9 Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan, Obat Sakit Gigi!

Admin 0 Komentar

Lalu, apa saja sih manfaat bunga kamboja dan bagaimana cara memanfaatkan bagian tanaman nya? Inilah beberapa manfaat kamboja untuk kesehatan.

IndiffsManfaat bunga kamboja untuk menjaga kesehatan tubuh adalah suatu hal yang penting untuk diketahui. Siapa sangka bahwa tanaman hias yang sering tumbuh di pekarangan rumah ini memiliki banyak khasiat dan bisa digunakan untuk ramuan obat tradisional. Lalu, apa saja sih manfaat bunga kamboja dan bagaimana cara memanfaatkan bagian tanaman nya? Inilah beberapa manfaat kamboja untuk kesehatan:

Obat Kaki Bengkak

Dipercaya bahwa akar dan daun kamboja bisa mengatasi kaki bengkak dan tumit pecah-pecah, dengan cara merebus akar dan daun kamboja hingga mendidih. Kemudian tambahkan garam secukupnya. Setelah mendidih, diamkan sejenak sampai terasa hangat. Lalu, gunakan air rebusan tersebut untuk merendam kaki. Sebaiknya dilakukan dua kali sehari.

Obat Frambusia

Untuk mengobati frambusia (penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang penularan nya melalui kontak langsung), ialah dengan cara mengambil kulit batang kamboja sebanyak 3 ukuran telapak tangan. Kemudian cuci dan potong-potong. Selanjutnya, rebus menggunakan air bersih sebanyak 3 liter sampai mendidih. Setelah terasa suam-suam kuku, gunakan air rebusan itu untuk mandi atau berendam.

Obat Rematik

Bunga kamboja dapat bermanfaat untuk mencegah rematik atau asam urat, dengan mengolahnya menjadi teh. Selain itu, bunga kamboja yang diseduh menjadi teh bermanfaat dalam memberikan efek sejuk dan baik bagi pencernaan. Sehingga, teh bunga kamboja sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin bagi seseorang yang menginginkan sehat secara alami.

Obat Sakit Gigi

Getah bunga kamboja dengan dosis yang tepat akan berguna sebagai obat sakit gigi atau obat luka. Tetapi, harus hati-hati, jangan sampai tetesan getah tadi sampai terkena mata, sebab bila terkena mata akan mengakibatkan kebutaan.

Meredakan Stres

Bunga kamboja memang dikenal memiliki wangi yang cukup enak untuk dihirup Saat menghirup aroma minyak bunga kamboja, senyawa geraniol, citronellol, dan linalool di dalamnya akan berikatan dengan reseptor hidung. Sinyal-sinyal tersebut lalu diteruskan ke hipotalamus pada otak guna meredakan stres.

Selain menghirup nya, kita juga bisa mengoleskan minyak bunga kamboja langsung ke kulit agar senyawa di dalamnya akan ber-ikatan dengan sterois dan akan memicu produksi enkephalin dan hormon endorfin yang memberikan rasa rileks.

Meredakan Nyeri Saat Persalinan

Saat menjelang proses persalinan, ibu hamil biasanya akan merasakan nyeri pada perut dan beberapa bagian tubuhnya. Melakukan pijatan dengan minyak esensial ini bisa menjadi cara alternatif untuk membantu meredakan nyeri.

Berdasarkan penelitian dalam International Journal of Therapeutic Massage & Bodywork, Para wanita bersalin yang awalnya merasakan nyeri dengan tingkat keparahan 7-9 (nyeri parah) merasa baik setelah dipijat dengan minyak bunga kamboja. Lebih dari setengahnya mengalami penurunan nyeri hingga skala 4-6 (nyeri sedang).

Menjaga Kesehatan Kulit

Menurut Journal of Medicinal Plants Research, manfaat bunga kamboja yang telah di ekstrak menjadi minyak esesnsial adalah berguna untuk menenangkan kulit. Bunga kamboja juga kerap disarankan sebagai salah satu bentuk perawatan alami bagi orang yang memiliki penyakit kulit.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa bau harum dari kamboja putih telah digunakan sebagai aromaterapi. Keharuman ini berasal dari kandungan minyak atsiri yang memiliki nilai tinggi dalam bisnis kecantikan. Minyak dari frangipani dipercaya dapat membuat kulit menjadi rileks dan menjauhkan potensi parasit di kulit.

Mengobati Bisul

Daun kamboja juga dipercaya mampu membantu mengobati bisul. Caranya dengan memanaskan daun kamboja di atas api hingga layu lalu olesi dengan minyak zaitun. Kemudian, tempel kan daun tersebut pada bisul dalam keadaan panas.

Menurunkan Demam

Bunga kamboja mempunyai sejumlah senyawa yang berkhasiat sebagai obat, yakni triterprenoid amirin, lupeol, dan fulvoplumierin. Dilansir dari laman healthbenefitstimes.com, kandungan zat tersebut bersifat antipiretik yang dapat menurunkan demam, anti-inflarnatif yang dapat mengatasi radang, dan analgesik yang dapat meredakan rasa sakit. Untuk mendapat khasiat nya, cukup dengan minum teh bunga kamboja. Caranya dengan mengeringkan bunga kamboja, kemudian seduh dengan air panas.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru