Apa Itu Bipolar? Kenali Cirinya Yang Membuat Mental Terganggu

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Simak selengkapnya mengenai apa itu bipolar, yang dimana istilah ini sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan mental seseorang.

INDIFFS.COM – Mungkin sebagian orang banyak yang bertanya, apa itu bipolar? Karena memang istilah bipolar ini sering dikaitkan dengan kesehatan mental. Dimana, seseorang yang mengalaminya akan merasakan perubahan suasana hati yang drastis.

Tentunya kondisi ini perlu memerlukan penanganan serius, karena dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk meningkatkan risiko bunuh diri pada penderitanya. Namun, tak sedikit orang mengira bahwasannya istilah bipolar ini sama dengan perubahan suasana hati biasa. Untuk itu, simak penjelasannya dibawah agar tak salah paham dari keduanya.

Apa Itu Bipolar?

Bipolar merupakan kondisi kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrim yang meliputi sangat bahagia (mania atau hipomania) menjadi sangat sedih (depresi). Biasanya kondisi ini membuat suasana hati pengidapnya berubah secara tiba-tiba, dari sangat bahagia (mania) menjadi sangat sedih (depresi).

Sementara perubahan suasana hati bisanya ialah perubahan emosi ketika seseorang kehilangan fokus pada suatu hal. Misalnya ketika kamu masih merasa marah lalu mendapat kabar baik dari orang tersayang. Perubahan perasaan dari marah ke bahagia inilah yang disebut perubahan suasana hati atau mood.

Jelas tentunya ini sangat berbeda dari istilah keduanya. Parahnya lagi perubahan suasana yang drastis atau bipolar ini mampu mengganggu dan mengancam kesehatan mental. Karena pasalnya, salah satu gangguan mental ini dapat menyebabkan perubahan drastis suasana hati, energi, tingkat aktivitas, konsentrasi, serta kemampuan untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Ciri-ciri Bipolar

Untuk itu, perlu diketahui beberapa ciri-cirinya yang menjadi pertanda bahwa seseorang memiliki gangguan pada kesehatan mentalnya.

1. Mudah Kehilangan Energi

Ciri pertama yang menjadi tanda bahwa seseorang terkena dengan gangguan kesehatan mental ialah mudanya kehilangan energi. Pada saat kehilangan energi secara drastis, penderitanya akancenderung mudah untuk merasa lelah, letih, dan lesu. Maka dari itu, penderita ini akan dapat merasakan kekurangan energi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari yang dilakukannya.

2. Sulit Konsentrasi

Penderita gangguan kesehatan mental ini akan cenderung kesulitan untuk berkonsentrasi. Bukan tanpa alasan, melainkan penderita ini memiliki pikiran yang meloncat-loncat dari topik satu ke topik yang lain.

Sehingga, seorang yang menderitanya akan merasa kesulitan saat mengerjakan sesuatu hal yang membutuhkan energi maksimal. Pada saat itu, ia justru ditimpa banyak pemikiran yang tak sejalan dengan seharusnya.

3. Berperilaku Tidak Wajar

Ciri selanjutnya yang sering terjadi pada penderita bipolar ialah sering berperilaku yang tidak wajar. Bahkan biasanya ia akan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Hal ini seperti menghabiskan uang dengan membeli barang-barang yang mahal, dan bahkan ia bisa mundur dari pekerjaannya.

4. Merasa Bersalah

Seseorang yang menderita gangguan ini cenderung akan merasa bersalah pada saat kapan pun ia berada. Bahkan ia cenderung mudah merasa bersalah terhadap berbagai hal di sekelilingnya. Hal inilah yang membuat mereka menjadi tak nyaman untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain.

5. Kehilangan Minat Pada Hal Tertentu

Kehilangan minat ini biasa terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Biasanya ia akan banyak kehilangan minat pada aktivitas yang menjadi kegemaran mereka. Misalnya, yang dulunya ia menyukai bermain gitar, rutin olahraga, melukis dan sebagainya, tiba-tiba ia tak menyukainya. Hal ini terjadi di karenakan banyak faktor internal di dalam diri sendiri. Sehingga, mempengaruhi kegemaran yang dilakukannya.

6. Pola Makan Terganggu

Ciri-ciri selanjutnya yakni munculnya perubahan pada pola makan secara drastis. Biasanya ia yang asalanya menyukai makanan tiba-tiba menjadi anti makanan. Hal ini cenderung akan menyebabkan penderitanya mengalami perubahan berat badan pula secara drastis. Tentunya, gejala yang satu ini dapat mengganggu kesehatan tubuh.

7. Tidur Tidak Berkualitas

Seseorang yang memiliki gangguan kesehatan mental ini, cenderung  tidurnya akan terganggu dan menyebabkan tidur nya yang tidak berkualitas. Ia biasanya hanya akan tidur dalam beberapa jam, kurang dari waktu yang seharusnya. Bahkan penderita penyakit ini biasanya senang begadang atau dibarengi dengan insomnia.

Itulah penjelasan seputar apa itu bipolar dan ciri-ciri seseorang yang mengalaminya. Tentunya yang pasti jika seseorang mengalami gangguan tersebut, konsultasikan pada spesialis dokter kesehatan mental. Hal ini dilakukan agar kondisi mentalnya tetap terjaga seperti sediakala.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru