterol

Berikut beberapa obat atau ramuan herbal yang di percaya bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi:

1. Daun Kelor

Obat Tradisional herbal yang di percaya bisa menurunkan kolesterol ialah daun kelor. Kandungan daun kelor kaya akan antioksidan yang sehat dan senyawa tanaman bioaktif. Selain itu juga, daun kelor mengandung zat penting lainnya seperti protein, vitamin B6, vitamin C, riboflavin dan zat besi. Karena zat inilah yang mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

2. Daun Salam

Obat herbal selanjutnya yang bisa digunakan sebagai pengobatan untuk menurunkan kolesterol ialah daun salam. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya seperti polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat, sehingga mampu mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Tak hanya itu, manfaat rebusan daun salamnya yang bisa menurunkan gula darah dan kolesterol. Zat tersebut dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah serta kolesterol pada penderita diabetes.

3. Daun Sirsak

Daun Sirsak inilah yang dipercaya sebagai obat herbal yang paling efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Karena kandungan antioksidan dalam daun sirsak juga mampu mengontrol kolesterol jahat. Tak hanya itu, rebusan air daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang dapat memberikan efek pembentukan kolesterol di dalam darah. Dan ini juga baik bagi pengidap diabetes, karena kandungan di dalamnya juga mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

4. Daun Suji

Kandungan yang terkandung di dalam daun suji ini ialah klorofil, flavonoid, alkaloid dan polifenol. Dan senyawa flavonoid ini diklaim mampu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh, sehingga mampu  mengurangi kandungan kolesterol, sebagai antioksidan bagi tubuh, serta dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Daun Jambu Biji

Obat alami yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol lainnya ialah daun jambu biji, Daun jambu biji ini memiliki sifat anti hiperlipidemia yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau kadar LDL. Tak hanya itu, ekstrak daun jambu biji ini efektif menurunkan kadar kolesterol darah dan dapat mengontrol kadar glukosa darah.

6. Bawang Putih

Obat kolesterol herbal selanjutnya ialah bawang putih. Selain menjadi bumbu penyedap masakan, bawang putih juga mempunyai manfaat utama dalam menurunkan kadar kolesterol. Ini disebabkan karena kandungan  senyawa allicin yang merupakan senyawa aktif yang membuat bawang putih sangat bermanfaat bagi kesehatan. Serta senyawa tersebut mempunyai efek antikosidan dan anti-inflamasi yang mampu menurunkan kolesterol yang tinggi.

7. Jahe

Jahe ini biasanya diolah menjadi minuman yang berkhasiat untuk menghilangkan masuk angin pada tubuh. Namun, tak hanya itu kandungan senyawa enzim jahe yang aktif, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

8. Kunyit

Selain dijadikan sebagai bumbu dapur, kunyit ini di perkaya akan manfaat yang mampu menurunkan kolesterol. Di mana kunyit bisa memengaruhi kadar kolesterol total, termasuk menurunkan kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik, untuk itu ini baik di jadikan sebagai obat tradisional.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru