9 Tips Bertemu Calon Mertua Pertama Kali, Tak Perlu Panik!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Baru pertama kali bertemu dengan orang tua pasangan? Coba deh untuk melakukan beberapa tips ini ketika bertemu calon mertua agar tidak gugup.

INDIFFS.COM – Perasaanmu mungkin akan gugup ketika berhadapan dengan calon mertua, terlebih jika kamu belum pernah bertemunya sama sekali. Kamu juga akan berfikir akankah calon mertua menyukaimu dan diterima oleh keluarga? terus anggapan tersebut menghantui pikiran bahkan beberapa hari sebelum pertemuan itu terjadi. Namun dari pada memikirkan hal tersebut, lebih baik coba lakukan tips atau cara ketika bertemu dengan calon mertua agar tenang dan tak gugup.

Tips Bertemu Calon Mertua

Bertemu dan berkenalan dengan keluarga pasangan menjadi poin penting dalam hubungan asmara. Dengan itu, kamu hanya mempunyai satu kesempatan untuk membuat kesan pertama yang baik. Nah, agar rencana pertemuanmu berjalan mulus, coba terapkan beberapa tips di bawah ini!

1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Pertama pakaian menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan, hal ini karena seseorang bisa menyimpulkan karakter, etika, dan kepribadian kita. Untuk itu, coba gunakan pakaian yang sopan serta formal, gunakan juga dress cantik namun nyaman, atau kemeja bagi laki-laki.

Tentunya jika keluarga pasanganmu suka dengan gaya formal ide tersebut bisa di coba. Namun, jika mereka suka gaya casual yang rapi, maka kamu bisa menggunakan kas berkerah atau celana jeans bagi laki-laki.

2. Cobalah untuk Mengatur Waktu dan Tempat

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan ialah mengatur tempat dan waktu. Pastikan juga kamu untuk memilih tempat makan yang hidangannya bisa diterima calon mertua dan jangan terlambat sebelum waktu janjian tiba.

Selain itu, tak kalah pentingnya ialah menentukan terlebih dahulu pihak mana yang seharusnya membayar tagihan makanan. Agar nantinya tidak muncul perselisihan gara-gara belum ada pihak yang membayar makanan.

3. Mencari Tahu Tentang Informasi Keluarganya

Tak hanya mencari tahu tentang pasanganmu, kamu juga perlu mencari tahu informasi seputar keluarganya. Ada baiknya hal tersebut dilakukan sebelum memulai pertemuan dengan calon mertua. Tentunya hal ini juga akan dapat membantumu untuk mempersiapkan diri dengan baik ketika berhadapan dengannya.

4. Hindari Membahas Topik Tertentu

Tak peduli apakah kamu seseorang yang memiliki wawasan luas ataupun tidak, namun sebaiknya hindari membicarakan mengenai SARA dan politik di awal pertemuan. Karena memang ini bukan saatnya untuk berbicara tentang politik, agama, atau masalah lainnya yang sensitif.

Biarkan juga calon mertuamu mengenal dirimu dan kamu pun mengenal mereka, sebelum akhirnya memutuskan untuk berbicara dengan mereka tentang topik-topik yang sensitif bagi sebagian orang.

5. Bawakan Hadiah

Tunjukanlah bahwa diri kamu sebenarnya orang yang bermurah hati dengan membawakannya hadiah. Hadiah tersebut tak harus mahal, yang jelas kamu tidak datang dengan tangan kosong. Terlebih jika kamu diundang makan keluarga, kamu bisa membawakan camilan yang mereka sukai agar dapat mencairkan suasana.

6. Berikan Pujian yang Tulus

Pasalnya semua orang pasti menyukai dirinya dipuji, bahkan calon mertuamu sendiri. Tentunya jika kamu menyukai gaya rumahnya atau masakan ibunya, jangan ragu untuk mengutarakan pujian. Hal inilah sebagai salah satu cara agar bisa menjadi cara yang bagus untuk memulasi sebuah percakapan.

Akan tetapi, pujilah dengan penuh ketulusan, karena jika tidak atau melebih-lebihkan ini hanya membuat dirimu terpaksa untuk melakukannya.

7. Jangan Salah Menyebut Nama

Ini memanglah pertama kalinya kamu bertemu dengan mereka, namun sebisa mungkin kamu tidak salah menyebut nama mereka. Karena mungkin mereka minta dipanggil dengan sebutan tertentu, seperti pak atau bu karena tidak ingin disebut om ataupun tante.

8. Jangan Gandengan dengan Pasangan di Depan Calon Mertua

Menunjukkan mesra dengan pasangan menjadi hal yang wajar, tetapi hal itu menjadi tidak wajar ketika dilakukan di tempat-tempat yang tidak tepat, salah satunya adalah ketika bertemu dengan orang tua pasangan.

Karena memang hal ini tentu akan menghindarkan perasaan canggung dari keluarga si dia dengan kamu. Hal ini juga akan mencerminkan bahwa diri kamu tidak memiliki etika yang baik.

9. Tawarkan Bantuan

Ketika pertemuanmu dengan calon mertua dirumah, ada baiknya menawarkan bantuan untuk mencuci piring ketika selesai makan, atau membereskan ruang makan. Jangan merasa canggung dan berlagak seolah tamu agung di rumah mereka. Karena lebih baik jika kamu mampu berbaur dengan semua kegiatan keluarga tanpa merasa canggung.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika menemui orang tua pasanganmu, tentunya dengan mencoba beberapa cara tersebut setidaknya tidak akan membuatmu bingung harus melakukan apa. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru