Perhatikan! Lakukan 5 Kebiasaan Ini Untuk Menurunkan Kolesterol

Admin 0 Komentar

Kolesterol tinggi bisa berbahaya karena menjadi salah satu penyebab penyakit jantung. Yuk simak kebiasaan baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

indiffs – Kadar kolesterol darah yang tinggi bisa menjadi sumber masalah dari berbagai gangguan kesehatan yang serius. Terlebih jika berhubungan dengan penyakit kardiovaskuler. Inilah mengapa kadar kolesterol dalam darah perlu dijaga agar tidak terlalu tinggi. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan kebiasaan untuk menurunkan kolesterol serta hidup sehat.

Tidak kalah pentingnya adalah mengecek kadar kolesterol dalam tubuh secara rutin, sehingga kamu bisa mengetahui berapa angka kolesterol tubuh dan apakah perlu diturunkan atau tidak. Pasalnya, kolesterol yang tinggi sering kali tidak disertai dengan gejala yang nyata.

Nah, berikut ini perubahan gaya hidup yang menjadi kebiasaan baik untuk menurunkan kolesterol:

1. Menghentikan Asupan Lemak Trans

Lemak trans merupakan lemak jahat yang akan meningkatkan jumlah LDL dan mengurangi jumlah HDL di dalam tubuh, sehingga tidak akan membantu dalam menurunkan kolesterol.

Melansir WebMD, mengonsumsi lemak trans bisa meningkatkan peluang seseorang untuk sakit jantung dan mengalami stroke.

Mayo Clinic menjelaskan, lemak trans terkandung pada makanan yang diplah menggunakan minyak terhidrogensi yang merupakan minyak cair yang dipadatkan, sehingga menambah level hidrogen yang dikandung.

2. Berolahraga

Tidak semua orang suka berolahraga, namun jika berolahraga secara rutin dapat membuat badan kita jadi lebih sehat dan meningkatkan level HDL di dalam tubuh. Olahraga yang dapat dilakukan yaitu aerobik selama 30 hingga 60 menit per hari secara rutin. Kita bisa memulainya dengan 10 menit per hari saja sebagai permulaan.

3. Tingkatkan Konsumsi Buah dan Sayur

Banyak sekali manfaat buah dan sayur, salah satunya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat yang terkandung dalam dua makanan sehat inilah yang berperan dalam penurunan kolesterol. Supaya kolesterol bisa menurun, kamu disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur minimal sebanyak 500 gram per hari.

4. Rutin Konsumsi Ikan

Ikan memiliki kandungan omega-3 yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat mengurangi tringliserida atau lemak dalam darah, tekanan darah, dan penyumbatan darah. Kandungan omega-3 dalam ikan juga dapat mengurangi level LDL dan dikonsumsi setidaknya dua kali dalam seminggu.

5. Rutin Mengonsumsi Teh

Siapa sangka jika teh memiliki khasiat yang bagus dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah? Dilansir dari Healthline, teh menjadi salah satu minuman yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan, salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Teh memiliki kandungan flavanoid dalam jumlah besar dibandingkan dengan makanan lainnya. Flavanoid sendiri merupakan senyawa alami yang memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Rutin mengonsumsi teh tanpa gula bisa menekan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh sehingga bisa memelihara kesehatan jantung.

Demikianlah beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan kolesterol, selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru