9 Kasus Teror Bom Bunuh Diri di Indonesia, Renggut Ratusan Jiwa!

Admin 0 Komentar

Inilah sederet rangkaian peristiwa kasus bom bunuh diri yang pernah terjadi di Indonesia di sepanjang dua dekade terakhir. Simak selengkapnya!

INDIFFS.COM – Aksi teror bom bunuh di Polsek Astana Anyar Bandung kemarin menambah rangkaian panjang kasus teror dan serangan bom yang pernah terjadi di Indonesia. Yang mana, teror tersebut bukanlah yang pertama kali terjadi.

Melainkan, aksi tersebut menjadi kasus yang ke sekian kalinya di sepanjang dua dekade terakhir. Bahkan, jika menengok kejadian-kejadian sebelumnya, sudah ada beberapa kejadian aksi terorisme dengan cara bom bunuh diri yang terjadi di Indonesia.

Kasus Bom Bunuh Diri di Indonesia

Merangkum dari berbagai sumber, dibawah ini merupakan deretan aksi teror bom bunuh diri yang merenggut jiwa masyarakat sekitar.

1. Bom Makasar

Aksi bom bunuh diri ini terjadi pada 28 maret 2021 sekitar pukul 10.20 WITA. Yang mana, di tahun tersebut merupakan masa pandemi covid-19 terjadi.

Aksi tersebut dilakukan di depan Gereja Katedral Makasar, dimana pelakunya merupakan pasangan suami istri yang masuk ke pelataran Gerbang Gereja menggunakan roda dua.

Selain itu, terungkap bahwa pasangan tersebut merupakan anggota kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Sulawesi Selatan yang telah menikah selama 6 tahun. Aksi meledakkan diri tersebut membuat sekitar 20 orang sekitar terluka.

2. Bom Sibolga

Terjadi disekitar jalan KH Ahmad Dahlan, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Sumatera Utara, pada 13 Maret 2019. Aksi bom bunuh diri ini terjadi sekitar pukul 01.20 WIB.

Pelaku merupakan seorang istri dari Husein atau Abu Hamzah yang diduga teroris. Di mana sebelumnya Husein ditangkap oleh densus 88 Antitror polri. Bom bunuh diri ini melibatkan anak dari pasangan tersebut yang berusia 2 tahun dinyatakan tewas.

3. Bom Polres Indramayu

Aksi bom bunuh diri selanjutnya hendak dilakukan dengan sasaran Makapolres Indramayu, Jawa Barat. Namun dalam hal ini, pelaku berhasil dilumpuhkan oleh petugas yang kabut dengan luka tembakan.

Terungkap, bom panci yang dibawa oleh sepasang suami istri tersebut berisikan bahan peledak. Selain itu, kedua pelaku tersebut merupakan anggota dari jemaah Ansharut Daulah (JAD) Haurgeulis Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

4. Bom Surabaya dan Sidoarjo

Terjadi pada 13 mei 2018 lalu, sekitar pukul 08.00 WIB di 3 Gereja di Surabaya Jawa Timur. Selain itu, di hari yang sama sekitar pukul 21.00 WIB terjadi aksi bom bunuh diri di Rusun Wonocolo, Sidoarjo.

Dari keempat ledakan tersebut memakan korban sebanyak 17 orang. Di keesokan harinya pada tanggal 14 mei 2018, aksi bom bunuh diri terjadi di Mapolresta Surabaya sekitar pukul 08.50.

Aksi tersebut dilakukan oleh 5 orang yang ternyata satu keluarga. Empat orang dinyatakan tewas, dan satu orang terlempar dan lolos dari maut.

5. Kampung Melayu

Selanjutnya terjadi dua aksi bom bunuh diri di sekitar Terminal Kampung Melayu pada 24 Mei 2017, malam hari. Terjadi di lokasi yang berdekatan aksi bom bunuh diri tersebut dilakukan dengan selang waktu lima menit.

Selain pelaku yang tewas, aksi tersebut membuat 3 orang polisi dinyatakan tewas. Sementara 11 orang warga sekitar dinyatakan luka-luka.

6. Bom Sarinah

Terjadi pada 14 januari 2016, sekitar pukul 10.39, kejadian aksi bom bunuh diri tersebut dilakukan di kedai Kopi Starbucks, Bioskop Djakarta Teater.

Selain itu, aksi tersebut menyebabkan dua warga sipil dan lima pelaku dinyatakan tewas di tempat. Sementara orang lainnya dinyatakan luka-luka.

7. Masjid Az-Dzikra Cirebon

Aksi bom bunuh diri selanjutnya dilakukan di Masjid Mapolresta Cirebon sebelum shalat Jumat pada 15 April 2011. Aksi bom tersebut ternyata ditujukan untuk menyerang polisi.

Terungkap pelaku aksi tersebut bernama M. Syarif. Dari kejadian tersebut dinyatakan 25 orang sekitar terluka termasuk Kapolresta Cirebon AKBP Kerukoco yang mengalami luka-luka.

8. Bom Bali II

Aksi bom bunuh diri kembali meledak di Bali pada 1 Oktober 2005. Tiga ledakan bom terjadi di R.AJA’s Bar and Restaurant, Kuta, serta Menega Cafe dan Nyoman Cafe, Jimbaran.

Dalam kejadian ini, 23 orang tewas termasuk pelaku dan ratusan luka-luka. Ledakan ini juga merusak bangunan-bangunan di sekitar lokasi.

9. Bom Bali I

Aksi teror bom bunuh diri selanjutnya terjadi pada 12 Oktober tahun 2022 silam. Dari ledakan yang terjadi sekiranya menewaskan 202 orang, sementara warga negara asing dan ratusan orang lainnya terluka.

Selain itu, kejadian ini nyatakan terjadi dari pada 3 ledakan bom. Yang mana, ledakan pertama terjadi di depan Diskotek Sari Club, Jalan Legian, Kuta. Tidak berselang lama, ledakan kedua terjadi Diskotek Paddy’s yang berada di seberang Sari Club.

Demikianlah, deretan aksi teror kasus bom bunuh diri yang pernah terjadi di Indonesia di sepanjang dua dekade terakhir ini.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru