9 Manfaat Tidur Pakai Kaus Kaki, Bisa Mencegah Insomnia!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Bukan hanya menghangatkan tubuh, terdapat Manfaat lain jika Tidur Pakai Kaus Kaki. Tentunya sejumlah manfaat baik akan didapatkan bagi tubuh.

INDIFFS.COM – Kaus kaki biasanya digunakan sebagai alas ketika menggunakan sepatu atau ketika berada dalam rumah. Namun, tak jarang di temukan beberapa orang tidur sambil mengenakan kaos kaki. Bukan tanpa alasan melainkan terdapat beberapa manfaat yang didapat jika tidur pakai kaus kaki. Akan tetapi, nyatanya hal ini jarang diketahui banyak orang.

Tak hanya untuk menghangatkan tubuh, diketahui dengan mengenakan kaos kaki juga mempunyai dampak baik pada kondisi kulit. Terlebih, mengenakan kaos kaki ketika tidur dinilai efektif untuk memperbaiki kualitas tidur.

Manfaat Tidur Pakai Kaus Kaki

Ada beberapa manfaat yang akan di dapatkan, jika tidur mengenakan kaos kaki.

1. Membuat Tidur Lebih Cepat

Diketahui bahwa mengenakan kaos kaki pada saat tidur akan menghangatkan tubuh dan membuatnya nyaman. Sehingga, bukan tanpa alasan jika tidur akan membuat seseorang lebih cepat untuk tidur.

Bahkan, berdasarkan salah satu penelitian yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information. Menyatakan bahwa tidur memakai kaus kaki bisa membuat terlelap lebih cepat dan lebih lama.

Dalam studi tersebut, pria muda yang tidur memakai kaus kaki akan terlelap 7,5 menit lebih cepat dan 32 menit lebih lama, dibandingkan yang tidak pakai kaus kaki.

2. Peningkatan Sirkulasi

Sirkulasi atau sistem peredaran darah ini sangatlah diperlukan bagi tubuh. Pasalnya sirkulasi berfungsi mengalirkan sisa proses metabolisme berupa karbon dioksida untuk dikeluarkan melalui paru-paru dan menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Nah, dengan menggunakan kaos kaki pada saat tidur juga akan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Dimana ini akan meningkatkan aliran darah ke kaki, tidur dengan kaus kaki membantu meningkatkan sirkulasi kamu. Tentunya sirkulasi yang baik memastikan aliran darah dan oksigen yang sehat, memungkinkan otot, paru-paru, dan jantung mu bekerja secara efisien.

3. Mengatur Suhu Tubuh

Dilansir dari health.grid.id, tidur memakai kaos kaki akan dapat membantu mengatur suhu tubuh. Karena memang menjelang tidur, suhu tubuh akan menurun seiring meningkatnya produksi melatonin. Namun, jika tidur memakai kaos kaki ini dapat membantu proses vasodilatasi distal. Dimana proses tersebut mengacu pada peningkatan darah ke tangan dan kaki yang mengurangi suhu inti tubuh lebih cepat.

4. Mampu Mengatasi Insomnia

Jika kamu kesulitan untuk tidur, cobalah untuk menggunakan kaos kaki pada saat tidur. Bahkan, sebagian banyak orang mencoba untuk tidur menggunakan kaos kaki dalam mengatasi insomnia atau kesulitan tidurnya.

Ada salah satu penelitian yang menunjukkan jika menghangatkan kaki selama 20 menit sebelum tidur, bisa mengurangi gejala insomnia dan kelelahan. Hal ini bisa menggunakan kaos kaki sebagai alternatifnya.

5. Menghindari Kulit Kering

Siapa sangka ternyata tidur sambil menggunakan kaos kami mampu mencegah dari kulit kering lho. Hal ini terjadi karena dengan tidur memakai kaus kaki dapat membuat kulit tetap lembab. Namun, perlu diingat untuk memastikan kaus kaki agar diganti setiap hari. Ini dilakukan agar kaos kaki tetap dalam keadaan bersih dan tidak menjadi tempat tumbuh maupun berkembang biak nya bakteri.

6. Mencegah Hot Flashes

Hot Flashes merupakan sensasi panas di tubuh yang muncul secara tiba-tiba, terutama di bagian tubuh atas. Tentunya hot flashes ini akan mengganggu kualitas tidur, biasanya ini sering terjadi pada wanita yang sudah menopause.

Adapun gejalanya meliputi sensasi hangat menyebar ke seluruh tubuh, berkeringat, denyut jantung meningkat, dan wajah memerah. Namun, dengan menggunakan kaus kaki selama tidur, mampu menstabilkan suhu tubuh inti, termasuk mampu mencegah hot flashes terjadi.

7. Mengurangi Gejala Raynaud

Raynaud ialah kondisi dimana yang bisa menyebabkan beberapa area tubuh seperti jari tangan dan kaki terasa kebas atau mati rasa. Tentunya fenomena ini akan memasok darah ke kulit mengerut berlebihan akibat dingin, sehingga membatasi suplai darah ke daerah yang terkena.

Namun, dengan mengenakan kaos kaki tentunya ini akan mencegah terjadinya raynaud. Hal ini karena kaos kaki mampu memberikan kehangatan pada tubuh. Sehingga tidak akan memicu terjadinya raynaud ini.

8. Meredakan Gejala Kaki Pecah-Pecah

Manfaat selanjutnya jika menggunakan kaos kaki pada saat tidur ialah mampu meredakan kaki pecah-pecah. Hal ini karena, tidur mengenakan kaos kaki akan membantu kaki lebih lembap dan mencegah kaki kering. Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, ada baiknya kamu telah melembabkan telapak kaki terlebih dahulu sebelum menggunakan kaus kaki.

9. Seks Menjadi Lebih Baik

Ketika berhubungan seksual, tidak semua pasangan merasakan orgasme. Dimana orgasme ini ialah titik puncak saat berhubungan seksual yang menimbulkan sensasi kenikmatan. Bahkan ada sebuah studi yang diterbitkan pada BBC tahun 2005 menemukan bahwa pasangan yang mengenakan kaus kaki di tempat tidur lebih mungkin untuk orgasme saat berhubungan seks.

Studi tersebut juga menyatakan bahwa menggunakan kaus kaki saat berhubungan seksual dapat meningkatkan peluang orgasme hingga 30 persen. Namun, studi ini hanya dilakukan pada skala kecil, tepatnya cuma melibatkan sekitar 13 pasangan yang berpartisipasi.

Demikian beberapa manfaat jika tidur sambil pakai kaus kaki, tentunya akan mendapatkan sejumlah manfaat bagi tubuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru