9 Gejala Penyakit Jantung Yang Kerap Tak Disadari, Perhatikan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Gejala penyakit jantung umumnya sering disepelekan, sebenarnya beberapa tanda penyakit jantung yang perlu untuk diperhatikan. Sebagai berikut!

INDIFFS.COM – Gejala penyakit jantung perlu di waspadai sedini mungkin, karena penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit jantung adalah sebutan untuk beberapa kondisi abnormal pada jantung dan pembuluh darah.

Penyakit jantung meliputi banyak macam, mulai dari jantung koroner (PJK), anemia, gagal jantung maupun katup jantung dan membahayakan karena dapat berakibat fatal.

Banyak orang berpikir bahwa penyakit jantung identik dengan rasa sakit di area dada. Hal ini membuat banyak orang tidak menyadari bahwa seseorang tengah mengalami penyakit jantung.

Pasalnya, tanda penyakit jantung mirip dengan masuk angin, gangguan pencernaan ataupun masalah pernapasan. Penyakit jantung kini tak hanya diderita oleh kalangan usia lanjut, orang yang usianya masih muda juga bisa terkena penyakit ini.

Gejala Penyakit Jantung

Ada serangkaian gejala yang biasanya dapat dirasakan. Gejala tersebut muncul mulai dari fase awal hingga kronis. Jika seseorang berisiko terkena penyakit tersebut, maka penting untuk mengenali beberapa gejala berikut ini:

1. Nyeri pada Dada

Nyeri dada adalah tanda umum serangan jantung. Pasalnya, kebanyakan orang yang memiliki masalah jantung merasakan hal tersebut. Nyeri ini bisa berupa sesak dada atau merasa seperti di remas. Rasa tidak nyaman di dada yang jadi ciri penyakit jantung juga dapat berupa sesak, seperti dicubit, ditekan, terhimpit dan terasa panas.

Rasa tidak nyaman tersebut umumnya berlangsung lama dan muncul selama beberapa menit. Gejala tersebut bisa muncul secara tiba-tiba, baik saat sedang istirahat atau beraktivitas. Jika rasa tak nyaman hanya berlangsung singkat dan sembuh setelah sumbernya ditekan, bisa jadi hal itu tidak terkait penyakit jantung.

2. Tiba-Tiba Berkeringat

Berkeringat tanpa sebab dan lebih dari biasanya bisa menjadi tanda peringatan dini masalah jantung. Memompa darah melalui arteri yang tersumbat membutuhkan lebih banyak upaya dari jantung. Hal ini membuat tubuh lebih berkeringat untuk menjaga suhu tubuh selama menghasilkan tenaga ekstra. Jika mengalami keringat dingin atau kulit lembap sepanjang hari, segera berkonsultasi dengan dokter.

3.  Mudah Lelah

Mudah lelah merupakan efek yang timbul dari fungsi jantung tidak normal. Biasanya mudah lelah disertai dengan pusing terjadi akibat sirkulasi darah yang terganggu. Kelelahan yang ekstrim atau kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, terkadang selama berhari-hari, bisa menjadi gejala penyakit jantung, terutama pada wanita untuk lebih berhati-hati lagi.

4. Detak Jantung Tidak Normal dan Berdebar

Jantung dan tubuh mengandalkan detak yang konsisten dan mantap untuk menggerakkan darah ke seluruh tubuh. Jika detak keluar dari ritme bisa menjadi tanda adanya masalah jantung. Jantung berdegup kencang dan lebih dari beberapa detik atau bahkan sering terjadi, maka segeralah ke dokter.

Jantung berdebar dapat berkisar dari jantung berdetak kencang hingga mengalami perubahan detak jantung yang bisa terasa seperti jantung berdebar-debar.

5. Rasa Nyeri Menjalar

Rasa nyeri yang menjalar hingga ke bagian dada sebelah kiri menjadi gejala serangan jantung yang kerap dirasakan. Pasalnya, kebanyakan orang mengaitkan serangan jantung degan rasa sakit yang turun di lengan kiri. Itu bisa terjadi, tetapi rasa sakit juga bisa muncul di lokasi lain, termasuk perut atas, bahu, punggung, leher, gigi atau rahang.

6. Batuk Berlangsung Lama

Jika seseorang mengalami batuk yang berlangsung lama dan mengeluarkan lendir berwarna putih atau merah muda, itu bisa menjadi tanda gagal jantung. Ini terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi permintaan tubuh, menyebabkan darah bocor kembali ke paru-paru. Mungkin gejala yang satu ini bukanlah pertanda masalah jantung. Tetapi jika seseorang menderita penyakit tersebut, maka hal ini perlu diperhatikan.

7. Pembengkakan Kaki

Gagal jantung juga dapat mempersulit ginjal untuk mengeluarkan kelebihan air dan natrium dari tubuh yang dapat menyebabkan bengkak, seperti pembengkakan kaki. Kaki bengkak bisa jadi pertanda bahwa jantung tidak memompa darah se-efektif yang seharusnya. Ketika jantung tidak dapat memompa cukup cepat, darah kembali ke pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan.

8. Pusing

Merasa sakit kepala diikuti dengan sesak napas bahkan hingga ingin pingsan bisa menjadi salah satu gejala nya. Kondisi ini disebabkan oleh hilangnya keseimbangan atau lemas karena tidak mendapatkan asupan makanan maupun minuman sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh, bisa pula karena seseorang berdiri terlalu cepat setelah sebelumnya duduk cukup lama. Sensasi ini tentu bukan perasaan yang normal dan tidak boleh diabaikan jika mengalaminya.

9. Mendengkur

Sama halnya dengan sakit kepala, ada beberapa faktor seseorang mendengkur saat tidur. Salah satunya adalah adanya masalah kesehatan pada jantung. Jika seseorang mendengkur keras dan terengah-engah, ia bisa jadi mengalami apnea tidur. Apnea tidur bisa mengakibatkan napas terhenti sejak beberapa kali. Hal ini sudah pasti berdampak buruk pada organ jantung. Sleep apnea memberi tekanan ekstra pada jantung. Kondisi ini kerap dikaitkan dengan gejala jantung.

Nah, itulah beberapa gejala yang bisa kamu perhatikan dan jika gejala tersebut dirasakan terus-menerus, ada baiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut terkait kondisi jantung.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru