Adab Dan Doa Ketika Bersin: Arab, Latin, Dan Terjemahannya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Bersin adalah salah satu nikmat yang telah Allah berikan. Islam telah mengatur adab dan doa ketika bersin serta orang yang mendengar bersin.

IndiffsBersin adalah mekanisme yang digunakan tubuh untuk membersihkan hidung. Saat benda asing seperti kotoran, serbuk sari, asap, atau debu masuk ke lubang hidung, hidung bisa teriritasi. Meskipun begitu, bersin adalah salah satu nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Islam juga telah mengatur adab-adab dan doa ketika bersin serta orang yang mendengar bersin. Berikut adab dan doa ketika bersin serta bagi orang yang mendengarnya.

Adab Bersin

Berdasarkan hadis Abu Hurairah RA berikut adab orang bersin

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا عَطَسَ غَطَّى وَجْهَهُ بِيَدِهِ أَوْ بِثَوْبِهِ وَغَضَّ بِهَا صَوْتَهُ

“Bahwasanya apabila Nabi SAW bersin, beliau menutup wajah dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya.” [HR. Ahmad II/439, al-Hakim IV/264, Abu Dawud no. 5029, at-Tirmidzi no. 2746. Lihat Shahih at-Tirmidzi II/355 no. 2205]

Saat bersin pelankan suara dan tutup hidung atau mulut dengan menggunakan penutup kain. Apabila tidak ada penutup kain dan didepan ada orang lain arahkan pandangan ke belakang saat bersin (berlawanan arah), lalu membaca doa ketika bersin.

Doa Ketika Bersin

Bagi orang yang bersin, disyari’atkan untuk mengucapkan hamdalah, dalam versi pendek berikut ini:

اَلْحَمْدُ ِللهِ

Alhamdulillaah

Artinya: “Segala puji bagi Allah” [HR. Al-Bukhari no. 6223, at-Tirmidzi no. 2747]

Bisa juga jika ditambahkan dengan lengkap pujian tersebut seperti berikut ini:

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin

Artinya: “Segala puji bagi Allah Rabb seru sekalian alam.” [HR. Al-Bukhari di dalam al-Adaabul Mufrad no. 394, an-Nasa-i dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no. 224, Ibnu Sunni dalam ‘Amalul Yaum wal Lailah no.259. Lihat Shahihul Jami’ no. 686]

Doa Mendengar Orang yang Bersin

Adapun ketika kita mendengar ada orang bersin dan mengucapkan Alhamdulillah hendaknya kita juga ikut mendoakan orang tersebut agar diberikan kebaikan dan keberkahan oleh Allah SWT. Seperti berikut ini:

يَرْحَمُكَ اللّٰهِ

Yarhamukalloh

Artinya :”Semoga Allah memberi rahmat kepadamu”

Doa Menjawab Orang yang Mendoakan Seseorang Bersin

Dan apabila orang bersin tersebut didoakan oleh orang lain dengan doa diatas, hendaknya orang yang bersin juga menjawab doa sebagai berikut.

يَهْدِيْكُمُ اللّٰهِ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً

Yahdiikumullah wa yaslihu baalakum

Artinya : “Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu”

Faedah membaca doa ketika bersin

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ اَلنَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ: – إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ: اَلْحَمْدُ لِلَّهِ, وَلْيَقُلْ لَهُ أَخُوهُ يَرْحَمُكَ اَللَّهُ, فَإِذَا قَالَ لَهُ: يَرْحَمُكَ اَللَّهُ, فَلْيَقُلْ: يَهْدِيكُمُ اَللَّهُ, وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ – أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang di antara kalian bersin, maka ucapkanlah ALHAMDULILLAH (segala puji bagi Allah). Hendaklah saudaranya mengucapkan YARHAMUKALLAH (semoga Allah merahmatimu). Jika ia mengucapkan YARHAMUKALLAH, ucapkanlah YAHDIKUMULLAH WA YUSHLIH BAALAKUM (semoga Allah memberikan petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).” (HR. Bukhari) [HR. Bukhari, no. 6224]

Demikian adab dan doa bersin yang dapat kita bacakan ketika kita bersin atau mendengarnya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru