9 Dampak Buruk Akibat Sering Begadang Pada Kesehatan Tubuh

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Mungkin sebagian remaja sekarang sering melakukan begadang namun tentunya hal ini menyebabkan akibat buruk yang terjadi pada kesehatan kamu.

Indiffs – Begadang kerap dilakukan oleh sebagian orang pada umumnya, memang mungkin melakukan begadang ini karena keinginan tersendiri dalam menikmati malam hari. Biasanya orang-orang pada umumnya yang melakukan begadang ini mengisi waktunya dengan menonton film, bermain Gadjet dan lain sebagainya. Namun, perlu kamu ketahui bahwa begadang ini ternyata menyebabkan dampak buruk terjadi pada tubuh kamu lho. Berikut dampak buruk akibat sering begadang:

1. Meningkatkan Resiko Diabetes

Peneliti menunjukan bahwa orang yang begadang terutama wanita ini akan cenderung menyebabkan gula darah yang tinggi. Memang pada umumnya diabetes ini menyerang orang dewasa tapi tidak menutup kemungkinan juga anak muda bisa terserang hal ini. Karena diabetes juga sering dikaitkan dengan penyakit kesehatan lainnya, seperti sakit kepala, kelelahan, yang sering dialami pada anak muda umumnya. Dan ini juga terjadi karena pola hidup sehat yang tidak di terapkan sehingga mudah untuk terserang diabetes.

2. Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Dampak buruk selanjutnya yang akan di dapat kan bagi orang yang sering begadang ini ialah dapat menyebabkan kenaikan berat badan hingga menyebabkan obesitas. Ini terjadi karena beberapa asupan makanan yang di produksi dalam tubuh tidak akan berjalan lancar, karena terhambat oleh kegiatan yang dilakukan pada saat begadang. Namun, apabila kamu tidak melakukan begadang mungkin proses metabolisme makanan pada tubuh akan berjalan lancar.

3. Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung

Tak hanya itu dampak buruk begadang selanjutnya ialah bisa menyebabkan penyakit jantung lho. Fakta nya para peneliti menemukan bahwa setiap jam jadwal tidur kamu berubah, kamu meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen. Itulah mengapa hal ini harus kamu hindari agar tidak terjadi resiko jantung pada dirimu, jika sudah terjadi mungkin cara pengobatannya pun berbeda.

4. Bisa Membuat Kamu Jatuh Sakit

Setiap orang yang mengalami sakit pasti dokter menyuruh untuk banyak istirahat dan menjaga tidurnya. Seperti, batuk, pilek dan lain sebagainya itu karena suhu udara angin di malam hari yang berbeda.Hal ini dinyatakan oleh Mayo Clinic, tidur berdampak pada sistem kekebalan tubuh kamu, Jika kamu mulai sakit dan tidak mendapatkan tidur malam yang cukup bagi kamu ini bisa menyebabkan sakit tambahan.

5. Membuat Depresi

Akibat dampak buruk melakukan begadang selanjutnya ialah dapat menyebabkan depresi pada diri kamu, bahkan bisa mengganggu kesehatan mental kamu. Dalam sebuah studi baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa orang yang menganggap diri mereka sebagai night owl juga lebih mungkin melaporkan mengalami gejala depresi. Hal ini terutama berlaku di antara orang yang melakukan begadang dan juga menderita diabetes tentunya ini kesalahan yang fatal.

6. Mengurangi Konsentrasi Belajar

Mungkin sebagian kamu ada yang sengaja melakukan belajar di malam hari hingga begadang, namun tentunya hal ini sangat tidak baik bagi proses belajar kamu. Karena tentunya ini mungkin sulit di ingat dan bahkan akan menurunkan konsentrasi belajar kamu juga. Sebuah studi menunjukkan bahwa begadang untuk belajar, tidak membantu memori jangka panjang dan berdampak negatif pada kinerja otak kamu.

7. Kurang Tidur

Tentunya waktu istirahat yang cukup bagi tubuh kamu sangat di perlukan, tak hanya itu waktu tidur yang cukup juga diperlukan bagi sistem metabolisme tubuh kamu. Apabila kamu tidak memiliki waktu tidur yang cukup mungkin beberapa penyakit akan muncul berisiko lebih tinggi menderita diabetes, obesitas, stroke, kanker, hingga masalah kesehatan mental seperti gangguan suasana hati dan kecemasan. Itulah mengapa begadang sebaiknya jangan kamu lakukan.

8. Resiko Terjadi Kematian Dini

Ini tentunya sangat berbahaya apalagi terdengar hal ini dapat menyebabkan resiko terjadinya kematian dini “Kami memiliki bukti yang menunjukkan bahwa begadang juga tampaknya terkait dengan kematian dini atau kematian,” kata Dr. Knutson.

Fakta nya, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam The Journal of Biological and Medical Rhythm Research menemukan bahwa orang yang suka begadang dan kesulitan bangun di pagi hari memiliki risiko 10% lebih tinggi untuk meninggal lebih cepat daripada orang yang memiliki masalah alami. Maka dari itu hal ini sebaiknya perlu di hindari demi kebaikan hidup pada diri kita.

9. Banyak Mengambil Resiko

Tentunya apabila begadang di lakukan ini akan menyebabkan banyak resiko, dari mulai menahan kantuk, angin malam yang berbahaya dan lain sebagainya. Resiko selanjutnya mungkin di pagi hari kamu tidak akan mengalami bersemangat dan rasa kantuk menyertai mu, tentunya hak ini akan mengganggu aktivitas kamu.

Itulah beberapa akibat yang di dapatkan apabila begadang terus kamu lakukan, sebaiknya yang harus kamu lakukan ialah menjaga pola hidup yang sehat dan pola makan yang teratur. Tentunya hal ini dapat membuat kesehatan mu terjaga dan menjaga metabolisme tubuh. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru