Waspada! 9 Gejala Tumor Otak yang Perlu Diketahui!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Perlu diketahui beberapa gejala awal terjadinya tumor pada otak yang terlihat sama seperti gejala penyakit biasa. Berikut penjelasannya!

INDIFFS.com – Tumor otak ialah penyakit yang timbul akibat tumbuhnya jaringan abnormal (tidak normal) yang terjadi di otak. Salah satu penyebabnya ialah perubahan atau mutasi genetik yang terjadi di dalam sel otak. Tak hanya itu, tumor otak ini terjadi karena beberapa faktor, yakni karena usia, keturunan, dan karena pernah menjalani radio terapi. Tumor otak ini juga suatu masalah kesehatan yang menyerang organ otak sehingga penyakit ini tergolong cukup serius. Dengan begitu, perlu diperhatikan beberapa gejala tumor otak, karena gejala ini sekilas sama seperti kondisi sakit lainnya.

1. Sakit Kepala

Gejala awal yang sering dialami oleh penderita tumor ialah sakit kepala. Sakit kepala ini sering terjadi pada siapa saja, namun berbeda dengan sakit kepala karena tumor. Ciri-ciri sakit kepala karena tumor ini ialah biasanya berupa nyeri yang terus-menerus, serta tak gampang disembuhkan dengan obat penghilang rasa sakit. Tak hanya itu, ciri sakit kepala yang bisa menjadi gejala tumor otak biasanya menetap dan bertambah semakin parah. Selain itu, kepala terasa seperti sedang ditekan dan ditusuk-tusuk.

2. Muntah-Muntah

Hal ini mungkin umumnya sering dialami oleh siapa saja, namun berbeda dengan gejala tumor otak yang satu ini. Muntah-muntah yang terjadi pada saat ini di sertai dengan sakit kepala yang sangat berat, ini juga bisa bertambah parah, jika sedang melakukan olahraga. Ini juga terjadi karena di saat tumor otak tumbuh menjadi lebih besar dan menguasai ruang-ruang yang ada di kepala, sehingga akan terjadi tekanan di dalam tengkorak yang bisa menyebabkan rasa mual.

3. Penglihatan Kabur

Gejala tumor otak selanjutnya ialah terhadap penglihatan mata kita yang terasa buram. Gejala mata kabur bisa menjadi indikasi dari adanya tumor otak. Tumor otak ini yang memengaruhi penglihatan terutama terletak di dasar tengkorak dan bagian tepi tengkorak paling depan.

4. Mudah Lupa

Tak hanya terjadi pada orang yang sudah lansia saja, bisa jadi awal gejala terjadinya tumor pada otak. Ini terjadi karena tumor pada otak yang akan mengurangi fungsi kognitif pada otak, sehingga menyebabkan mudah lupa.

5. Kejang

Hampir semua pengidap tumor otak setidaknya mengalami kejang meski hanya satu kali. Ini terjadi karena tumor pada otak bisa menekan sel saraf di otak, sehingga mengganggu sinyal kelistrikan otak, dan memicu kejang. Tumor yang terbentuk di otak dapat membuat neuron atau sel saraf di area tersebut sangat aktif. Hal inilah yang jadi pemicu terjadinya kejang pada pasien tumor otak.

6. Perubahan Perilaku

Gejala selanjutnya ialah perubahan kepribadian diri, seseorang yang tadinya memiliki sikap ceria tiba-tiba berubah menjadi pendiam atau sebaliknya. Ini terjadi karena tumor bisa memengaruhi suasana hati saat ada sel tidak normal tumbuh di dekat otak besar. Perubahan suasana hati inilah yang dapat mengubah perilaku yang bisa menjadi gejala awal tumor otak. Namun, gejala ini juga muncul setelah perawatan medis berlangsung.

7. Sering Merasa Lelah

Tubuh yang terasa lelah memang wajar terjadi. Namun, ketika kamu terus-menerus merasa kelelahan tanpa sebab dan tidak kunjung membaik, sebaiknya waspada terhadap gangguan kesehatan. Karena pasalnya, munculnya kanker di bagian otak juga dapat membuat tubuh merasa lelah sepanjang waktu. Dan bahkan saking lelahnya, pengidap kanker otak bisa tertidur di tengah hari dan kehilangan kemampuan untuk fokus.

8. Pendengaran Terganggu

Gejala tumor selanjutnya yang bisa di tunjukan yaitu sering mengalami masalah pendengaran, biasanya terjadi kehilangan pendengaran dari salah satu telinga, telinga terasa penuh seperti ada air. Ini terjadi karena tumor pada saraf otak yang mengontrol pendengaran serta keseimbangan di dalam telinga yang tumbuh secara lambat serta menekan, sehingga dapat mengganggu pendengaran.

9. Mati Rasa

Mengalami mati rasa atau kesemutan ini kerap dialami oleh setiap orang, namun jika mengalami mati rasa di barengi dengan linglung, sulit berbicara, pusing ,kejang otot dan sakit kepala hebat yang datang tiba-tiba ini perlu di waspadai. Karena, itu bisa di curigai ada tumor yang tumbuh pada otak.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru