9 Tips Menjadi Guru Favorit di Sekolah, Agar Jadi Idola Para Siswa!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Ingin jadi guru favorit di sekolah dan menjadi idola bagi siswa? Lakukan beberapa tips berikut agar menjadi guru favorit di sekolahmu!

INDIFFS.COM – Memang wajar ketika kamu menjadi seorang pengajar dan ingin menjadi salah satu guru favorit para siswa. Pasalnya, menjadi guru bukanlah pekerjaan yang mudah. Sehingga, menjadi guru favorit dan teladan bagi siswa merupakan salah satu hal yang patut di apresiasi dan membanggakan. Untuk itu, ada beberapa tips agar menjadi guru favorit yang disukai para siswa.

Tips Menjadi Guru Favorit

Menjadi guru favorit di zaman milenial ini merupakan tantangan yang tidak mudah. Menghadapi murid zaman sekarang membutuhkan keahlian yang lebih. Tidak hanya mengandalkan materi pelajaran dan ilmu pengetahuan saja. Untuk itu, guru perlu melakukan beberapa hal agar bisa akrab dengan murid, sehingga suasana belajar menjadi menyenangkan.

1. Ramah

Sikap ramah yang dimiliki oleh seorang guru akan membuat siswa merasa nyaman. Hingga pada akhirnya, siswa dapat dengan mudah menerima kehadiran guru dan siap menerima materi apapun yang diajarkan.

Jika guru sudah berhasil mengambil hati para siswa nya maka proses pembelajaran juga akan lebih mudah dijalankan sesuai dengan yang direncanakan. Selain itu, sikap ramah terhadap siswa juga akan lebih mudah mencontoh perilaku positif yang guru lakukan dan bisa menjadikan kamu sebagai guru favorit bagi siswa. Karena, seorang guru yang cerdas ialah yang bisa menunjukkan bukti nyata kepada siswa-siswa nya.

2. Kreatif dan Inovatif

Cara selanjutnya yang harus kamu lakukan agar bisa menjadi guru favorit ialah harus menjadi seorang guru kreatif dan inovatif. Metode pembelajaran yang monoton terkesan akan membuat siswa merasa bosan dan jenuh untuk mengikuti pembelajaran. Sehingga, siswa membutuhkan metode pembelajaran menyenangkan.

Namun, Guru yang baik mampu menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangakan untuk siswanya. Hal ini akan membuat siswa mudah untuk menangkap materi.

3. Memberikan Inspirasi

Biasanya guru yang dapat menginspirasi ialah guru yang sering kali dikagumi para siswa. Bahkan, seorang guru yang mampu memberikan inspirasi dapat dijadikan sebagai teladan bagi para siswa nya.

Ada berbagai inspirasi yang bisa menjadi teladan bagi para siswa, biasanya dengan menceritakan pengalaman hidup kamu kepada murid. Terutama pengalaman yang bisa mendorong murid agar siap menggapai impian mereka.

4. Memiliki Jiwa yang Humoris

Biasanya karakter guru yang humoris selalu menjadikannya sebagai guru favorit. Karena, terkadang murid merasa jenuh jika suasana belajar yang terlalu serius dan kaku.

Namun, jika guru yang bisa mencairkan suasana dengan karakter humoris kemungkinan akan banyak disukai murid karena suasana belajar akan terasa lebih menyenangkan. Karakter ini juga akan mendorong murid lebih antusias ketika belajar, sehingga akan menciptakan kondisi belajar dengan santai.

5. Tidak Memiliki Sifat Pemarah

Mungkin bagi para pelajar tidak aneh mendengar yang namanya guru killer. Jika kamu tidak ingin di cap sebagai guru killer oleh para siswa maka hindari terlalu sering memarahi siswa.

Ketika mendapatkan siswa yang nakal bisa di nasehati dengan baik, kalaupun menghukum sesuai dengan aturan yang sudah di tetapkan oleh pihak sekolah. Ketika mendapatkan siswa yang bermasalah guru bisa mengambil kesempatan agar menjadi lebih akrab.

6. Tidak Sombong

Sifat sombong sudah pasti tidak akan di sukai yang lain, begitu juga dengan seorang guru yang sombong tentunya tidak akan di sukai oleh muridnya.

Dengan itu, hindarilah sifat sombong ketika kamu sedang menjadi seorang guru. Karena, menjadi guru harus memiliki sifat rendah hati agar bisa di senangi oleh muridnya, guru yang sombong tidak akan di sukai oleh siswa. Tentunya ini tidak akan membuat kamu menjadi seornag guru yang favorit.

7. Menguasai Materi

Cara menjadi guru favorit selanjutnya ialah mampu menguasai materi. Terkadang guru yang tidak bisa menguasai materi, proses pembelajaran tidak akan berjalan dengan lancar. Karena hal tersebut menjadi salah satu faktor penghambat para siswa untuk memahami pelajaran yang di sampaikan.

Akan tetapi, jika guru mampu memahami dan menguasai materi, tentunya guru akan sangat mudah menyampaikan pembelajaran kepada muridnya. Itulah mengapa menguasai materi sangatlah di perlukan, agar guru mampu menyampaikan materi dengan baik dan tidak bertele-tele.

8. Menjadi Guru Yang Sabar

Memang, menjadi seorang guru itu bukanlah hal yang mudah. Terlebih harus sabar ketika menghadapi siswa yang memiliki karakter yang berbeda.

Tak hanya itu, guru juga harus sabar dan tahan dalam menghadapi segala keadaan siswa. Misalnya, siswa melanggar peraturan sekolah. Disini peran seorang guru sangatlah penting, dimana guru harus bersabar dalam membimbing siswa secara terus menerus.

Karena dengan kesabaran, seiring berjalannya waktu siswa mungkin akan berubah dengan sendirinya.
Itulah mengapa kesabaran sangatlah perlu ditanamkan bagi seorang guru, ini agar guru tidak berusaha untuk tergesa-gesa dalam memberikan pemahaman ataupun materi.

9. Tidak Mudah Menyalahkan

Tentunya sudah jelas seperti pada poin sebelumnya dikatakan bahwa menjadi seorang guru harus memiliki kesabaran yang ekstra. Maka dari itu, seorang guru juga tidak mudah untuk menyalahkan kepada siswa nya.

Terlebih jika guru langsung memarahi secara langsung kepada siswa. Untuk itu, sebaiknya jangan memarahi atau menghukumnya secara langsung. Namun, nasehatilah terlebih dahulu.

Karena jika dihukumi secara langsung, mungkin ini akan menciptakan seorang siswa yang cenderung pembangkang dan susah di atur. Itulah mengapa menjadi guru memang harus memiliki kesabaran dan tidak mudah marah.

Demikian beberapa tips agar dapat menjadi guru favorit di sekolah. Tentunya ini bukanlah hal yang mudah di lakukan, namun dengan menerapkan beberapa tips tersebut, ada peluang bahwa kamu bisa menjadi guru favorit di Sekolah. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru