7 Cara Jitu Untuk Menghilangkan Bau Jengkol Di Mulut, Ampuh!

Admin 0 Komentar

Meskipun nikmat bagi sebagian orang, namun jengkol dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat. Ada cara menghilangkan bau jengkol di mulut

INDIFFS.COM – Meskipun nikmat bagi sebagian orang, namun jengkol dapat menimbulkan bau mulut yang menyengat. Bau mulut karena jengkol disebabkan oleh senyawa belerang yakni asam jengkolat. Asam jengkolat ini dapat menciptakan bau mulut sekaligus aroma urine yang keluar berbau tidak sedap. Nah, Anda tak perlu terlalu khawatir dengan masalah bau mulut ini. Sebab terdapat cara untuk menghilangkan bau jengkol di mulut.

Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Berikut ini terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau jengkol di mulut.

1. Banyak Minum Air Putih

Setelah makan jengkol, Anda harus minum air putih hangat yang banyak untuk membantu menghilangkan baunya dari mulut dan sistem pencernaan Anda. Banyak minum air juga akan mempengaruhi penyerapan senyawa kimia jengkol di urin. Semakin banyak air di tubuh yang tersaring ke ginjal maka senyawa jengkol semakin tidak pekat. Inilah yang menyebabkan kadar senyawa jengkol di urin semakin berkurang sehingga baunya pun berkurang.

2. Menyikat Gigi

Sikatlah gigi Anda setelah makan jengkol. Pastikan Anda menggunakan pasta gigi dengan fluoride yang bisa membantu mengurangi bau mulut. Di samping itu, jangan asal sikat gigi saja. Lakukan cara menyikat gigi yang benar agar tidak ada lagi sisa jengkol yang tersangkut di dalam mulut.

3. Menyikat Lidah dan Berkumur

Selain menyikat gigi, Anda juga perlu membersihkan lidah. Pasalnya, tak jarang sisa-sisa makanan masih menempel pada lidah dan akan terjebak bila tidak Anda bersihkan.

Anda bisa menggunakan pembersih khusus lidah atau sikat gigi yang dilengkapi dengan pembersih lidah setelah makan jengkol. Bersihkan seluruh permukaan lidah Anda secara merata agar tidak ada bau yang tersisa.

Selain itu, Anda juga dapat berkumur dengan menggunakan obat kumur atau mouthwash. Tak hanya membantu menghilangkan bakteri, memakai obat kumur setelah menggosok gigi juga bisa membuat napas Anda jauh lebih segar.

4. Mengunyah Permen Karet

Apabila Anda memakan jengkol di rumah makan dan tidak memungkinkan untuk menggosok gigi, permen karet dapat menjadi solusi. Makan permen karet atau permen mint bisa membantu mengatasi dan mengurangi bau mulut. Sedangkan permen karet dengan berbagai aroma bisa mengurangi bau mulut dan menghilangkan kotoran yang menempel di gigi.

5. Makan Buah

Cara jitu mengatasi bau mulut karena jengkol bisa dengan mengonsumsi buah-buahan seperti apel dan pir sebagai makanan penutup. Buah apel dan pir mengandung banyak air dan bertekstur renyah yang bisa merangsang produksi air liur. Air liur ini membantu menyegarkan dan membersihkan bau yang menempel di mulut. Selain itu, buah apel dan pir juga kaya serat yang bertindak sebagai sikat gigi alami setelah makan.

6. Makan Mentimun

Seperti apel dan pir, kandungan air yang tinggi pada mentimun membantu menyegarkan mulut usai makan jengkol. Fungsi makan mentimun ini serupa dengan minum air putih yang bisa membilas dan menetralkan bau mulut.

7. Minum Teh Hijau

Secangkir teh hijau dapat membantu menghilangkan sisa bau jengkol dalam mulut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh hijau yakni polifenol melawan berbagai penyebab bau mulut.

Nah, itulah 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau jengkol di mulut. Semoga dapat membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru