Apa Itu Manipulatif? Kenali Ciri-Ciri yang Merugikan Orang Lain

Hannii 0 Komentar

Manipulatif adalah salah satu sifat buruk yang sebaiknya dihindari. Sifat manipulatif terkadang juga merugikan orang lain yang di manipulasi.

INDIFFS.COM – Manipulatif adalah salah satu sifat buruk yang sebaiknya dihindari. Mengutip WebMD, sifat manipulatif bisa dialami siapa saja. Bahkan, setiap orang sejatinya memiliki sifat manipulatif. Tapi ada yang jelas sekali dan sering muncul, ada yang hanya sesekali. Sifat manipulatif terkadang juga merugikan orang lain yang di manipulasi.

Banyak yang perlu kamu pahami tentang sifat manipulatif. Mulai dari pengertiannya, ciri-cirinya, penyebab, dan bahayanya. Yang paling penting dan pasti ingin kamu ketahui adalah bagaimana cara menghadapinya.

Pengertian

Manipulatif merupakan salah satu cara seseorang supaya hubungan tersebut bisa mengikuti sesuai dengan apa yang diinginkannya dan hal itu dapat mempengaruhi emosi bahkan mental orang lain. Manipulatif ini sering menggunakan kelemahan orang lain untuk menyerang seseorang supaya dapat memanfaatkan bahkan mengontrol korbannya supaya mengikuti keinginannya.

Orang yang suka melakukan manipulatif disebut manipulator. Manipulator ini mempunyai trik yang biasa digunakan supaya korbannya merasa cara yang dilakukannya menjadi tidak rasional dan menyerah. beberapa contoh yang dilakukan oleh manipulator adalah dengan cara merasa bersalah, mengeluh, suka berbohong, suka membanding-bandingkan, menyalahkan keadaan, serta yang paling parah adalah mempermainkan pikiran seseorang.

Ciri-Ciri Orang Manipulatif

Seseorang yang bertindak manipulatif ternyata memiliki ciri-ciri tersendiri. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa ciri tindakan manipulatif yang perlu dipahami:

  • Merusak Kepercayaan

Manipulator bisa melakukan apapun yang mereka bisa untuk menjatuhkan orang lain. Manipulator emosional akan berusaha mencari kerentanan orang lain dengan tujuan mengeksploitasi mereka.

Bahkan, orang yang manipulatif juga dapat menciptakan hubungan dengan orang-orang yang paling rentan dan bisa dikendalikan entah itu secara sadar maupun tidak sadar.

  • Berpura-pura Bodoh

Orang yang manipulatif bisa bertindak seolah-olah mereka tidak memahami permintaan orang lain hanya untuk meloloskan diri. Di lain waktu, mereka mungkin akan berpura-pura tidak mengerti guna menggoyahkan kepercayaan diri orang lain.

Saat mereka menggunakan taktik ini, kemungkinan besar mereka sedang menyembunyikan sesuatu atau menghindari kewajiban yang seharusnya mereka lakukan.

  • Membuat Orang Lain Menjadi Merasa Bersalah

Orang yang manipulatif akan melakukan apa saja untuk membuat orang lain merasa bingung dan lemah. Seringkali, mereka melakukan hal ini dengan cara mengacak-acak otak orang lain menggunakan permintaan maaf dan rasa bersalah.

Dikarenakan seorang manipulator cenderung kesulitan menerima tanggung jawab atas perilaku mereka, maka mereka akan berusaha menemukan cara untuk membalikkan keadaan dengan membuat orang lain merasa bersalah atau buruk.

  • Membolak-Balikkan Fakta

Menyambung ciri-ciri ketiga, tanda keempat seseorang termasuk manipulatif adalah dia sering membalikkan fakta. Manipulator sering menyampaikan kebohongan dan karangan yang dapat membingungkan orang lain dan justru membuat orang lain merasa bersalah.

Manipulator juga memanfaatkan kebohongan dan fakta yang dikaburkan itu untuk membuat orang lain memaklumi kesalahan mereka. Misalnya dalam sebuah konflik, seseorang berusaha terlihat bahwa dirinya adalah korban alih-alih pelaku. Kecenderungan ini dikenal juga dengan istilah playing victim.

  • Si Paling-Paling

Istilah ini populer belakangan di media sosial. Si paling paling adalah orang yang merasa paling sesuatu ketika membahas topik tertentu. Misalnya ada yang membahas tentang kesedihan, manipulator akan muncul dan bilang bahwa dirinya lah yang lebih sedih atau paling sedih.

Manipulator dengan ciri ini berusaha untuk menunjukkan masalah mereka sendiri dan mengecilkan masalah orang lain. Jangka panjangnya, manipulator ingin kamu juga pusing memikirkan masalah mereka alih-alih masalah mu sendiri. Salah satu kalimat populer: “Kamu mah mending, lah aku…”

  • Suka Menyangkal

Taktik menyangkal atau suka menghindari adalah salah satu taktik yang digunakan seorang manipulator dalam menjalankan misinya. Hal tersebut supaya orang yang dituju bisa membuat dan merasa bersimpati kepadanya.

Mungkin awalnya kamu akan merasa bersalah namun jika kamu ragu bahwa si manipulator salah, trik yang dilakukan oleh si manipulator akan membuat kamu terus memaafkan apa yang sudah dilakukannya.

  • Egois

Manipulator cenderung lebih sering mementingkan dirinya sendiri atau bisa disebut egois. Manipulator tidak akan pernah peduli dengan kepentingan yang orang lain lakukan bahkan tidak segan-segan mereka akan mengganggu orang lain supaya apa yang diinginkannya tercapai. Walaupun orang lain merasa sudah dirugikan, dia tidak akan peduli dan akan tutup mata bahkan tutup telinga.

  • Terlalu Cepat Merasa Akrab

Pernahkah kamu berkenalan dengan orang baru dan tiba-tiba mereka membicarakan hal yang sangat personal? Dia mungkin tipe orang yang senang bercerita. Tapi bisa juga dia adalah seseorang yang manipulatif.

Manipulator emosional cenderung merasa cepat akrab dalam fase perkenalan dan seolah-olah mau membagikan rahasia ter-dalam mereka. Sebenarnya ini adalah trik orang manipulatif untuk mendapatkan rahasia ter-dalam mu atau mendapatkan sesuatu yang sangat privat darimu.

Contoh manipulasi nya, kamu berkenalan dengan seseorang lewat aplikasi kencan. Kalian bertukar cerita lewat chat atau saat ketemu. Tahu-tahu dia mengajak mu menginap karena merasa sudah dekat. Bisa juga ditandai dengan kalimat seperti, “Aku cerita rahasia ku begini cuma sama kamu kok.”

Ciri ini mungkin juga akan kamu rasakan saat berinteraksi dengan orang ber profesi tertentu, seperti psikolog yang menanyakan riwayat kesehatan jiwamu atau wartawan yang menanyakan informasi penting padamu sebagai saksi mata suatu kejadian. Tapi itu bukan berarti mereka orang manipulatif ya. Mereka hanya menjalankan tugas.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru