Apa Itu Critical Thinking? Inilah Manfaat dan Cara Membentuknya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Critical thinking atau berpikir kritis ini sangat memberikan dampak positif, untuk itu ketahui bagaimana cara memiliki kemampuan ini.

INDIFFS.COMCritical Thinking atau kemampuan berpikir kritis ini harus dimiliki oleh setiap orang. Bagaimana tidak, seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi yang semakin canggih di mana berbagai macam informasi bisa diakses melalui ujung jari. Seseorang harus mampu menggunakannya dengan bijak, agar memberi dampak positif.

Uniknya, setiap sudut pandang orang berbeda, sehingga keputusan yang didapatkan nya pun berbeda. Akan tetapi, dengan berfikir kritis atau critical thinking lah mampu mengatasi  dan memecahkan masalah. Maka dari itu, berpikir kritis sangat lah di perlukan.

Apa Itu Critical Thinking?

Critical Thinking atau berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir jernih dan rasional tentang apa yang harus dilakukan atau apa yang harus di percaya. Bisa juga berpikir kritis ini di maknai sebagai sebuah pola pikir yang dimiliki oleh individu agar tidak menerima informasi secara mentah-mentah. Namun, belum tentu orang yang mampu mengingat berbagai macam informasi fakta itu berarti critical thinking.

Critical thinking ini mencakup kemampuan untuk terlibat dalam pemikiran reflektif dan mandiri. Seorang yang berpikir kritis ini mampu menyimpulkan sebuah konsekuensi dari apa yang dia ketahui. Dia juga tahu bagaimana cara memanfaatkan informasi yang telah di dapatkan nya untuk menyelesaikan masalah, mencari sumber informasi yang relevan untuk disampaikan pada dirinya-sendiri.

Manfaat Critical Thinking

Selain mampu untuk mengeluarkan argumentasi, berpikir kritis ini mampu memberikan manfaat bagi diri kamu dan sekitar. Karena dengan berpikir kritis ini mampu memecahkan suatu permasalahan yang terjadi.

  • Meningkatkan Kreativitas

Manfaat yang pertama jika kamu mampu untuk berpikir kritis ini ialah mampu meningkatkan kreativitas. Dengan berpikir kritis ini mampu memainkan sebuah peranan penting dalam mengevaluasi ide-ide baru, memilih yang terbaik, kemudian mampu mengubahnya jika diperlukan.

  • Mampu di Percaya

Orang yang memiliki kemampuan untuk berpikir kritis ini biasanya, dapat mudah di percaya orang lain. Bukan tanpa alasan, melainkan orang yang memiliki kemampuan berpikir kritis ini selalu mengedepankan sebuah data dan fakta, sehingga dapat menghasilkan informasi yang relevan.

  • Lebih Percaya Diri

Manfaat selanjutnya, seseorang yang berfikir kritis ini cenderung akan lebih percaya diri. Hal ini karena seseorang yang berpikir kritis sudah mengetahui resiko keputusan yang dia ambil, untuk itu seseorang yang memiliki kemampuan berfikir kritis akan lebih berhati hati dalam mengambil keputusan.

Cara Membentuk Critical Thinking

Seperti yang telah diketahui bahwa berpikir kritis ini sangatlah penting, untuk itu hal ini harus di tanamkan dalam diri. Kemampuan ini dilakukan secara bertahap, berikut cara yang harus kamu lakukan:

  • Identifikasi Masalah

Dengan mengidentifikasi masalah atau mengenali suatu masalah ini sangat menuntut kamu untuk bisa menjadi seseorang yang berfikir kritis. Karena, dengan mengetahui penyebab, faktor terjadinya masalah akan membuat kamu lebih berpikir kritis untuk mengetahui permasalahan yang terjadi.

  • Kumpulkan Informasi

Cara agar memiliki kemampuan berpikir kritis ini dengan mengumpulkan informasi-informasi yang terjadi. Hal ini membuat kamu mengetahui secara jelas apa yang ingin di tanyakan dan akan membantu kamu untuk menentukan informasi mana yang paling relevan, serta dilakukan berdasarkan data yang dapat dipercaya.

  • Analisis Informasi yang Ada

Jika kamu menerima sebuah informasi, sebaiknya kamu telaah secara rinci terlebih dahulu info tersebut dan jangan langsung percaya begitu saja. Hal ini dilakukan, karena informasi yang di dapat harus dapat di percaya dan dapat di per tanggung jawab kan.

  • Mempelajari dari Sudut Pandang Orang Lain

Dengan mengetahui sudut pandang orang lain, kamu dapat mempelajari gambaran sudut pandang secara utuh dan bisa menjelaskan kenapa kebijakan atau informasi tersebut tidak benar. Hal ini memungkinkan kita menelaah beragam informasi, serta mampu untuk mengevaluasi pilihan sendiri.

Demikian penjelasan tentang apa itu critical thinking atau berpikir kritis, yang memiliki berbagai manfaat dan sangat berpengaruh baik bagi diri sendiri dan lingkungan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru