8 Serangan Aksi Teroris Paling Brutal di Dunia, Indonesia Masuk?

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Sederet peristiwa aksi teroris yang pernah terjadi di penjuru Dunia yang tercatat disebut sebagai kejadian yang paling brutal dan fatal.

INDIFFS.COM – Siapa sangka, ternyata kejadian aksi teror bom bunuh diri, tak hanya terjadi di Negara Indonesia saja. Namun, di berbagai penjuru Dunia pun pernah mengalami kejadian aksi teroris dengan ledakan bom bunuh diri.

Bahkan, aksi-aksi tersebut dinyatakan sebagai aksi teror yang paling fatal di Dunia. Lebih dari pada itu, nyatanya banyak organisasi dan kelompok teroris lainnya yang berupaya menghancurkan dunia dengan aksi bom bunuh diri.

Serangan Aksi Teroris Paling Fatal di Dunia

Dibawah ini merupakan deretan serangan teror bom bunuh diri, yang pernah terjadi penjuru Dunia.

1. World Trade Center

Kejadian aksi teror ini menjadi salah satu peristiwa yang paling mematikan di sejarah Dunia. Bagaimana tidak, ini terjadi ketika pesawat yang menampung penumpang komersial dibajak dan ditabrakan ke menara kembar World Trade Center (WTC).

Peristiwa ini membuat Dunia sangat bersedih. Pasalnya, korban yang tewas atas tragedi ini sebanyak 2.993 orang dan 8.900 orang terluka.  Selain itu, diduga serangan teror ini dilakukan oleh jaringan Al Qaeda yang dipimpin oleh Osama Bin Laden.

Berdasarkan video yang beredar kala itu, beberapa orang menerjunkan dirinya dari lantai atas Gedung untuk menyelamatkan diri. Kejadian tersebut pada 11 september 2001 dan hingga kini pelaku utama serangan ini masih misterius.

2. Teror Kota Oklahuma, Amerika Serikat

Selanjutnya, serangan teror terjadi di Gedung Federal Alfred P. Murrah di kota Oklahoma, Amerika Serikat. Meski tak sebesar dengan serangan di WTC, namun serangan ini juga menewaskan korban jiwa yang cukup banyak, yakni sekitar 168.

Akibat dari serangan ini ialah bangunan sebanyak 324 rusak,86 mobil terbakar dan 258 kaca rusak. Di duga serangan ini merupakan permulaan dari aksi teror di Amerika Serikat. Adapun kejadian ini terjadi pada 19 april 1995.

3. Mumbai, India

Kejadian ini terjadi pada 26 November 2008 silam, di mana Royal Hotel Taj Mahal menjadi target serangan dari kelompok radikal. Bahkan mereka melakukan penembakan, pengeboman, dan penyanderaan orang-orang yang berada di Hotel Taj Mahal. Kala itu, terjadi pertarungan sengit antara kelompok teroris dan militer yang menghabiskan waktu selama 64 jam lamanya.

Jelas ini menjadi kejadian yang paling mengerikan, karena fokus utamanya ialah hotel tersebut. Bahkan akibat dari aksi ini, menewaskan korban jiwa sebanyak 166 orang termasuk penyerang dan melukai lebih dari 600 orang.

4. Bali, Indonesia

Indonesia pernah mengalami kejadian yang paling mengerikan di sepanjang sejarah Dunia. Bahkan, kejadian ini terjadi di Bali yang merupakan tempat wisata yang didominasi oleh turis dan wisatawan asing. Pemandangan malam yang seperti biasanya kala itu, harus berubah ketika tiba-tiba terdengar ledakan.

Kala itu, orang-orang panik dan berhamburan berusaha untuk menyelamatkan diri dari serangan yang terjadi. Akibat dari kejadian ini, korban tewas mencapai 202 orang dan 209 luka parah. Saat itu, Bali menjadi pembukaan serangkaian teror di Indonesia.

Tak hanya kerugian yang di dapat, beberapa pelancong dari negara asing pun takut untuk pergi ke Bali. Bahkan pemerintah di berbagai negara memaksa warga negaranya untuk kembali.

5. Serangan ISIS

Ini menjadi kejadian yang paling mengerikan, menyeramkan, sekaligus menyedihkan. Bagaimana tidak mengerikan dari kejadian ini, data menunjukkan 4.350 kematian di dunia pada 2017 disebabkan oleh ISIS.

Lebih dari pada itu, kelompok militan ISIS telah membunuh ribuan orang menggunakan banyak serangan bom saat berupaya menguasai seluruh wilayah Suriah dan Irak. Bahkan, kelompok ekstremis ini telah melebarkan sayapnya dengan mencoba menguasai banyak wilayah seperti Mesir, Libya, Nigeria, dan Somalia.

6. Sri Lanka

Kejadian teror selanjutnya ialah terjadi di Sri Lanka. Di mana ini merupakan teror bom bunuh diri saat paska di Negara tersebut. Saat kejadian paskah berlangsung pada 21 April 2019, terjadi serangan bom bunuh diri yang menghantam enam tempat di Sri Lanka.

Selain itu, serangan tersebut nyatanya terjadi di tiga gereja dan tiga hotel mewah di Sri Lanka. Akibat dari kejadian tersebut 259 orang tewas, termasuk 45 warga negara asing.

7. Pembunuhan Masal di Pakistan

Terjadi pada 16 desember 2014 silam, lebih dari 145 orang termasuk 132 anak-anak sekolah dan beberapa karyawan di bunuh secara masal. Jelas ini menjadi kejadian yang sangat mengerikan sekaligus menyedihkan, pasalnya ini terjadi di Sekolah Peshawar tempat menimba ilmunya para murid. Diduga, serangan tersebut dilakukan oleh tujuh pria bersenjata yang diyakini merupakan militan Taliban Pakistan.

8. Penembakan di Masjid Selandia Baru

Aksi teror selanjutnya terjadi di Christchurh, yang mana pada aksi ini merupakan kejadian teror yang menyerang jemaah di dua Masjid yang tengah melaksanakan Shalat Jumat. Serangan tersebut terjadi pada 15 maret 2019 silam yang menargetkan Masjid al Noor. Sebanyak 51 orang tewas kala itu.

Namun sebelumnya, Pelaku yang sempat menyiarkan aksinya secara langsung di Facebook ditabrak oleh polisi di Sydenham, 21 menit setelah laporan pertama muncul.  Pelaku diketahui bernama Brenton Tarrant.

Seorang pria berusia 28 tahun yang besar di Grafton, New South Wales, Australia. Melalui manifestonya itu, terungkap pelaku teror sudah merancang aksi kejinya sejak dua tahun terakhir, sebelum menetapkan lokasinya di Christchurh tiga bulan sebelumnya.

Itulah, beberapa kejadian dan aksi terorisme yang pernah terjadi di berbagai penjuru Dunia yang paling brutal di sepanjang sejarah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru