9 September, Memperingati Hari OlahRaga Nasional (HAORNAS)

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

9 september 2022 ini memperingati hari olahraga nasional (HAORNAS) ke-38, yang dimana pada tahun ini mengangkat tema 'Bersama Cetak Juara'.

IndiffsHari Olahraga Nasional atau HAORNAS ini diperingati setiap tanggal 9 september. Dimana pada tahun 2022 ini memperingati yang ke-38. Dalam memperingati hari olahraga nasional tahun ini, mengangkat tema ‘Bersama Cetak Juara’ yang di kutip dalam akun twitter resmi Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia atau Kemenpora RI.

Sejarah Hari Olahraga Nasional

Awal berdirinya HAORNAS ini tidak lepas dari kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang di gelar pada tanggal 9 hingga 12 september 1948 di Surakarta. Awal mula PON diadakan ini ialah terbentuk akibat kegagalan atlet Indonesia untuk belaga di Olimpiade Musim Panas XIV di London tahun 1948.

Karena ketika itu kemerdekaan Indonesia belum sepenuhnya diakui oleh dunia, maka mereka pun tidak bisa bertanding sebagai wakil Indonesia. Para indonesia itu baru bisa bertanding jika menggunakan paspor Belanda. Namun, para atlet Indonesia menolak gagasan tersebut. Mereka hanya ingin bertanding sebagai wakil resmi Indonesia.

Karena gagalnya Indonesia melaju ke Olimpiade London, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) pun memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi olahraga dalam negeri. Kompetisi olahraga itulah yang disebut PON hingga saat ini.

Dibuatnya PON ini juga sebagai bukti pada dunia saat itu bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan kompetisi olahraga mereka sendiri dengan skala yang cukup besar. PON yang pertama tersebut menarik antusiasme yang besar dari masyarakat Indonesia terhitung ada banyak peserta yang mengikuti kompetisi tersebut. 

Akan tetapi, sempat ada pembatalan penyelenggaraan PON pada tahun 1965 sehubungan dengan adanya tragedi G30SPKI. Begitu juga, pada tahun 2020 di mana penyelenggaraan PON di undur hingga tahun 2021 karena pandemi Covid-19. Dengan diselenggarakannya PON yang pertama tanggal 9-12 September, hingga saat ini PON diadakan setahun sekali dan di peringati sebagai hari olah raga nasional.

Tujuan Didirikannya Hari Olahraga Nasional

Tujuan didirikannya HAORNAS ini bukan hanya memperingati hari olahraga semata, tetapi lebih dari pada itu. Mengingat olimpiade altet berprestasi pada tanggal 9-12 september 1948 dimana pada saat kemerdekaan Indonesia belum diakui dunia sepenuhnya, sehingga Indonesia gagal untuk mengikuti ajang tersebut.

Itu dijadikan sebagai batu loncatan, yang dimana untuk merefleksikan kembali sebuah kejadian yang sangat bersejarah dan bernilai penting dalam bidang olahraga di Indonesia. Agar hal tersebut dapat memberikan semangat bagi generasi penerus Indonesia di masa depan, dan menunjukan bahwa Indonesia mampu untuk bersaing pada kompetisi olahraga.

Harapan Utama Lahirnya Hari Olahraga Nasional

Terdapat empat poin utama harapan pemerintah terhadap lahirnya HAORNAS ini, yang dikutip dari Superappid:

  1. Komitmen seluruh insan olahraga termasuk pendidikan keolahragaan bagi pelajar karena melihat betapa penting dan strategisnya olahraga bagi kesehatan siswa untuk mencapai cita-cita SDM unggul Indonesia maju,
  2. Mengingatkan kembali seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga,
  3. Mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di kegiatan sehari-hari,
  4. Menumbuhkan semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur, baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan dan semuanya.

Demikianlah, pembahasan mengenai peringatan hari olahraga nasional (HAORNAS).

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru