9 Fakta Menarik Maroko yang Tekuk Portugal, No.7 Ga Nyangka!

Hani Hnsa 0 Komentar

Fakta Tim Nasional Maroko berhasil menyingkirkan Timnas Portugal dengan skor 1-0 di perempat final Piala Dunia 2022 Qatar.

INDIFFS.COM – Fakta Timnas Maroko berhasil menyingkirkan Timnas Portugal dengan skor 1-0 di perempatfinal Piala Dunia 2022 Qatar. Maroko sebagai negara Afrika yang memiliki mayoritas penduduk Muslim memastikan melaju ke semifinal Piala Dunia 2022.

Maroko mencetak sejarah sebagai negara Muslim pertama yang berhasil lolos ke babak 8 besar Piala Dunia 2022. Prestasi terbaik mereka terakhir adalah saat lolos ke 16 besar pada Piala Dunia 1986.

Fakta Menarik Maroko

Melansir dari berbagai sumber, berikut fakta menarik dari Maroko yang berhasil lolos ke semifinal Piala Dunia 2022:

1. Etnis dan Agama

Sebagian besar penduduk Maroko terdiri dari orang Arab dan Imazighen atau campuran keduanya. Populasi lain adalah keturunan pengungsi dari Spanyol yang melarikan diri dari Reconquista dan Afrika sub-Sahara. Maroko memiliki penduduk mayoritas beragama Islam dan Islam merupakan agama resmi negara itu.

2. Disebut Negara Magribi

Fakta menarik Maroko yang selanjutnya yaitu Maroko merupakan negara Afrika Utara yang terkenal sebagai negara Magribi. Disebut Magribi lantaran Maroko merupakan wilayah Islam Afrika Utara yang berada di luar Mesir yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Magribi sendiri berarti ‘Barat’ dalam bahasa Arab. Istilah tersebut berasal dari masa ekspansi besar Islam.

3. Sistem Pemerintahan

Maroko menjadi satu-satunya monarki di Afrika Utara yakni sistem pemerintahan monarki konstitusional dengan parlemen yang dipilih. Raja Maroko memegang kekuasaan eksekutif dan legislatif, serta komandan tertinggi militer kebijakan luar negeri dan urusan agama.

Adapun kekuasaan eksekutif dijalankan oleh pemerintah untuk kekuasaan legislatif dipegang pemerintah dan dua lembaga parlemen, Majelis Perwakilan Rakyat dan Majelis Anggota Dewan.

4. Memiliki Dua Bahasa Resmi

Negara Maroko memiliki dua bahasa resmi, yaitu Bahasa Arab dan Amazigh. Namun, Maroko juga mempunyai bahasa asing yang dominan yakni bahasa prancis. Bahasa Spanyol juga sering digunakan di provinsi Utara dan Selatan. Bukan hanya itu, bahasa Inggris pun cukup banyak digunakan warga Maroko.

5. Singa Berber adalah Hewan Nasional Maroko

Timnas Maroko memiliki julukan Singa Atlas. Salah satu alasannya karena mereka memiliki singa berber sebagai hewan nasional.

Menurut Wikipedia, singa berber juga memiliki nama lain yakni singa atlas. Namun sayangnya, jenis singa ini diketahui sudah punah di alam lar sejak abad ke-20. Singa berber terakhir yang terlihat adalah di Pegunungan Atlas pada tahun 1992 silam. Kini, sisa-sisa singa berber hanya bisa ditemukan di kebun binatang atau sirkus.

6. Keluar Masuk Uni Afrika

Maroko sempat menyatakan keluar dari uni Afrika pada 1984 karena organisasi regional 55 negara itu mengakui kemerdekaan wilayah Sahara Barat yang dipersengketakan. Maroko kala itu mengklaim Sahara Barat yang juga merupakan anggota Uni Afrika. Namun, badan kontinental itu justru mengakui kemerdekaan Sahara Barat hingga membuat Maroko kesal dan memutuskan keluar.

Pada 2017, Maroko pun kembali bergabung dengan Uni Afrika setelah 30 tahun. Kembalinya Maroko itu didukung oleh 39 negara dan ditolak oleh 9 negara di Afrika bagian Selatan kecuali eSwatini.

7. Erat dengan Indonesia

Walau terpisah samudera dan benua, ternyata Indonesia memiliki hubungan yang begitu dekat dengan Maroko. Kisah kedekatan Indonesia dan Maroko itu merupakan jejak keakraban sang raja Maroko, Mohammed V dengan Presiden Soekarno di tahun 1960. Atas jasa Indonesia yang diwakili oleh Sukarno kala itu, Raja Mohammed V membuat satu nama jalan khusus untuk Soekarno, sharia Al-Rais Ahmed Sukarno dan kini bernama Rue Sukarno. Sebagai gantinya, Sukarno juga memberikan satu nama jalan di Jakarta yang terinspirasi dari Maroko, Casalanca.

Raja Mohammed V juga memberi hadiah lain untuk Sukarno berupa pembebasan visa bagi warga Indonesia yang berkunjung ke Maroko. Hebatnya, keistimewaan itu masih berlaku hingga saat ini. WNI dapat berkunjung ke Maroko tanpa visa selama periode waktu tiga bulan atau 90 hari.

8. Ukir Sejarah

Keberhasilan lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 membuat Timnas Maroko mengukir catatan bersejarah. Mereka menjadi tim Afrika pertama yang mampu menembus semifinal Piala Dunia FIFA. Maroko pun menjadi kejutan terbesar di Piala Dunia 2022 Qatar.

Pada babak penyisihan grup, Hakim Ziyech dkk tampil sebagai juara Grup F mengungguli Kroasia dan mendepak tim unggulan Belgia. Usai menyingkirkan Spanyol di babak 16 besar, kini Portugal menjadi korban cakaran Singa-singa Atlas.

9. Tembok Terakhir Bono

Keberhasilan Maroko lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 tidak bisa dilepaskan dari andil besar kiper Yassine Bounou alias Bono. Pertahanan solid Singa-singa Atlas semakin sulit ditembus dengan performa apik Bono di bawah mistar.

Bono menjadi pahlawan Maroko saat menang adu penalti melawan Spanyol pada babak 16 besar, dimana ia bisa menepis dua sepakan penalti lawan. Usai menghadapi Portugal, Bono pun mengukir rekor sebagai kiper Afrika pertama yang mampu mencetak tiga kali clean sheets dalam satu edisi Piala Dunia.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru