Apa itu Multitasking? Yang Sering Dikaitkan dengan Pekerjaan

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Apa itu sebenarnya multitasking yang sering dikaitkan dengan produktivitas bekerja? Untuk itu simak selengkapnya artikel berikut ini!

INDIFFS.COM – Istilah multitasking ini mungkin tidak asing didengar, apalagi bagi para pekerja. Istilah ini sering dikaitkan dengan produktivitas pekerjaan seseorang, dimana jika seseorang memiliki kemampuan ini berarti ia mampu melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan.

Memang aktivitas ini membutuhkan kelincahan otak untuk konsentrasi dalam mengerjakan beberapa hal sekaligus. Bahkan, ada beberapa orang yang mengapresiasi konsep mulitasking karena dianggap lebih produktif.

Walaupun dinilai hebat karena dapat melakukan berbagai pekerjaan dalam waktu bersamaan, namun lebih dari pada itu, karena ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai istilah yang satu ini.

Untuk itu, simak artikel berikut ini mengenai penjelasan apa itu multitasking, kelebihan, cara penerapan dan dampak buruk yang di dapatkan.

Apa Itu Multitasking?

Multitasking ini merupakan kemampuan seseorang dalam mengerjakan dua atau lebih pekerjaan secara sekaligus. Pekerjaan tersebut bisa dilakukan secara bersamaan atau pun berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Serta sering dilakukan secara bergantian dengan waktu yang terbilang singkat.

Dapat disimpulkan bahwa ini adalah perilaku manusia ketika mengerjakan tugas secara bersamaan dalam satu waktu dengan harapan supaya cepat selesai, biasanya tugas tersebut berjumlah lebih dari dua.

Sebagai contoh, seseorang yang berbincang dengan teman atau rekan kerja sambil bermain ponsel, seseorang yang mengerjakan tugasnya sembari mengecek media sosial, atau pun mengasuh anak.

Kelebihan Multitasking

Ada beberapa kelebihan atau manfaat yang akan di dapatkan jika kamu menerapkan konsep ini.

1. Menghemat Waktu

Mengerjakan beberapa pekerjaan secara sekaligus, tentunya ini akan mempercepat pekerjaan kamu agar segera selesai. Karena kamu dapat mengerjakan dua atau lebih pekerjaan di waktu yang sama, maka akan menghemat waktu. Dengan ini, kamu dapat melakukan kegiatan lain setelah pekerjaanmu selesai.

2. Lebih Kreatif

Memang kemampuan ini tidak dimiliki oleh setiap orang, namun cenderung ketika seseorang memiliki kemampuan ini cenderung lebih kreatif, serta memiliki ide yang lebih banyak. Bahkan, ada sebuah penelitian yang mengemukakan bahwa orang yang dapat multitasking cenderung lebih kreatif dibanding orang-orang yang tidak bisa multitasking.

3. Pekerjaan Lebih Cepat Selesai

Jika kamu menerapkan konsep ini, kamu akan melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan. Otomatis tentunya ini akan membuat pekerjaan kamu lebih cepat selesai dan bisa mengerjakan pekerjaan hal lainnya.

Strategi Menerapkan Multitasking

Berikut ada beberapa strategi atau cara yang harus kamu lakukan terhadap penerapan multitasking:

1. Menentukan Skala Prioritas

Jika kamu ingin menerapkan kemampuan ini, lakukanlah dari pekerjaan yang penting dahulu atau yang lebih di prioritaskan. Tentunya jika kamu menginginkan hasil yang maksimal, lakukanlah pekerjaan berdasarkan tingkat kesulitan karena semakin lama bekerja akan membuat otak semakin lelah. Itulah mengapa menentukan skala prioritas dengan kemampuan otak kamu jauh lebih penting.

2. Menentukan Deadline

Cara penerapan selanjutnya agar kemampuan ini memberikan dampak baik bagi kamu ialah dengan menentukan deadline. Hal ini dilakukan agar pekerjaan kamu lebih terencana. Dengan membuat deadline ini akan membantu kamu dalam mengerjakan pekerjaan menjadi lebih terorganisir.

3. Membuat To do List

Jika pekerjaan kamu sudah terorganisir buatlah To Do List agar Lebih teratur dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Kamu bisa menyusun daftar yang harus dilakukan, mulai dari hal kecil hingga hal terpenting.

4. Disiplin Waktu

Tentunya dengan disiplin waktu ini tidak akan membuat kamu menunda-nunda pekerjaan, karena hal ini hanya akan membuatnya semakin menumpuk dan membuang-buang waktu saja.

Dampak Buruk

Dibalik kelebihan dan manfaat yang akan didapatkan, ternyata dengan menerapkan konsep ini ada beberapa kekurangan atau dampak yang akan didapatkan.

1. Daya Ingat Akan Terganggu

Ketika kamu mengerjakan beberapa pekerjaan dalam sekaligus, otomatis target yang akan kamu lakukan ialah kecepatan dalam mengerjakannya. Sehingga, apabila kamu melakukan pekerjaan secara cepat dan terburu buru, ini akan membuat kamu tidak memperhatikan secara detail yang terjadi. Dengan ini, akan mengganggu daya ingat kamu terhadap sesuatu yang berada pada bagian bagian terperinci.

2. Kesehatan Terganggu

Dampak buruk selanjutnya yang akan kamu dapatkan jika melakukan kemampuan ini, mungkin cenderung kesehatan kamu akan terganggu. Karena pada saat kamu mengerjakan pekerjaan secara sekaligus, mungkin kamu akan fokus pada pekerjaan tersebut dan cenderung melupakan kesehatan tubuh kamu. Bahkan, ada sebuah peneliti yang menyatakan bahwa, densitas otak orang yang sering multitasking dapat menjadi lebih rendah, khususnya pada bagian cingulate anterior.

3. Menambah Stres

Melakukan pekerjaan secara bersamaan, ini membutuhkan kapasitas otak dan energi yang lebih. Sehingga mengerjakan dua pekerjaan sekaligus berarti beban kerja yang kamu tanggung juga lebih banyak. Beban kerja yang lebih besar itu dapat membuat orang lebih lelah serta meningkatkan stres dan bahkan ini bisa memicu terjadinya born out.

Lantas Harus Bagaimana?

Memang terdapat beberapa kelebihan yang akan didapatkan ketika mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Namun, dibalik semua ini ada beberapa resiko yang di dapatkan dan bahkan membuat kesehatan kamu menjadi terganggu.

Untuk itu, kamu harus meminimalkan dampak negatif multitasking, dan disarankan untuk tidak mengerjakan terlalu banyak hal sekaligus. Serta batasi mengerjakan pekerjaan terlalu banyak, karena ini akan membuat kamu tidak fokus.

Demikian penjelasan mengenai Multitasking, kelebihan dan cara penerapanya. Namun, jika kemampuan ini tidak diasah dengan benar maka hal itu akan percuma dan tidak memberi dampak apa-apa baginya, bahkan bisa memberikan dampak buruk bagi diri kamu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru