9 Cara Untuk Mencegah Terjadinya Keguguran, Penting Diketahui!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Keguguran adalah hal yang tidak diinginkan terutama seorang ibu. Untuk itu, penting diketahui bagaimana cara mencegah terjadinya keguguran!

INDIFFS.COMKeguguran merupakan keadaan ketika berhentinya kehamilan sebelum embrio atau janin cukup berkembang untuk bertahan hidup. Tentunya, keguguran adalah hal yang sangat tidak diinginkan bagi siapapun terutama seorang ibu. Untuk itu, perlu dilakukan beberapa cara agar mencegah terjadinya keguguran.

Karena pasalnya, tidak semua kehamilan bisa berjalan lancar sampai proses persalinan. Bahkan, sekitar 10 persen kehamilan awal sebelum minggu ke-20 berakhir dengan keguguran. Jumlah keguguran sebenarnya mungkin juga lebih tinggi, karena banyak orang mengalami keguguran sebelum mengetahui bahwa mereka hamil.

Meskipun penyebab keguguran kebanyakan di luar kendali, ada cara lain untuk bisa mengurangi risiko mengalami keguguran.

Cara Mencegah Keguguran

Berikut ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk bisa mengurangi risiko keguguran.

1. Mengonsumsi Asam Folat

Asam folat ini sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama untuk berbagai fungsi tubuh. Untuk itu, makanan yang memiliki kandungan asam folat ini sangat bagus untuk di konsumsi, terutama bagi ibu hamil. Bahkan, ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari dapat mengurangi risiko cacat lahir yang umumnya menjadi penyebab keguguran.

2. Lakukan Gaya Hidup Sehat

Tentunya gaya hidup yang sehat ini sangat diperlukan bagi setiap orang, apalagi bagi seorang ibu hamil yang harus menjaga kesehatan dirinya dan bayi dalam kandungan. Untuk itu, penting menghindari beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan keguguran alami, diantaranya,

  • Merokok atau menjadi perokok pasif.
  • Konsumsi alkohol.
  • Penggunaan obat di luar resep dokter.
  • Ibu juga harus membatasi asupan kafein hingga 300 miligram atau kurang per hari.

3. Kurangi Olahraga yang Berlebihan

Bagi ibu hamil memang sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga, ini tentunya baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, sebaiknya hindari melakukan olahraga secara berlebihan, karena olahraga lebih dari tujuh jam seminggu karena bisa meningkatkan risiko keguguran.

Untuk itu, pilihlah olahraga yang minim risiko cedera seperti jalan kaki, berenang, atau yoga dengan bantuan instruktur terpercaya.

4. Lakukan Pencegahan Terhadap Infeksi

Terjadinya infeksi pada tubuh seorang ibu yang sedang hamil, ini akan membuat kebugaran tubuhnya melemah. Tentunya hal ini sangat tidak baik apalagi bagi bayi yang dikandungnya. Untuk itu, lakukan cuci tangan sesering mungkin untuk membantu menghindari penyakit seperti flu dan pneumonia, yang mudah menyebar.

5. Menjaga Keamanan Makanan

Makanan sangat penting bagi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Dengan itu, sebaiknya ibu hamil agar selalu menjaga segala makanan yang di konsumsinya.

Karena pasalnya, makanan yang di konsumsi akan sangat berpengaruh bagi janin. Apabila makanan yang dimakan mengandung bakteri, tentu ini sangat berdampak buruk. Maka dari itu, bagi wanita yang sedang hamil, sebaiknya menjaga keamanan makanan lebih penting dari biasanya.

6. Melakukan Vaksinasi

Bagi wanita yang sedang hamil, sangat diperlukan untuk menghindari penyebaran bakteri. Untuk itu, dengan melakukan vaksinasi ini sangat dianjurkan karena mampu mencegah terjadinya penularan bakteri-bakteri jahat. Namun, pastikan vaksinasi ini dilakukan di bawah pengawasan dokter kandungan.

7. Hindari Stres yang Berlebih

Salas satu penyebab terjadinya keguguran pada wanita yang sedang hamil ialah karena terjadinya stres atau depresi. Maka dengan itu, teruntuk para suami sebaiknya menjaga kesehatan, pikiran dan mood istri yang sedang hamil agar tetap rileks.

Karena ada sebuah penelitian menyebutkan, ibu hamil yang merasa bahagia, rileks, dan stresnya terkendali memiliki risiko keguguran lebih kecil dibandingkan ibu hamil yang stres.

8. Jangan Sembarang Minum Obat

Tentunya bagi ibu yang sedang hamil, penting menjaga segala makanan yang dikonsumsi termasuk obat. Bagi ibu yang sedang hamil, jika merasa pusing, diare, ataupun pegal, sebaiknya jangan mudah untuk mengonsumsi obat-obat pasaran.

Alangkah baiknya jika mengalami berbagai penyakit ringan tersebut, sebaiknya konsultasikan pada dokter. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal yang tak diinginkan, seperti keguguran.

9. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih ini memiliki manfaat yang cukup besar, terutama bagi ibu yang sedang hamil. Asupan air putih yang terpenuhi akan membantu menyalurkan nutrisi dari vitamin dan makanan ke janin melalui plasenta.

Selain itu, air putih juga mencegah terjadinya dehidrasi pada ibu hamil dan juga melancarkan saluran pencernaan dan aliran darah dari ibu ke janin. Tentunya dengan mengonsumsi air putih juga menjadi hal yang penting selama kehamilan.

Demikian beberapa cara yang harus dilakukan bagi ibu hamil agar mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti keguguran. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru