Alergi Susu Sapi Pada Anak: Ciri-Ciri Serta Cara Mengatasinya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Sebagai orang tua, wajib untuk mengetahui ciri-ciri serta cara mengatasi alergi susu sapi pada anak. Apa saja? Yuk, cari tau!

Indiffs – Alergi susu sapi masih sering dianggap sama dengan intolerasi laktosa, padahal kedua kondisi ini berbeda. Intoleransi laktosa tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh sebagai faktor pemicu gejalanya. Alergi susu sapi merupakan salah satu jenis alergi yang banyak dialami bayi dan orang dewasa. Selain susu sapi, alergi susu juga bisa terjadi akibat mengonsumsi susu kambing atau domba. Sebagai orang tua, wajib Anda ketahui ciri dan cara mengatasi alergi susu sapi pada anak berikut ini.

Ciri-ciri Alergi Susu

Kenali apakah anak Anda mengalami alergi atau tidak. Dilansir dari beberapa sumber, berikut ciri-ciri alergi susu pada anak:

1. Perut Kembung

Ketika terkena alergi susu, biasanya perut bayi juga akan kembung. Bayi yang tidak dapat menerima zat di dalam susu akan menyebabkan kondisi pencernaan yang tidak nyaman, sehingga membuat perut kembung dan memicu bayi mual atau muntah.

2. Gatal-gatal

Ciri bayi alergi susu sapi yang paling sering terjadi adalah gatal-gatal. Hal ini biasanya bisa timbul disertai dengan ruam merah di beberapa bagian tubuh. Ciri bayi alergi susu sapi ini biasanya timbul sesaat setelah bayi minum susu sapi.

3. Diare

Diare dapat disebabkan adanya reaksi alergi terhadap susu sapi. Reaksi ini bisa timbul sesaat setelah bayi konsumsi susu sapi. Apabila bayi Anda mengalami Ciri bayi alergi susu sapi ini sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Apabila penyebabnya memang susu sapi, sebaiknya Anda segera berhenti memberikan kepada bayi agar reaksi alergi tidak semakin parah.

4. Batuk

Bayi juga bisa batuk jika terkena alergi susu, karena sistem pernapasan sensitif. Hal itu terjadi ketika tubuh bayi menolak zat yang terkandung dalam susu, sehingga batuk akan terjadi. Pada awalnya, bayi mengeluarkan suara serak, sehingga terlihat seperti sangat kesakitan. Kemudian, bayi akan sering batuk apalagi setelah minum susu.

5. Muntah

Muntah yang terjadi sesaat setelah anak mengonsumsi susu sapi juga perlu diwaspadai. Kondisi ini bisa menjadi tanda lain dari kondisi alergi susu.

Cara Mengatasi

Alergi susu sapi tidak dapat disembuhkan, biasanya reaksinya berkurang, bahkan menghilang seiring dengan pertambahan usianya. Namun, Anda bisa menghindari kemunculan reaksi alergi dengan memberikan formula yang tidak mengandung protein susu sapi. Serta produk olahan susu sapi lainnya, seperti; Yogurt, krim, mentega, margarin, ghee, keju, es krim, minuman susu, susu bubuk, susu kental.

Jika curiga anak Anda mengalami gejala alergi susu sapi, sebaiknya Anda segera konsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan melakukan tes darah dan uji tusuk kulit. Bila bayi Anda di diagnosis mengalami alergi susu sapi, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi untuk mengatasi alerginya.

Jika belum dipastikan alergi susu sapi, maka jangan buru-buru menghilangkan bahan mengandung susu sapi dari daftar makanannya. Hal ini karena banyak nutrisi baik yang diberikan untuk tubuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru