8 Sifat Laki-Laki Yang Tidak Boleh Dinikahi Dalam Islam

Wiwin Indriani 0 Komentar

Jangan sampai salah memilih calon suami! Ketahuilah berikut beberapa sifat laki-laki yang tidak boleh dinikahi dalam Islam.

Indiffs – Memilih laki-laki untuk dijadikan suami tidak bisa sembarangan. Karena, laki-laki nantinya menjadi pemimpin rumah tangga yang idealnya kamu patuhi. Jika sampai salah memilih, bisa jadi kamu akan merasakan penyesalan pada pernikahanmu. Untuk itu, penting bagi kita untuk selektif dalam memilih pasangan hidup. Memang, tidak ada orang yang sempurna, tetapi setidaknya jangan memilih laki-laki seperti ini agar pernikahanmu tidak berujung pada penyesalan. Berikut beberapa sifat laki-laki yang tidak boleh dinikahi dalam islam.

1. Tidak Pernah Shalat

Sebagai seorang muslim, sudah sepantasnya untuk melaksanakan ibadah salat, karena merupakan kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan, namun apabila tidak pernah shalat, maka sebaiknya tinggalkan. Karena kewajiban sebagai hamba Allah SWT saja tidak pernah ia lakukan. Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya pembatas antara seseorang dengan kesyirikan atau kekufuran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Ahmad 15183, Muslim 82, dan yang lainnya).

2. Buruk Akhlaknya

Akhlak merupakan cerminan seseorang dari setiap perilaku dan kehidupan sehari-hari. Jika laki-laki mempunyai perangai dan buruk akhlaknya, sudah dipastikan perlu kamu pertimbangkan baik-baik, karena perkara tersebut. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpesan,

Apabila ada orang yang kalian ridhai agama dan akhlaknya, yang meminang putri kalian, nikahkan dia. Jika tidak, akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang besar. (HR. Turmudzi 1084, Ibn Majah 1967, dan yang lainnya. Hadis ini dinilai hasan oleh al-Albani).

3. Musyrik

Sifat laki-laki yang tidak boleh dinikahi dalam islam yang selanjutnya adalah musyrik. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 221,

“Janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu.”

4. Pelit

Pria yang mempunyai sifat ini, lebih baik untuk kamu tinggalkan dan mencari pria yang lebih pantas untuk kamu miliki. Dari Aisyah RA, bahwa Hindun binti Utbah pernah berkata:

‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya Abu Sufyan adalah orang yang kikir dan tidak mau memberikan kepadaku belanja yang cukup untuk aku dan anakku, sehingga terpaksa aku mengambil dari hartanya tanpa sepengetahuannya.” Beliau besabda:’ Ambillah sekadar cukup untuk dirimu dan anakmu dengan wajar.” (HR.Bukhari no.4945 CD, Muslim, Nasa’i, Abu Dawud, Ibnu Majah, Ahmad, dan Darimi).

5. Tidak Menjaga Pergaulan

Sebagaimana firman Allah dalam QS. An-Nur ayat 3 berikut,

”Laki-laki pezina tidak boleh menikah melainkan dengan perempuan pezina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan pezina tidak boleh dikawini melainkan oleh laki-laki pezina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas oran-orang yang mukmin.”

6. Tidak Memiliki Penghasilan

Terdapat sebuah riwayat dimana ketika Fatimah bintu Qois ditalak 3 oleh suaminya, dia menjalani masa iddah di rumah Ibnu Ummi Maktum. Setelah lewat masa iddah, langsung ada dua lelaki yang melamarnya. Yang pertama bernama Muawiyah dan kedua Abu Jahm. Ketika beliau meminta saran dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

Untuk Abu Jahm, dia tidak meletakkan tongkatnya dari pundaknya. Sedangkan Muawiyah orang miskin, gak punya harta. Menikahlah dengan Usamah bin Zaid. (HR. Muslim 1480, Nasai 3245, dan yang lainnya).

Arti dari ’tidak meletakkan tongkatnya dari pundaknya’ adalah ringan tangan dan suka memukul. Sedangkan Muawiyah ditolak karena tidak punya penghasilan. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Seseorang cukup dikatakan berdosa jika ia melalaikan orang yang ia wajib beri nafkah.” (HR. Abu Daud no. 1692. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

7. Laki-laki yang Suka Melirik Perempuan Lain

Rasulullah bersabda,” Sesungguhnya Allah telah menetapkan terhadap anak-anak Adam bagian dari zina yang bisa jadi ia mengalaminya dan hal itu tidaklah mustahil. Zina mata adalah penglihatan, zina lisan adalah perkataan dimana diri ini menginginkan dan menyukai serta kemaluan membenarkan itu semua atau mendustainya.” (HR. Bukhori)

8. Suka Berbohong

Rasulullah bersabda, “Jauhilah oleh kalian perbuatan dusta. Sesungguhnya dusta itu mengantarkan ke jalan kemaksiatan dan sesungguhnya kemaksiatan itu menyeret ke dalam neraka.” (HR Bukhari-Muslim).

Itulah beberapa sifat dari laki-laki yang tidak boleh dinikahi dalam Islam. Sebagai perempuan jangan sampai salah pilih ya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru