9 Manfaat Melakukan Renang, Bisa Membuat Kamu Awet Muda!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut beberapa manfaat melalukan aktivitas renang yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kamu. Simak penjelasannya!

Indiffs – Berenang merupakan kegiatan menyenangkan yang disukai oleh banyak orang. Berenang juga memiliki manfaat bagi kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin. Dengan melakukan renang artinya kamu sudah melatih sistem aliran darah ke seluruh tubuh, bahkan satu jam berenang kamu telah membakar kalori yang hampir sama banyaknya dengan berlari. Tak hanya itu, ada beberapa manfaat lain dalam berenang yang bisa kamu peroleh. Untuk itu yuk simak artikel berikut ini!

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini merupakan beberapa manfaat renang bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Kesehatan Bagi Mental

Manfaat yang bisa kamu dapatkan jika melakukan berenang secara rutin ialah mampu meningkatkan kesehatan mental. Karena pada saat kamu berenang, hormon endorfin akan terlepaskan secara baik dan ini bisa mengurangi kecemasan dan depresi serta membuat otak bekerja dengan sehat.

2. Memperkuat Otot

Saat kamu melakukan berenang, kamu akan menggerakkan seluruh anggota tubuh. Selama aktivitas itu, menggunakan lebih banyak kelompok otot untuk bergerak melalui air jika dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Maka dari itu, dengan melakukan aktivitas renang dapat melatih otot kamu agar tetap kuat.

3. Melatih dan Meningkatkan Kemampuan Kardio

Kardio merupakan aktivitas olahraga yang dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru. Nah, dengan melakukan berenang ini dapat meningkatkan kardio, dalam artian mampu menjaga sistem pernafasan.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat melakukan aktivitas renang selanjutnya ialah dapat meningkatkan kualitas tidur, karena hampir semua bagian otot tubuh bekerja keras ketika berenang. Maka dari itu, energi yang dikeluarkan mungkin lebih besar hingga akhirnya akan membuat kamu mudah mengantuk sehingga dapat membuat tertidur dengan nyenyak.

5. Mampu Mengurangi Gejala Asma

Asma merupakan dimana kondisi ketika saluran udara meradang, sempit dan membengkak, dan menghasilkan lendir berlebih sehingga menyulitkan untuk bernapas. Namun perlu diketahui ternyata dengan melakukan aktivitas renang, dapat meningkatkan kapasitas dan daya tahan napas yang pada akhirnya dapat mengurangi gejala asma.

6. Mampu Menurunkan Berat Badan

Manfaat renang selanjutnya mampu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Aktivitas yang melibatkan semua otot tubuh ini, termasuk otot tubuh bagian atas, otot inti, dan otot punggung  yang membutuhkan energi. Jadi, ada banyak kalori yang dibakar oleh tubuh untuk menyediakan energi saat berenang.

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Dengan melakukan aktivitas berenang selama kurang lebih 30 menit  yang dilakukan seminggu tiga kali, ini akan membakar sebanyak 900 kalori. Sehingga hal ini dapat memungkinkan untuk mengurangi risiko diabetes.

8. Awet Muda

Tak hanya baik bagi kesehatan tubuh, manfaat berenang juga bisa membuat kamu awet muda lho. Hal ini disebabkan karena berenang mampu memengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol, kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta kesehatan sistem tubuh lainnya yang akan tetap menjaga kestabilan fungsi tubuh sehingga membuat kamu tetap awet muda.

9. Meningkatkan Suasana Hati

Memang semua olahraga bisa meningkatkan suasana hati, akan tetapi dengan melakukan aktivitas berenang juga dapat meningkatkan suasana hati yang bahkan lebih. Hal ini karena pelepasan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres, menurunkan kecemasan, dan memerangi depresi. Sehingga ini akan menjaga mood kamu agar tetap baik-baik saja.

Nah itulah beberapa manfaat melakukan renang, salah satunya dapat membuat awet muda. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru