Apa Itu Papiloma? Yuk, Kenali Gejala Penyebab dan Mengatasinya

Resa Azzahra 0 Komentar

Papiloma Adalah Istilah Medis Untuk Menggambarkan Tumor Di Kulit Atau Selaput Lendir Lainnya, Penyakit Ini Dapat Mengakibatkan Kanker Bahaya

IndiffsPapiloma adalah istilah medis untuk menggambarkan tumor di kulit atau selaput lendir lainnya. Benjolan papiloma biasanya jinak, namun sebagian kecil penyakit ini akan meningkat ke risiko kanker dan dapat muncul di berbagai bagian tubuh.

Selain rentan terjadinya tumor ganas, papiloma yang tidak ditangani dengan tepat akan mengancam kesehatan. Komplikasi penyakit ini dapat menyebabkan penurunan fungsi organ, gangguan saluran pernapasan, kencing, rahim, leher dan lainnya.

Gejala Papiloma

Gejala ini terdapat beberapa ragam, tergantung pertumbuhan dan tingkat keparahan penyakit. Sebagian gejala ini yang terdapat di kulit tidak kentara atau hanya terlihat seperti kutil yang mengganggu penampilan.

Gejala ini bisa menyebar kepada payudara wanita yang menyebabkan keluarnya cairan encer atau berdarah dari putih. Sedangkan yang tumbuh di hidung, mata atau sinus tak jarang menyebabkan masalah di daerah sekitarnya.

Jika papiloma tumbuh di laring, gejalanya bisa sampai mengganggu pernapasan yakni seperti sesak nafas, suara serak, tangisan menjadi pelan, lemas dan kasus yang sering terjadi adalah sesak nafas yang diakibatkan oleh papiloma.

Penyebab Papiloma

Sebagian penyebab dari papiloma diakibatkan oleh HPV yang berperi sebagai tumor ini, selain disebabkan oleh HPV ada gaya hidup yang harus diperhatikan diantaranya hormonal, kondisi sosial dan ekonomi yang rendah serta kebersihan yang buruk.

Infeksi saluran nafas kronis dan kelainan sistem kekebalan tubuh dapat memicu papiloma laring. Untuk papiloma di saluran kencing, seseorang terkena infeksi HPV yang menjadi parah dengan mengutak atik kulit hingga terinfeksi.

Jika ingin memeriksakan ke dokter, setidaknya tunggu saja dan jangan memotong nya sendiri karena tindakan ini dapat menyebabkan kulit berpindah, menular pada orang lain serta infeksi.

Cara Mengatasi

Sebagian orang yang melakukan perlawanan termasuk pengelupasan operasi hingga laser untuk menghilangkan nya. Namun, perawatan itu sangatlah mahal dan menyebabkan kulit menjadi iritasi. Kamu bisa menggunakan cara dan bahan alami seperti:

1. Bawang Putih

Komponen utama bawang putih memiliki efek mikroba dan dapat menghancurkan enzim dalam patogen berbahaya. Untuk mengobati nya dengan bahan ini, cukup hancurkan 1 siung dan campurkan pada kutil lalu tutup dengan perban. Ulang setiap 3 kali sehari. Selain itu, kamu dapat mengoleskan jus bawang atau menggosok kan satu siung.

2. Kulit Jeruk

Kulit jeruk adalah bahan yang populer untuk digunakan sebagai obat alami. Ada data ilmiah yang mendukungnya, kamu bisa menggosok kulit jeruk ini pada yang kamu tuju dan papiloma atau kutil akan berubah warna menjadi menggelap lalu rontok, kamu bisa gunakan cara ini dalam waktu dua minggu maupun lebih.

3. Kulit Pisang

Kalsium yang terdapat pada kulit pisang dipercaya dapat melawan HPV, tetapi tidak ada mengaitkan potasium dengan pengobatan kutil atau infeksi kulit akibat virus. Jika kamu ingin mencobanya, cukup oleskan kulit pisang dan ulang setiap hari.

Jika penyakit kamu sudah tak termasuk ringan, sebaiknya segera konsul dengan dokter agar diberikan penanganan yang tepat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru