8 Upaya Cara Menolong Korban Gempa Bumi, Mari Berdonasi!

Resa Azzahra 0 Komentar

Ada beberapa upaya cara menolong para korban bencana gempa bumi, salah satunya berdonasi. Mari kita bantu mereka dengan beberapa cara ini!

INDIFFS.COM – Ketika bencana alam terjadi seperti gempa bumi, tak sedikit orang simpati dan tergerak hatinya untuk menolong korban bencana alam gempa bumi tersebut. Saat terjadi, para korban akan mengungsi pada tempat yang sudah tersedia oleh pemerintah setempat.

Walau sudah mendapatkan tempat untuk bernaung, para korban bencana tentu sangat membutuhkan bantuan. Dalam membantunya, seluruh masyarakat dan dunia mendoakan yang terbaik untuk para korban tersebut.

Tak sebatas itu, banyak orang-orang baik yang tergerak melakukan aksi nyata untuk membantu para korban di lokasi. Dengan membantu para korban bencana alam, setidaknya kita dapat meringankan beban mereka.

Cara Menolong Korban Gempa

Pada saat kita mendengar ataupun melihat suatu kejadian bencana alam, sudah tentu kita sebagai manusia mempunyai jiwa sosial akan turut prihatin dan berusaha semampu kita untuk membantu mereka yang sedang terkena musibah.

Lantas, bagaimana cara menolong para korban tersebut? Simak beberapa cara berikut ini:

1. Bantu Relokasi atau Pengungsian Sementara

Upaya pertama yang dapat kita lakukan ialah dengan memberikan relokasi atau tempat tinggal layak sementara untuk para korban bencana yang kehilangan rumah. Karena saat bencana terjadi, masyarakat perlu berkumpul pada satu titik aman sampai kondisi benar-benar pulih. Dengan begitu, bantuan dan pertolongan akan lebih mudah diberikan.

2. Donasi

Biasanya, bantuan pertama sudah tersedia oleh pemerintah daerah atau pemerintah pusat. Akan tetapi, kita juga dapat melakukan penggal-angan dana atau berpartisipasi berdonasi kepada pihak terpercaya untuk mereka. Dana tersebut akan sangat membantu bagi para korban yang terdampak musibah. Tidak perlu besar, karena sedikit kebaikan pun akan sangat berarti bagi mereka.

3. Bantuan Pokok

Jenis bantuan yang ketiga yang sangat diperlukan oleh para korban, seperti minuman, makanan, pakaian layak dan alat mandi. Pastikan juga ketika kita akan memberikan bantuan, seperti bahan makanan dengan kemasan sehat, alat mandi yang layak dan juga pakaian layak pakai.

Sebelum itu, koordinasi dengan lembaga yang bertugas. Karena, bisa saja bantuan jenis tersebut sudah tercukupi.

4. Peralatan Darurat

Banyak sekali peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan korban bencana alam untuk bertahan hidup. Selain tenda darurat, peralatan masak, genset listrik dan lampu darurat, alat berat, transportasi, peralatan medis, selimut, alat makan, alat minum dan pompa air darurat. Dengan semua itu, proses evakuasi dan pemulihan dapat berjalan dengan baik.

5. Bantuan Perbaikan Bangunan

Segala kerusakan dalam aset pribadi (rumah) dan fasilitas umum, kita bisa membantunya semaksimal mungkin untuk mendapatkan perbaikan yang cepat, terutama fasilitas umum dan sosial. Dengan kembalinya fasum, fasos dan rumah warga maka kehidupan dapat kembali normal.

6. Jadi Relawan

Para korban bencana, terutama anak-anak membutuhkan bantuan psikologis. Sebab, setelah kejadian bencana dahsyat yang menimpanya, kemungkinan ada trauma, sehingga mentalnya terkena karena syok.

Untuk menghilangkan rasa takut dan khawatir, anak pun butuh asupan edukasi. Para relawan bisa membuat perkumpulan sekolah darurat untuk kembali membuat anak-anak tersenyum dan melupakan rasa takutnya. Dalam hal ini, bantuan kerohanian dan keagamaan dibutuhkan agar mereka tetap tenang dan yakin bahwa setiap kesusahan pasti ada titik terang kebahagiaan.

Tak hanya itu, kemungkinan banyak korban dari anak hingga lanjut usia menjadi stres dan gila. Kita harus memberikan dukungan moril bagi mereka dengan membantu meningkatkan semangat para korban agar kuat menghadapi cobaan dan siap kembali hidup seperti sedia kala.

7. Bantuan Tim Penolong dan Keamanan

Dalam penyelamatan korban yang masih terperangkap dalam reruntuhan, kedatangan tim khusus dan profesional dengan tim medis sangat penting. Tim ini akan membantu korban yang butuh bantuan segera dengan bermodalkan keterampilan yang telah dikuasai.

Tak hanya itu, keamanannya pun perlu dijaga. Kedatangan polisi dalam mengamankan aset-aset korban serta pemerintah yang ada di wilayah bencana. Tak menutup kemungkinan akan terjadi penjarahan masal, perampokan, pencurian dan lainnya. Akan sia-sia jika tidak ada yang menjaga ketertiban para korban dengan merusak kegiatan bantuan bencana yang telah ada.

8. Bantuan Modal

Memulai hidup baru pasca bencana, para korban perlu diberukkan bantuan secara finansial untuk mencukupi segala kebutuhan hidupnya. Sebelum terjadi bencana, para korban kehilangan mata pencahariannya perlu dimodali dan diberikan pekerjaan agar dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Demikianlah beberapa informasi tentang upaya menolong para korban bencana gempa bumi yang bisa dijadikan sebagai referensi. Yuk bantu mereka dengan beberapa cara tersebut.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru