9 Ciri Orang Percaya Diri Berdasarkan Pola Pikir dan Perilakunya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ketahui beberapa ciri Orang yang memiliki rasa Percaya Diri tinggi berdasarkan pola pikir dan perilakunya. Simak ciri-cirinya berikut ini!

INDIFFS.COMPercaya diri menjadi salah satu kelebihan seseorang yang belum tentu ada di pribadi kamu. Biasanya ciri orang yang percaya diri ini selalu menarik perhatian banyak orang. Bahkan, orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi, seringkali dianggap sebagai pribadi yang extrovert, senang berteman, dan bersuara lantang saat bicara.

Namun nyatanya, ciri orang percaya diri tak melulu harus menjadi pusat perhatian maupun berani ketika berada di depan publik. Karena pasalnya, percaya diri yang sesungguhnya berasal dari keyakinan terhadap kemampuan, keterampilan, dan nilai diri sendiri.

Bahkan, orang yang percaya diri bisa diketahui berdasarkan pola pikir dan perilakunya. Karena memang sejumlah sikap yang biasa dimiliki orang percaya diri ini biasanya menganggap dirinya sangat berharga, tidak takut gagal, hingga menerima kelemahannya.

Ciri Orang Percaya Diri

Adapun berikut beberapa ciri lain yang sering ada pada seseorang yang percaya diri:

1. Tidak Pernah Berhenti Belajar

Ciri pertama yang sering dilakukan oleh seseorang yang percaya diri ialah tidak pernah berhenti belajar. Karena pasalnya seseorang yang percaya diri akan memiliki pemikiran bagaimana ia merespons perilaku orang lain. Dengan itu, ia harus mengetahui bagaimana caranya bertindak dan terus mempelajari situasi yang  berkembang dari orang-orang di sekitarnya.

2. Menganggap Dirinya Berharga

Seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, mempunyai keyakinan bahwa dirinya sangat berharga. Tak hanya itu, seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tidak pernah merendahkan orang lain. Karena ia memiliki pola pikir bahwa setiap orang layak mewujudkan impiannya dengan caranya yang berbeda-beda.

3. Tidak Takut Gagal

Ciri seseorang yang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi ialah tidak pernah merasakan takut gagal. Pasalnya seseorang yang percaya diri mampu mengendalikan berbagai perasaan yang negatif. Hal ini lah yang akan membuatnya terus semakin maju dan semangat. Bahkan, seseorang yang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi, selalu menjadikan setiap kegagalan sebagai pelajaran.

4. Berani Menerima Saran dan Kritik

Orang pada umumnya sering kali menolak dari saran dan kritik, hal ini karena ia merasa paling benar. Namun, berbeda dengan seseorang yang memiliki rasa percaya diri, ia cenderung akan menerima saran dan kritikan yang diberikan oleh orang lain tanpa bersikap defensif.

5. Berani Mencoba dan Melakukan Sesuatu yang Baru

Ciri selanjutnya yang terjadi bagi seseorang yang memiliki rasa kepercayadirian yang tinggi ialah selalu berani mencoba hal-hal yang baru. Ini karena seseorang yang memiliki rasa percaya diri tidak takut melakukan kesalahan atau kegagalan. Ia justru akan menganggapnya sebagai proses tumbuh dan berkembang.

6. Tidak Suka Bergosip atau Berbicara Omong Kosong

Seseorang yang memiliki rasa percaya tinggi tidak menyukai obrolan yang tidak penting. Karena pasalnya seseorang yang suka bergosip ia telah menutupi kekurangannya. Namun, orang-orang yang percaya diri ia tidak suka membual, sebab apa yang ada pada diri mereka sudah cukup.

7. Tidak Iri dari Pencapaian Orang Lain

Tak jarang ditemukan seseorang yang tidak menyukai atas pencapaian dan keberhasilan orang lain. Hal ini disebabkan karena tersimpan rasa iri dan dengki di dalam hatinya, sehingga tidak ikut empati dalam keberhasilan tersebut.

Namun, berbeda dengan seseorang yang memiliki kepercayaan diri, cenderung ia akan ikut bahagia ketika orang lain sukses mewujudkan mimpinya. Hal ini karena ia yakin bahwa ia juga bisa meraih kesuksesannya, dan ia yakin bahwa sukses tidak harus merendahkan bahkan menjatuhkan orang lain.

8. Berani Mengakui Kesalahan

Seseorang yang percaya diri cenderung ia akan berani mengakui kesalahannya dan berani meminta maaf secara jujur. Hal ini karena ia memiliki pemikiran yang terbuka. Sebaliknya bagi mereka yang tidak percaya diri, ia cenderung tertutup bahkan menghindar dari kesalahan yang telah diperbuatnya.

9. Tidak Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi, ia mengetahui bahwa dirinya berharga dan dapat menerima kekurangan yang dimiliki. Tentunya hal tersebut membuat dirinya untuk tidak  membandingkan pencapaiannya dengan orang lain untuk meningkatkan harga diri. Bahkan orang yang percaya diri cenderung akan fokus dengan tujuan yang dijalaninya.

Itulah beberapa ciri-ciri orang yang memiliki rasa percaya diri berdasarkan pola pikir dan perilakunya. Bagaimana, kamu sudah menjadi seseorang yang percaya diri belum

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru