Apa Itu ChatGPT? Kecerdasan Buatan OpenAI yang Sedang Viral

Hani Hnsa 0 Komentar

Sebuah kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bernama ChatGPT tengah ramai dibicarakan di media sosial, khususnya Twitter.

INDIFFS.COM – Sebuah kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) bernama ChatGPT tengah ramai dibicarakan di media sosial, khususnya Twitter. Banyak pengguna yang memanfaatkan teknologi tersebut untuk membuat banyak hal, mulai dari perencanaan marketing, esai tulisan, hingga itinerari perjalanan.

Dilansir dari Indian Express, temuan ini menghebohkan warganet karena ChatGPT digadang-gadang sebagai pengganti Google, karena mampu memberikan solusi untuk masalah yang rumit secara langsung. Chat bot ini mampu menjawab berbagai pertanyaan layaknya guru.

Apa Itu ChatGPT?

Melansir Mashable, ChatGPT, sebuah aplikasi baru yang rilis dari OpenAI memberikan jawaban kepada pengguna ketika memberikan pertanyaan. Kabar baiknya, ChatGPT ini sedang memasuki tahap Free Research Preview, di mana pengguna dapat menjajal aplikasi ini secara gratis.

ChatGPT merupakan robot AI yang dapat mengobrol dengan manusia menggunakan kata yang sangat runtut dan kontekstual. Bahkan, bisa menggantikan hasil mesin pencari Google. Ia merupakan salah satu inovasi dari OpenAI, sebuah lembaga riset berbasis di San Francisco, AS, yang sekarang dalam tahap uji coba publik.

OpenAI merupakan sebuah perusahaan riset yang bergerak di pengembangan kecerdasan buatan. Dua produknya yang paling terkenal adalah DALL-E dan GPT. DALL-E adalah AI yang bisa menghasilkan gambar atau lukisan dari sepotong kalimat, sementara GPT adalah AI pembuat teks.

Kekurangan

Tapi sementara banyak orang kagum dengan kemampuan bot ini, beberapa juga cepat menyadari keterbatasannya. ChatGPT masih rentan terhadap kesalahan informasi dan bias, yang juga mengganggu versi GPT sebelumnya.

Model dapat memberikan jawaban yang salah, katakanlah, masalah aljabar. Karena fakta bahwa ChatGPT tampak begitu yakin dengan jawabannya yang sangat mendetail, orang dapat dengan mudah disesatkan untuk mempercayai bahwa itu benar.

Cara Menggunakan dan Membuat Pertanyaan ChatGPT

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara menggunakan dan membuat pertanyaan ChatGPT:

  1. Link ChatGPT OpenAI dapat diakses melalui URL berikut ini: https://chat.openai.com/auth/login
  2. Kamu dapat mengetuk Log in atau Sign up. Jika belum memiliki akun, silahkan mendaftarkan dengan klik tombol Sign up lalu pilih Create an OpenAI account.
  3. Silahkan masukkan email atau bisa juga menggunakan akun Google (Gmail) dan Microsoft Account.
  4. Ikuti petunjuk yang ada sampai nantinya kamu diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor HP.
  5. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, silahkan pilih Personal Use apabila muncul beberapa opsi yang menampilkan interesting atau ketertarikan pengguna.
  6. Sekarang kamu sudah bisa menggunakan Chat GPT dan melemparkan pertanyaan-pertanyaan yang kamu inginkan.

Jangan khawatir, meskipun Chat GPT ini menampilkan menu dalam Bahasa Inggris, kecerdasan buatan ini juga dapat menjawab pertanyaan Bahasa Inggris. Silahkan mencoba!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru