Apa Itu Dancesport? Olahraga yang Dilakukan Siswa SMPN 1 Ciawi

Hani Hnsa 0 Komentar

Istilah Dancesport muncul setelah viral aksi sepasang pelajar dari SMPN 1 Ciawi, hingga mendapat dukungan dari artis internasional Agnez Mo.

INDIFFS.COM – Dancesport mungkin kurang familiar di telinga masyarakat awam. Namun, istilah itu kemudian mulai sering muncul setelah viral aksi sepasang pelajar dari SMPN 1 Ciawi, hingga mendapat dukungan dari artis internasional Agnez Mo.

Viralnya video siswa SMPN 1 Ciawi, Bogor, Jawa Barat yang berdansa di hadapan teman-temannya, membuat wawasan harus bertambah.

Sebelumnya sebagian orang menilai, dua siswa SMPN 1 Ciawi tersebut sangat piawai berdansa dengan indah. Namun, ada yang menyebut, siswa yang berdansa tersebut bisa merusak bangsa.

SMPN 1 Ciawi Bogor pun memberikan pernyataan resmi, terkait tarian siswa-siswinya yang viral. Rupanya, mereka adlah atlet cabang olahraga Dance Sport, pemenang medali emas PORPROV Jabar 2022.

Kami luruskan, mereka ini altet yang ikut atas nama pribadi dan dilatih oleh pelatih profesional Kabupaten Bogor untuk ikut dalam ajang PORPROV JABAR 2022 dan berhasil menyumbangkan 3 medali emas,” tulis akun Instagram @smpn1ciawi_bogor.

Sejarah

Sejarah dance sport awalnya dilakukan untuk kegiatan sosial agar berbaur satu sam lain. Namun pada awal abad ke 20 seorang pengusaha asal Prancis, Camille de Rhynal dan beberapa penari berbakat menambahkan unsur kompetisi pada pesta dansa yang sering mereka selenggarakan. Sehingga dansa dibagi dua aliran yaitu dansa sosial dan dance sport.

Kejuaraan dunia dance sport pertama kali dilaksanakan tahun 1936 di Bad Nauheim, Jerman. Kejuaraan ini diikuti oleh 15 pasang penari dari 15 negara yang berasal dari tiga benua.

Sempat terhenti akibat perang dunia, saat ini dance sport diselenggarakan kembali oleh beberapa federasi tari internasional seperti World Dancesport Federation, International Dance Organization.

Apa Itu Dancesport?

Mengutip Dancesport ID, dance sport adalah dansa berpasangan yang dipertandingkan dan dilakukan di sebuah aula atau lebih dikenal dengan sebutan competitive ballroom dancing.

Menurut World Dance Sport Federation (WDSF), dancesport merupakan aktivitas yang menggabungkan tarian dan olahraga. Gerakan ini dapat meningkatkan kualitas fisik dan mental, membangun hubungan sosial serta mendapatkan hasil dari kompetisi pada semua level.

Bahkan dansa menjadi olahraga resmi yang yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON). Selain itu, dansa juga dipertandingkan di SEA Games dan Asian Indoor Games.

Dancesport memadukan antara gerakan tari dengan penguasaan teknik dan stamina fisik. Bahkan, pedansa dituntut untuk tetap bergerak dengan tersenyum. Hasilnya, sebuah pertunjukan artistik dan serasi dengan musik pengiringnya.

Prinsip dasar dancesport dikatakan tidak jauh berbeda dari senam ritmik atau bahkan olahraga bela diri seperti pencak silat. Namun, sebagai suatu cabang olahraga, dansa juga membutuhkan keterampilan fisik, ketepatan teknik, stamina yang kuat, dan kekuatan mental yang baik.

Gaya dansa dalam dancesport juga dibagi menjadi dua yaitu International style dan American style. Indonesia kebanyakan menerapkan International Style Latin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru