9 Cara Meningkatkan Karisma Agar Diri Menjadi Lebih Berwibawa!

Resa Azzahra 0 Komentar

Ingin memiliki jiwa berkarisma? Kamu bisa mendapatkannya dengan cara meningkatkan karisma agar diri menjadi lebih berwibawa, yuk simak!

Indiffs – Karisma merupakan suatu keterampilan yang membuat kamu menjadi orang yang lebih disukai, lebih menarik, dan lebih tulus. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk meningkatkan karisma-nya.

Banyak orang yang sepakat bahwa seseorang yang mempunyai karisma adalah salah satu tanda jika dia diberkahi dengan kebahagiaan, karena tak semua orang dapat memiliki jiwa karisma. Namun kamu tak usah khawatir, masih ada banyak cara untuk meningkatkan karisma yang mungkin saja terpendam dalam dirimu.

Cara Meningkatkan Karisma

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan karisma yang selama ini terpendam dalam dirimu. Untuk mengetahui bagaimana caranya? Ikuti ulasan berikut ini ya!

1. Pancarkan Keyakinan

Salah satu kualitas orang karismatik adalah mereka memancarkan kepercayaan diri.  Ketika seseorang bertindak percaya diri, itu menyebabkan orang lain memberi bobot lebih pada apa yang mereka katakan. Faktanya, dengan menampilkan kepercayaan diri bahkan lebih berpengaruh dalam membangun kepercayaan daripada kinerja masa lalu.

Meskipun kamu tidak merasa percaya diri, kamu perlu menunjukkan rasa percaya diri yang akan berdampak positif pada perilaku. Karena ketika kamu dengan sengaja menampilkan bahasa tubuh yang mencerminkan kepercayaan diri, kamu akan segera mulai merasa lebih percaya diri.

2. Percaya pada Diri Sendiri

Setiap orang pasti memiliki keraguan tentang diri mereka sendiri dan kemampuan mereka. Yang pasti, orang-orang karismatik memiliki ketakutan, tetapi mereka tidak membiarkan ketakutan itu menyabot interaksi mereka. Salah satu cara orang karismatik mengatasi sindrom penipu adalah dengan memfokuskan kembali otak mereka pada kesuksesan masa lalu.

Kamu dapat meningkatkan kepercayaan diri terlebih dahulu dengan merenungkan bagaimana kamu telah berhasil di masa lalu. Kemudian, umumkan bahwa kesuksesan masa lalu adalah bukti bahwa kamu akan tampil baik dalam usaha serupa yang akan datang. Tindakan sederhana ini telah terbukti mampu mengarahkan pikiran untuk berperilaku dengan cara yang konsisten dengan pernyataan tersebut.

3. Memancarkan Kehangatan

Orang karismatik sering digambarkan sebagai orang yang hangat dan mudah didekati. Karena ketika orang menganggap kamu hangat, mereka cenderung mempercayai kamu dan menerima ide-ide yang kamu lontarkan.

Salah satu pembawa kehangatan yang paling kuat, namun kurang dihargai adalah tersenyum. Dengan tersenyum dapat menyebabkan seseorang dianggap lebih mudah didekati dan kompeten. Pasalnya, ketika otot-otot wajah berkerut untuk menghasilkan senyuman, aliran darah ke otak akan meningkat sehingga menurunkan suhu otak. Secara alami, akan menghasilkan perasaan senang dan menempatkan seseorang dalam suasana hati yang lebih optimis.

Ketika kamu tersenyum pada orang lain, kamu akan dianggap hangat dan positif yang merupakan ciri khas dari karisma. Tersenyum telah terbukti mengaktifkan neuron cermin di otak, yang menyebabkan senyuman dibalas.

4. Berhati-hati

Orang-orang suka berada di dekat orang-orang karismatik karena mereka merasa dihargai. Orang-orang karismatik telah melatih diri mereka untuk memperhatikan orang-orang yang berinteraksi dengan mereka. Salah satu perilaku yang terkait dengan perhatian adalah kontak mata. Hal ini karena kontak mata sangat memengaruhi kesukaan, kepercayaan, dan daya tarik.

Orang-orang karismatik memfokuskan pandangan mereka dan mendengarkan dengan saksama sehingga orang sering tergerak oleh pengalaman itu. Alasan kontak mata merupakan bagian penting dari karisma adalah karena keduanya membantu menyampaikan dan menciptakan perhatian.

Inilah sebabnya mengapa kontak mata adalah cara mudah untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan dan benar-benar hadir saat berkomunikasi dengan orang lain.

5. Jangan Jadi Orang Kaku

Meskipun menjadi seseorang yang sopan dan ‘lurus’ akan membuat kamu menjadi seseorang yang berkarisma (karena dianggap memiliki sopan santun yang baik). Namun, perilaku tersebut juga dapat menjadi sangat membosankan.

Cobalah untuk berbicara di luar dari daftar naskah pembicaraan yang ada di otakmu. Semisalnya, jika kamu berbicara dengan seorang pebisnis, kamu berusaha untuk bertanya hal-hal tentang bisnis. Meskipun, kamu tahu dengan baik bahwa kamu bukanlah seseorang yang suka dengan dunia bisnis.

Hal ini akan memberi kesan obrolanmu menjadi terpaksa. Dalam hal ini, kamu harus berusaha mencari ‘titik temu’ dan lawan bicaramu sukai, sehingga alur perbincangan kalian tidak membosankan dan monoton. Jika kamu berhasil menemukan ‘titik temu’ tersebut, maka kamu akan dinilai sebagai seseorang yang berkarisma.

6. Berpikirlah Sebelum Berbicara

Kurangi kesalahan dan hal-hal kurang penting dalam percakapan sehari hari. Usahakan untuk membuat setiap kata menjadi berarti dan pikirkan bagaimana cara untuk mengungkapkan sesuatu sebelum membuka mulut. Apabila tak ada sesuatu yang penting untuk dikatakan, sehingga lebih baik diam saja. Tampaknya memang mengejutkan, tapi membatasi jumlah pembicaraan akan membuat sesuatu yang kamu katakan menjadi lebih menarik.

7. Berinteraksi dengan Emosi yang Baik

Riset menunjukkan bahwa individu individu yang dianggap dapat meningkatkan wibawa dan kharisma merasakan emosi secara kuat dan mampu bersentuhan dengan perasaan yang dirasakan individu lain. Hindari takut untuk merasa marah, sakit, sedih, atau bahagia dan hindari takut untuk mengutarakan emosi kamu dengan cara yang tepat.

8. Bersikaplah Sejajar dengan Siapa Saja

Apabila kamu berbicara dengan karyawan yang potensial, sekelompok dermawan kaya, anak kecil, individu asing, atau pria atau wanita yang menarik, hindari memuja mereka atau merendahkan mereka. Hargai individu lain secara sejajar dan berharaplah mereka akan menerima kamu seperti itu.

Tunjukkan ketertarikan pada kehidupan individu lain, tanpa harus tampak ingin tahu, tanyakan tentang kehidupan, latar belakang, atau saran individu lain tentang hal tertentu. Buatlah agar mereka merasa telah melakukan sesuatu yang berarti dan Sobat menghargai saran mereka.

9. Perbaiki Postur Tubuh

Tak ada yang bisa menunjukkan rasa percaya pada pribadi selain postur yang bagus, berdiri atau duduklah dengan tegak tapi tak kaku. Ketika kamu bertemu individu, jabatlah tangannya dengan erat dan lihatlah matanya, lalu tunjukkan bahasa tubuh yang baik saat berbicara dengan individu atau bahkan saat sedang menunggu. Duduklah menghadap lawan bicaramu, hindari lipat tangan dan kaki, dan jauhkan tangan dari wajah kamu. Berhadapan lawan bicara dengan tenang dan hindari gelisah atau menunjukkan kecemasan.

Itulah 9 cara meningkatkan karisma yang bisa kamu gunakan dalam sehari-hari, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru