9 Cara Mudah Untuk Mengatasi Rambut Kamu yang Mengembang

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Rambut kamu mengembang dan sulit diatur? jangan khawatir, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rambut mengembang

INDIFFS.COM – Kondisi rambut yang mengembang ini pastinya membuat seseorang kesal dan tidak nyaman. Tak hanya itu, kondisi rambut yang kaku ini sangat sulit untuk mengatur bahkan menyisirnya. Alih-alih membuat rapi, malah jadi berantakan. Namun, tahukah kamu bahwa rambut mengembang dan kusut adalah pertanda ada masalah pada rambutmu. Maka dari itu, perlu dilakukan cara berikut untuk bisa mengatasi rambut yang mengembang agar menjadi sehat kembali.

Cara Mengatasi Rambut yang Mengembang

Dalam mengatasi hal ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan bahkan terbilang sangat mudah.

1. Menghindari Kebiasaan Sering Keramas

Jika kamu mempunyai kebiasaan sering berkeramas sebaiknya hentikan, kebiasaan keramas setiap hari dapat menyebabkan rambut kamu menjadi mengembang. Pasalnya, pada saat berkeramas dengan shampo itu akan mengangkat lapisan minyak di kulit kepala kita. Sehingga, ini akan membuat rambut dan kulit kepala kita lebih kering.

Kondisi kepala kering inilah yang akan membuat rambut kita mudah untuk mengembang. Maka dari itu, sebaiknya kebiasaan ini perlu dihindari demi menjaga kesehatan yang baik bagi rambut kamu.

2. Menggunakan Produk Rambut Tanpa Kandungan Alkohol

Kandungan alkohol ini lah yang akan membuat iritasi pada kulit kepala kamu, apalagi jika kamu terus terusan menggunakan produk rambut yang mengandung alkohol. Tak hanya itu, produk yang memiliki kandungan alkohol ini akan membuat kondisi rambut semakin kering dan mengembang. Bahkan, biasa membuat rambut patah karena akar rambut yang menjadi lemah.

3. Minyak Zaitun

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar tidak membuat rambut kamu menjadi mengembang ialah dengan olesan minyak zaitun. Rambut yang mengembang ini di sebabkan karena kekurangan minyak sehingga membuat rambut menjadi kering.

Namun, dengan penggunaan minyak zaitun pada rambut ini akan membuat rambut menjadi lembut, kuat dan lembab. Sehingga, tidak membuat rambut menjadi kering dan mengembang.

4. Menggunakan Conditioner

Dengan penggunaan conditioner pada rambut, ini akan menjaga kondisi rambut kamu agar tetap lembab. Sehingga, ini membuat rambut menjadi lebut, rapi dan mudah di atur. Kamu juga bisa menggunakan conditioner setiap kali mencuci rambut, dengan menyela-nyela permukaan rambut dengan jari.

5. Minyak Kelapa

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar rambut tidak mengembang ialah dengan menggunakan minyak kelapa. Namun, pastikan minyak kelapa yang digunakan adalah minyak yang murni, bukan minyak sayur apalagi minyak yang telah di gunakan untuk penggorengan.

Minyak kelapa ini memiliki kandungan laurat yang tinggi di dalamnya. Sehingga, ini akan membuat mudah diserap rambut dan menjaga kadar protein dalam rambut. Adapun cara peng-aplikasiannya sebelum keramas. Yakni dengan menuangkan beberapa tetesan minyak kelapa pada telapak tangan, lalu usapkan pada rambut, kemudian bilas dengan air.

6. Memakai Masker Rambut

Masker rambut ini memiliki manfaat yang bertujuan untuk melembapkan dan menutrisi rambut sekaligus membuat rambut menjadi rapi dan tidak mudah kusut. Dengan memilih masker rambut kering, ini akan menjaga rambut kamu agar tetap lembap. Sehingga rambut menjadi tidak mudah kering dan mengembang.

7. Hindari Keramas Dengan Air Hangat

Sebaiknya jika kamu berkeramas, cuci lah rambut menggunakan air dingin. Karena jika rambut kamu di cuci dengan air hangat ini akan membuat kerusakan pada rambut, dan bahkan membuat rambut menjadi kering dan kaku. Untuk itu, lakukan keramas dengan menggunakan air dingin selain memiliki manfaat bagi kesehatan, ini juga membuat rambut tumbuh lebih cepat.

8. Kurangi Penggunaan Hairdryer atau Catokan

Terlalu sering menggunakan alat pengering rambut yang panas, ini justru akan membuat rambut kamu mudah untuk mengembang. Hal ini terjadi karena pada saat kamu menggunakan hairdryer rambut akan terpapar panas. Sehingga, dapat mengalami kering dan kerusakan apabila dilakukan secara terus menerus.

9. Gunakan Pelindung Rambut

Saat kamu berada di luar ruangan, sebaiknya kamu menggunakan pelindung rambut. Hal ini dilakukan agar terhindar dari paparan sinar matahari yang akan membuat rambut kamu menjadi kering. Bahkan paparan sinar matarhari langsung pada rambut ini berpotensi mengganggu kesehatan rambut. Serta bisa menghilangkan protein pada rambut, sehingga membuat rambut menjadi mengembang.

Itulah beberapa cara mengatasinya yang bisa kamu lakukan agar rambut kamu tidak mudah mengembang. Namun, yang pastinya kamu harus tetap bisa menjaga kelembapan rambut kamu agar tidak mudah kering dan mengembang. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru