9 Hewan Terkecil di Dunia, Seperti Ukuran Kuku Manusia!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Terdapat beberapa hewan terkecil yang ada di dunia, dan ini merupakan spesies langka yang jarang di ketahui bahkan ukurannya hanya 1- 2 Inc.

Indiffs – Spesies hewan yang berada di bumi ini sangat banyak dan beragam mulai dari hewan yang hidup di darat ataupun di air, hewan yang bertelur ataupun yang melahirkan, baik hewan yang berukuran besar ataupun hewan yang berukuran kecil. Berbicara mengenai hewan yang memiliki ukuran kecil, tak hanya jenis serangga ataupun semut saja, akan tetapi, banyak jenis hewan lainnya yang memiliki ukuran kecil, bahkan ada beberapa hewan yang masuk dalam kategori hewan terkecil yang ada di dunia. Berikut beberapa hewan terkecil di dunia yang mungkin jarang diketahui banyak orang:

Bee Hummingbird

Hewan Terkecil di Dunia

Bee Hummingbird – Brid Watching

Hewan terkecil di dunia yang pertama adalah Hummingbird atau Burung Kolibri, ya burung kolibri ini merupakan spesies burung terkecil di dunia. Bahkan, panjang tubuhnya hanya sekitar 57 milimeter atau sekitar 2,25 inchi saja dan berat nya hanya sekitar 3 gram atau mungkin bisa kurang dari 2 gram. Dan fakta nya, Burung Kolibri ternyata tidak bisa berjalan atau melompat, meskipun kaki mereka dapat digunakan untuk bergeser ketika tengah bertengger di dahan. Akan tetapi, ia mampu mengepakkan sayapnya hingga 200 kali per detik, lho. Hanya sekitar 25% hingga 30% berat badan yang dimiliki burung kolibri berasal dari berat otot dadanya (pectoral muscles).

Baluchistan Pygmy Jerboa

Baluchistan Pygmy Jerboa

Baluchistan Pygmy Jerboa

Hewan terkecil selanjutnya ialah baluchistan pygmy jerboa. Jenis hewan ini mirip seperti tikus, kangguru dan kelinci. Memang mungkin ini asing bagi kamu dan jarang di dengar, karena jenis hewan yang satu ini sering berada di tempat gurun dan tergolong pada hewan yang langka. Jerboa ini termasuk kedalam jenis hewan pemakan apapun seperti tanaman atau pun serangga kecil seperti kumbang. Ukuran hewan ini terbilang kecil karena bisa tumbuh sepanjang 44 milimeter saja. Namun, hewan kecil jerboa ini terbilang ke dalam hewan yang berumur panjang, bahkan bisa bertahan hidup hingga 6 tahun.

Bunglon Brookesia Micra

Bunglon Brookesia Micra

Bunglon Brookesia Micra – Pikiran Rakyat

Hewan selanjutnya yang memiliki ukuran kecil ialah Bunglon Brookesia Micra dan hanya berukuran 2 sampai 3 cm saja ketika tumbuh dewasa. Jelas ini sangatlah kecil, kiranya ukuran se-ruas jari. Namun, sayang nya bunglon ini hanya tinggal di sebuah pulau di Madagaskar saja. Faktanya, Bunglon yang satu ini termasuk ke dalam spesies baru pada tahun 2012 yang di temukan oleh ilmuwan asal Jerman bernama Frank Glaw dan Jorn Kohler ilmuwan asal AS bernama Ted Townsend.

Jaragua Dwarf Gecko

Jaragua Dwarf Gecko

Jaragua Dwarf Gecko – Curiosity guide

Binatang selanjutnya ini ialah jenis tokek, untuk jenis tokek yang satu ini hanya mempunyai panjang 0,6 inch. Untuk jenis makanan yang dimakan pada binatang yang satu ini biasanya memakan serangga yang lebih kecil serta buah-buahan. Faktanya, spesies yang satu ini mampu bertahan hidup maksimal 5 hingga 10 tahun. Akan tetapi, spesies binatang ini hidup di Jaragua National Park di Republik Dominica atau lebih tepatnya di Beata Island.

Smallest Monkey: Pygmy Marmoset

Smallest Monkey: Pygmy Marmoset

Smallest Monkey: Pygmy Marmoset – Earth.com

Pygmy Marmoset tumbuh besar dengan ukuran maksimal sepanjang 10-15 cm dan tubuhnya berbobot antara 80-100 gram. Monyet ini dikenal sebagai binatang kecil, namun monyet yang satu ini mampu menghibur para manusia, karena sikap energik yang dimilikinya. Tak hanya itu, makanan yang dimakan monyet ini pun ada di sekitar mereka seperti getah, buah-buahan atau sayuran. Namun, monyet yang satu ini termasuk hewan yang berumur panjang, maksimal 10 hingga 20 tahun lamanya baik di alam liar ataupun di rawat dengan benar.

Tikus Etruscan

Hewan Terkecil di Dunia

Tikus Etruscan – Parboaboa

Tikus Etruscan ini merupakan salah satu jenis binatang mamalia, yang memiliki ukuran kecil yakni sekitar 4 cm dan memiliki berat tubuh kurang dari 2 gram, tentunya ini sangat imut, bukan? Namun, lain dari pada itu, hewan yang memiliki ukuran kecil ini ternyata memiliki nafsu makan yang kuat dan bahkan mampu makan 2 kali lebih banyak di banding tubuh nya yang kecil itu.

Kura-Kura Padloper Berbintik

Hewan Terkecil di Dunia

Kura-kura Padloper Berbintik – Vedianews.com

Binatang selanjutnya yang termasuk ke dalam binatang terkecil adalah kura-kura padloper, dengan memiliki ukuran hanya 2 sampai 3 inci saja dan memiliki berat 95 hingga 169 gram, akan tetapi jenis reptil yang satu ini mampu bertahan lama dan mampu berumur hingga 20 sampai 60 tahun lamanya. Warna yang mereka miliki adalah krem-emas, dengan cangkang nya memiliki bintik-bintik hitam.

Slender Blind Snakes

Hewan Terkecil di Dunia

Slender Blind Snakes – California Herps

Binatang yang memiliki ukuran kecil hanya 4 sampai 10 inci saja dan memiliki berat 1,4 gram. Mungkin kebanyakan orang melihat jenis hewan yang satu ini seperti cacing kecil atau seutas benang. Akan tetapi, itu sangkaan yang salah dan nyatanya ini adalah seekor ular kecil yang memiliki rahang gigi pada mulutnya, lho. Biasanya binatang yang satu ini sering hidup di bawah tanah atau kayu yang lembab serta di dalam bukit rayap.

Kelelawar Bumblebee

Hewan Terkecil di Dunia

Kelelawar Bumblebee – Fyine

Hewan terkecil di dunia selanjutnya ialah kelelawar bumblebee yang memiliki ukuran kecil yakni hanya sepanjang 1,5 inchi saja dan memiliki berat 2 gram. Hewan jenis mamalia ini merupakan spesies kelelawar yang paling terancam. Dan sering diam di tempat gua-gua, akan tetapi hewan ini mampu berumur panjang dari 5 hingga 10 tahun lamanya.

Itulah beberapa hewan terkecil  di dunia, yang mungkin termasuk ke dalam spesies langka.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru