Apa Itu Jamur Ringworm? Kenali Gejala & Cara Mengobati

Resa Azzahra 0 Komentar

Jamur Ringworm Yaitu Infeksi Kulit Umum Yang Disebabkan Oleh Jamur. Gejala Ruam Melingkar & Warna Merah Yang Gatal, Berikut ini Ulasannya

IndiffsJamur Ringworm yaitu infeksi kulit umum yang disebabkan oleh jamur, dengan gejala ruam melingkar dengan berbentuk seperti cincin dan memiliki warna merah yang gatal. Ringworm mempunyai banyak nama dan jenis. Istilahnya infeksi kulit ini adalah “tinea” atau “dermatofitosis”. Jenis infeksi ini biasanya didasarkan pada bagian tubuh.

Tinea dan jamur Ringworm adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh dermatofit yakni, golongan jamur kulit yang termasuk dalam genus Microsporum, TrTrichophyton dan Epidermophyton. penyakit ini dinamakan dermatofiosis atau ringworm, yang berupa bercak-bercak bulat.

Jenis jamur yang berbeda dapat menyebabkan ringworm, yaitu Trichophyton, Microsporum, dan Epidermophyton. Kemungkinan jamur tersebut dapat hidup dalam waktu lama sebagai spora di tanah, lalu manusia dan hewan dapat terjangkit ringworm setelah kontak langsung dengan tanah.

Infeksi juga dapat menyebar melalui kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi dan menyebar saat berbagai barang yang ter kontaminasi jamur ini rentan terjadi pada anak-anak.

Jamur Ringworm

Jamur Ringworm – Bicara Berita

Jamur ini dapat terbagi menjadi beberapa jenis dengan nama yang berbeda, tergantung dimana infeksi ini memengaruhi tubuh yakni.

  • Athlete’s foot (tinea pedis). Nama lainnya adalah kutu air. Merupakan istilah untuk infeksi ringworm pada kaki. Sering dialami oleh orang yang sering bertelanjang kaki di tempat umum di mana infeksi dapat menyebar, seperti ruang ganti, kamar mandi, dan kolam renang.
  • Ringworm of the body (tinea corporis). Sering muncul sebagai bercak atau ruam dengan bentuk yang khas, yaitu seperti cincin bulat.
  • Jock itch (tinea cruris). Mengacu pada infeksi ringworm pada kulit di sekitar selangkangan, paha bagian dalam, dan bokong. Kondisi ini sering terjadi pada pria dan remaja laki-laki.
  • Ringworm of the scalp (tinea capitis). Ditandai dengan munculnya sisik di kulit kepala yang berkembang menjadi bercak-bercak yang gatal dan bersisik. Paling umum terjadi pada anak – anak.

Gejala Jamur Ringworm

Seiring berjalannya waktu, benjolan menjadi tambalan berbentuk cincin yang melingkar, kemudian bisa berubah menjadi beberapa benjolan cincin yang mulai menyebar, bagian ini biasanya berwarna bening atau bersisik. Untuk bagian luar sedikit terangkat dan bergelombang.

Gejala Ringworm di kepala, biasanya dimulai dengan luka kecil atau benjolan, hal ini bisa menjadi terkelupas dan bersisik dari kulit kepala sehingga terasa lembut dan sakit saat disentuh. Selain itu, orang yang mengalami gejala ini akan mulai merasakan rambut semakin rontok.

Cara Mengobati Jamur Ringworm

Caranya kamu hanya perlu mengoleskan obat antijamur yang mengandung clotrimazole (Cruex, Desenex, Lotrimin), miconazole (Monistat-Derm), ketoconazole (Nizoral) dan terbinafine (Lamisil). Pada infeksi yang berat atau pada tubuh yang resistan seperti kulit kepala atau kuku, pengobatan luar dengan terbinafine, itraconazole (Sporanox), and fluconazole (Diflucan) sangat diperlukan.

Untuk tips pencegahan nya, yang harus kamu lakukan yakni.

  1. Mandi lah dengan benar setelah berolahraga yang mencakup kontak kulit ke kulit
  2. Gunakan pakaian yang longgar. Ganti kaos kaki dan pakaian dalam setidaknya sehari sekali
  3. Jagalah kulit Anda agar tetap bersih dan kering, serta selalu keringkan tubuh Anda setelah mandi
  4.  Jika Anda memiliki kaki atlet, gunakan kaos kaki sebelum memakai pakaian dalam, sehingga jamur tidak tersebar dari kaki ke selangkangan Anda
  5. Bawalah peliharaan Anda jika memperlihatkan gejala seperti beberapa rambut hilang atau rontok, yang mungkin bisa menjadi tanda dari infeksi jamur ringworm
  6. Jangan pernah saling bertukar pakaian dengan orang lain maupun benda yang sudah ter-kontaminasi.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru