Apa Itu Effort? Kenali Bentuk-Bentuknya Agar Hubungan Langgeng

Hani Hnsa 0 Komentar

Apa itu effort dalam hubungan? Ketahui pengertian dan bentuk-bentuknya di artikel ini agar hubungan semakin langgeng.

INDIFFS.COM – Apa itu effort dalam hubungan? Pertanyaan ini mungkin terlintas dalam benak beberapa orang yang tengah berusaha membangun hubungan romansa dengan lawan jenis atau hanya sedang ingin tahu saja.

Secara sederhana, effort sendiri artinya adalah usaha atau upaya. Effort adalah segala bentuk tindakan baik berupa tindakan fisik atau pikiran yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Apa Itu Effort Dalam Hubungan?

Menurut laman Marriage, effort dapat diartikan dengan upaya memperhatikan kebutuhan pasangan. Bukan soal materi yang diberikan, tapi lebih kepada upaya membuat satu sama lain merasa saling dicintai, dihargai, dan diinginkan.

Sebagai contoh, bagi pasangan long distance relationship alias LDR, momen khusus seperti hari ulang tahun atau anniversary terasa lebih berbeda karena harus merayakannya dengan terpisah oleh jarak. Ketika salah satu pihak rela jauh-jauh menghampiri pasangannya demi bisa merayakan momen itu bersama-sama, itulah yang disebut dengan effort.

Effort dalam hubungan juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih sederhana. Misalnya, menjadi pendengar yang baik untuk pasangan dan selalu ada saat pasangan membutuhkan.

Effort dipercaya menjadi salah satu landasan utama dalam keberhasilan suatu hubungan. Apabila ingin hubungan berjalan lancar dan langgeng, masing-masing pihak sebaiknya saling menunjukkan effort yang lebih.

Jangan terlalu masuk ke zona nyaman, meskipun hubungan yang dijalin sudah lama dan kamu merasa sudah memenangkan hatinya. Memberi effort terbaik dalam hubungan juga penting untuk membuat satu sama lain merasa istimewa dan diinginkan selamanya.

Bentuk Effort Dalam Hubungan

Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua strategi. Setiap hubungan itu unik. Akan tetapi, yang menentukan kualitas suatu hubungan adalah seberapa besar effort yang kamu lakukan dan seberapa kuat keinginan kamu untuk membuat hubungan kamu berhasil.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah bentuk-bentuk effort yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan tetap berjalan harmonis:

  • Prioritas

Bentuk yang pertama untuk menunjukkan effortt dalam hubungan adalah memprioritaskan pasangan. Mengucapkan ‘aku mencintaimu’ saja tidak cukup, tetapi harus ditunjukkan secara nyata dengan meluangkan waktu untuk berkencan, deep talk, atau sekedar menemani pasangan melakukan aktivitasnya.

Perlu diingat, menempatkan pasangan di skala prioritas teratas bukan berarti menggeser kepentingan lain yang sifatnya lebih mendesak. Jika memang sedang tidak memiliki waktu untuk menghabiskan waktu bersamanya, kamu bisa menyiasatinya dengan menunjukkan effort melalui komunikasi.

  • Komunikasi

Selain prioritas, komunikasi juga menjadi bentuk upaya terbesar dalam hubungan. Bicaralah dengan pasangan tentang segala hal.

Memulai percakapan, mengajukan pertanyaan dan terlibat saat pasangan berbicara. Berdebat, berargumen juga tidak apa-apa, tetapi jangan lupa untuk menyelesaikannya.

  • Peduli

Tunjukkan minat pada kehidupan pasangan. Kamu mungkin berpikir sudah mengenal pasangan dengan baik tetapi semua orang juga berubah. Artinya, kamu harus terus mengenal pasangan.

Berpartisipasilah dalam kegiatan yang disukai pasangan. Jika pasangan bekerja untuk mencapai tujuan tertentu, bantu dan dorong untuk berhasil. Dukung impian dan ambisi pasangan. Kurangnya minat dalam kehidupan pasangan berarti kurangnya usaha dalam suatu hubungan

  • Perhatikan

Jika ingin melakukan lebih dari upaya minimum dalam hubungan, perhatikan pasangan kamu. Mulailah memberikan perhatian mulai dari hal-hal kecil hingga perubahan besar. Dan, tentu saja, beri tahu pasangan tentang hal itu

  • Saling Berbagi

Salah satu effortt terbesar yang dapat ditunjukkan dalam hubungan adalah kemauan untuk meredam ego dan saling berbagi satu sama lain. Kedua belah pihak harus mau meluangkan waktu, berkorban, dan berkompromi demi mewujudkan hubungan yang berkualitas.

Itulah penjelasan mengenai effort dalam sebuah hubungan. Ingat, effortt dalam hubungan harus dilakukan oleh kedua belah pihak. Jika tidak, hubungan akan timpang dan menjadi tidak sehat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru