Ampuh! Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Lancar

Hannii 0 Komentar

Buat performa laptop kembali prima dengan mengetahui cara mengatasi laptop lemot berikut ini agar kembali lancar saat digunakan.

Indiffs – Kendala laptop lemot bisa dialami kapan saja, entah saat booting atau saat memulai program hingga ketika sedang internet an. Laptop lemot saat sedang internet an memang menyebalkan. Selain bikin over heat atau cepat panas, hal ini juga dapat menyebabkan laptop tiba-tiba nge-hang atau tidak mau buka aplikasi apa pun. Ternyata ada loh, cara mengatasi laptop agar tidak lemot, penasaran? Yuk, simak!

Penyebabnya bisa macam-macam, seperti adanya malware atau virus dari situs yang dikunjungi serta ber-internet sambil membuka banyak aplikasi maupun tab windows.

Beda dengan cara mengatasi laptop lemot karena hardisk yang mesti mengganti hardisk nya dengan kapasitas lebih besar, cara mengatasi laptop lemot saat internet an cenderung lebih simple dan tidak serumit itu. Bahkan kamu dapat menjajal cara mengatasi laptop lemot tanpa aplikasi dengan memanfaatkan program atau ‘pembersihan’ dari Windows bawaannya.

Nah, daripada kesal karena laptop tiba-tiba lemot, berikut cara mengatasi laptop hang saat internet an. tidak seribet cara mengatasi laptop lemot dengan temp ataupun cara mengatasi laptop lemot dengan cmd kok. Yuk, simak!

Penyebab Laptop Lemot

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan performa laptop menjadi lemot dan umumnya, masalah-masalah berikut yang menjadi penyebab utamanya:

  1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background dan otomatis aktif saat diaktifkan, hal ini akan membuat kinerja perangkat jadi berat dan membutuhkan proses booting yang lebih lama
  2. Umur harddisk sudah terlalu lama, dimana proses read and write berjalan lebih lama dari biasanya. efeknya akan berpengaruh pada performa laptop secara keseluruhan
  3. Kapasitas harddisk yang sudah penuh, menyebabkan kinerja semakin berat dan membuat laptop menjadi lemot

Cara Mengatasi

Ketika sistem di laptop kamu mulai melambat dan tidak responsif, apa cara terbaik untuk mengatasi laptop lemot tersebut? Mengatasi laptop lemot bisa tampak seperti suatu hal yang sangat rumit dan menakutkan, tetapi sebenarnya tidak.

Dengan cara mengatasi laptop lemot yang dapat dilakukan dalam hitungan menit, ini dapat menjadi solusi dan langsung memberikan hasil yang bertahan lama. Dikutip dari Crucial.com, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi laptop lemot untuk dekstop Windows dan juga Mac.

1. Mengatasi Laptop Lemot Pada Mac

Jika mac kamu mulai lemot, perangkat lunak dan program yang baru di instal mungkin penyebab nya. Ini adalah masalah utama dari laptop mac yang lemot. Mengidentifikasi file atau program yang korup itu penting, tetapi finder yang lambat biasanya memiliki asal yang jauh lebih buruk.

  • Restart 

Sangat mudah untuk membiarkan sistem Mac hidup tanpa mematikannya. Hal ini membuat laptop mac sudah siap saat ingin bekerja. Namun, merestart ulang laptop mac adalah salah satu cara mengatasi laptop lemot, karena hal ini akan membuat laptop menyimpan informasi atau memberi memori (RAM) awal yang baru. Cara mengatasi laptop lemot ini dapat menghilangkan aplikasi atau proses yang tidak terpakai dan berjalan belakang.

  • Batasi Aplikasi yang Dibuka

Membuka banyak aplikasi sekaligus membutuhkan sumber daya RAM yang besar. Saat kalian melakukan banyak tugas, RAM yang tersedia tersebar di antara semua program yang terbuka dan operasi yang terjadi di dalamnya.

  • Batasi Jumlah Tab Browser

Penjelajahan web terutama dengan banyak tab yang terbuka, dapat membuat laptop lemot terutama jika tidak memiliki cukup memori. Setiap tab baru pada dasarnya seperti membuka browser baru dan ketika kalian para ladies membuka lebih dari sepuluh tab, memori dan sumber daya sistem di mac akan terkuras.

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jika laptop mac masih menggunakan hard drive (HDD) alih-alih solid state drive (SSD) dan hampir penuh, maka cara mengatasi laptop lemot yang terbaik adalah mengosongkan memori dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan.

  • Kurangi Jumlah Aplikasi di Dock

Setiap aplikasi yang ada di Dock memerlukan data yang diambil dari sumber daya sistem, sehingga dapat diakses lebih cepat daripada dari jendela Finder. Cara mengatasi laptop lemot yang tepat pada kasus ini adalah dengan memberinya sedikit lebih banyak ruang bernapas. Buka System Preferences > Dock, hapus centang Animate opening applications dan Automatically hide and show the Dock.

  • Hapus Screen Saver

Kita semua suka memamerkan foto kita dengan menggunakannya sebagai wallpaper desktop atau screen saver, menyesuaikan pengaturan sehingga gambar berubah setiap 5 atau 15 menit. Namun, untuk memungkinkan hal ini terjadi, sistem Anda harus mengalokasikan sumber daya untuk mengakses foto, mengubah latar belakang desktop, dan memuat screen saver. Aktivitas ini dapat memperlambat sistem. Buka System Preferences > Desktop & Screen Saver, klik tab Desktop dan hapus centang pada opsi Change picture. Kemudian, klik tab Screen Saver, klik menu drop-down di sebelah Start after, dan pilih Never.

2. Mengatasi Laptop Lemot Pada Dekstop Windows

Jika kamu menjalankan Windows 10, 8, atau 7 dan bertanya pada diri sendiri ‘Mengapa laptop saya lemot dan bagaimana mengatasi laptop lemot ini?’, maka berikut adalah sesuatu yang harus kalian pahami:

  • Identifikasi Program yang Membuat Laptop Lemot

Jika kalian memiliki program yang menggunakan banyak memori, maka ini saat uang tepat untuk memutuskan apakah program tersebut sepadan dengan sumber daya yang digunakan. Ini bisa berupa aplikasi third party yang dimulai secara otomatis dan sebenarnya tidak digunakan. Atau bisa juga program yang dibuka sebelumnya dan telah kita lupakan. Menghapus program ini dapat menjadi salah satu cara tercepat mengatasi laptop lemot.

  • Tutup Program yang Tidak Perlu

Untuk mempercepat komputer yang lambat, tutup program yang tidak perlu. Untuk melakukannya, tekan Ctrl, Alt, dan Delete. Pilih Task Manager dan pada Processes tab, kita dapat melihat apa yang terbuka dan berapa banyak CPU dan memori yang digunakan nya. Setelah itu, tutup program yang tidak digunakan. Komputer sering kali memiliki program yang diaktifkan saat kita menyalakan komputer. Atau, ada program yang diperlukan pada awal start-up, lalu tidak diperlukan lagi. Me-nonaktifkan ini dapat menjadi solusi mengatasi laptop lemot.

  • Periksa Browser Web dan Koneksi Internet

Jika kamu para ladies melihat laptop mulai lemot, pastikan untuk memeriksa browser yang digunakan apakah up to date atau tidak. Akan ada pilihan About untuk menunjukkan nomor versi yang digunakan. Jika ada opsi untuk menginstal versi baru secara otomatis, aktifkan. Memiliki terlalu banyak Add-On dan Extensions juga dapat memperlambat browser di laptop.

  • Defrag Hard Disk Drive

Defragmenting atau defragging hard disk drive (HDD) dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan sistem untuk menemukan setiap bagian data yang dibutuhkan untuk menjalankan program dan aplikasi. Mengatasi laptop lemot dengan mendefrag disk dapat dipakukan dengan klik menu Start atau tombol Windows, pilih Control Panel, lalu System and Security. Di bawah Administrative Tools, klik Defragment your Hard Drive.

Tips

Terdapat beberapa cara mengatasi notebook lemot agar hal tersebut tidak terulang lagi. Misalnya, mengurangi atau uninstall penggunaan perangkat lunak yang tidak perlu, agar kinerja sumber daya sistem tetap terjaga. Terdapat beberapa tips mengatasi notrbook lemot lainnya, yaitu:

1. Hentikan Program yang Berjalan Otomatis

Menghentikan program yang berjalan otomatis saat melakukan startup dapat membuat laptop lemot. Misalnya adalah aplikasi antivirus. Stop penggunaan otomatis dan gunakan saat memang benar-benar membutuhkan program tersebut.

2. Update Windows, Driver, dan Aplikasi

Banyak yang bilang bahwa meng-update perangkat lunak adalah ide yang bagus untuk keamanan. Ini benar dan juga dapat menjadi salah satu tips mengatasi notebook lemot.

Sistem operasi Windows akan secara otomatis mengirimi pemberitahuan ketika update tersedia. Pastikan kalian tidak terus menundanya. Jika melewatkan nya secara tidak sengaja, maka menu Start – Setting – Security Update – Update Windows.

3. Hapus File yang Tidak Perlu

Data laptop yang terlalu penuh dan berantakan, rupanya dapat mempengaruhi kinerja. Terutama, jika file di dalamnya adalah file-file berukuran besar seperti gambar beresolusi tinggi, file audio, dan video.

Mengosongkan ruang dengan membiasakan menghapus file serta folder setiap minggu dan mengosongkan recycle bin sesudahnya dapat menjadi salah satu tips mengatasi notebook lemot. Ini juga membuat kalian ingat dengan apa yang ada di file dan folder, sehingga tidak akan terlalu khawatir tentang kesalahan menghapus sesuatu yang penting.

4. Temukan File yang Menggunakan Sistem Besar

Jika kalian merasa laptop kalian tiba-tiba lemot secara signifikan, kemungkinan ada program tertentu yang harus disalahkan. Salah satu cara untuk mengidentifikasinya adalah dengan masuk ke Task Manager dan mencari tahu apa yang menghabiskan sumber daya laptop kalian.

Klik kanan taskbar dan pilih Task Manager. Klik More details untuk mengetahui informasi tentang program yang sedang berjalan di laptop dan ini akan menunjukkan Processes Tab secara default.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru