Apa Itu Love Bombing? Istilah Yang Sempat Viral Di Tik-Tok

Resa Azzahra 0 Komentar

Love Bombing adalah suatu manipulasi emosional yang dilakukan untuk mendapatkan kontrol atas diri seseorang. Berikut ulasan mengenai bom cinta

Indiffs – Belakangan ini istilah Love Bombing menjadi perbincangan banyak orang. Banyak orang yang belum mengetahui apa itu artinya love bombing

Ketika seseorang terlibat dalam hubungan romantis, maka akan tumbuh kecenderungan untuk mencurahkan kasih sayang dan perhatian. Curahan kasih sayang dan perhatian berlebih ini bisa menjadi indikator atau praktik manipulatif untuk mencapai tujuan tertentu. Hal ini bisa di kaitkan sebagai fenomena Love Bombing atau bom cinta.

Apa Itu Love Bombing

Love Bombing, istilah yang viral di Tik-Tok ini banyak dicari oleh banyak orang. Love Bombing adalah suatu manipulasi emosional yang dilakukan untuk mendapatkan kontrol atas diri seseorang. Hal ini bisa di contoh kan seperti hal nya memberikan perhatian berlebih kepada pasangan, sehingga pasangan merasa seperti orang yang di proritaskan. Dengan begitu, seseorang akan merasa bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhannya.

Setiap orang dapat merasakan dimabuk cinta, tetapi bom cinta merupakan gejala gangguan kepribadian narsistik. Para pelaku love bombing biasanya tidak menyadari apa yang mereka lakukan.

Pelaku bom cinta akan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan seseorang yang mereka sukai dan setelah itu mereka akan merasa aman dalam hubungan yang dijalani. Namun, setelah itu para pelaku bom cinta akan berubah menjadi kasar, manipulatif, dan sulit untuk dipahami. Dan sebaiknya kamu lebih berhati-hati.

Tanda-Tanda Love Bombing

Untuk mencegah terjadinya love bombing, kamu perlu mengetahui tanda-tanda love bombing ini. Karena pasangan love-bombing adalah pemberian hadiah yang luar biasa, sanjungan obsesif, pesan gratis yang konstan, dan selalu mengharapkan balasan segera. Untuk itu yuk kenali tandanya berikut ini:

  1. Cepat Mengucapkan Kata “Cinta” . Perlu kamu ketahui bahwa perasaan cinta bukanlah sesuatu yang instan, melainkan membutuhkan proses, itulah kenapa kamu sangat perlu sedikit berhati-hati saat seseorang menyatakan cinta dalam kurun waktu yang sangat singkat.
  2. Memberikan Kasih Sayang Berlebih. Tak hanya yang sudah di jelaskan di poin pertama, pelaku bom cinta ini kerap menunjukan rasa cinta nya secara berlebih. Walaupun gestur ini mungkin dianggap manis, tak ada salah nya juga kamu untuk lebih berhati-hati. Hal ini bertujuan untuk menjaga hati agar tak salah menepatkan hati.
  3. Sering Mengatakan Hal Yang Kamu Suka. Pelaku bom cinta sangatlah lihai mengutarakan kata-kata manis yang ingin kamu dengar, bukan karena mereka peduli, tetapi mereka ingin membuatmu merasa nyaman dan memanfaatkan rasa nyaman tersebut di kemudian hari.
  4. Sering Memuji. Pelaku bom cinta biasanya gemar menghujani dengan sederet pujian seperti betapa sempurnanya dirimu. Jika kamu bisa ‘termakan’ dengan pujian-pujian ini, bukan tidak mungkin jika nantinya kamu akan mengabaikan berbagai hal buruk yang ia lakukan hanya karena ia kerap memujimu.
  5. Hubungan Bergerak Terlalu Cepat. Bayangkan saja, jika tiba-tiba si dia mengajak untuk bertemu orang tuanya atau mengajak Anda berlibur, padahal kalian belum lama jadian, bukan tidak mungkin jika kamu akan merasa senang, kan? Padahal, pelaku bom cinta kerap melakukan hal tersebut agar korban merasa ‘tenggelam terlalu jauh’ dan semakin sulit untuk melepaskan hubungan tersebut.
  6. Menyalahkan Kebiasaan Pasangan. Pelaku bom cinta meyakini bahwa pasangannya itu harus bertanggung jawab atas semua perilaku buruk mereka. Sehingga mereka lebih memilih untuk menyalahkan kebiasaan dan kesalahannya. Padahal, pasangan yang ideal sebaiknya bisa memberikan semangat dan kepercayaan yang membangun.
  7. Terlalu Posesif. Pelaku bom cinta merasa punya hak sepenuhnya terhadap kehidupan pasangan sendiri. Mereka berharap banyak agar pasangan selalu ada di sampingnya di mana dan kapan saja. Ketika pelaku merasa kecewa hingga berpotensi melakukan tindakan agresif terhadap pasangannya. Lalu, mereka bakal mencoba untuk memanipulasi hubungan dengan mengatakan bahwa pasangan ngga menghargai usaha yang diberikan.

Dan itulah pengertian Love Bombing dan tanda-tanda love bombing yang perlu kamu ketahui.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru