Apa Itu Self Awareness? Kenali Tanda, Lebih Pahami Diri Sendiri

Resa Azzahra 0 Komentar

Self Awareness Atau Kesadaran Diri Merupakan Salah Satu Kemampuan Seseorang Dalam Memahami Perasaan. Berikut Ulasan yang Bisa Kamu pahami

IndiffsSelf awareness atau kesadaran diri merupakan salah satu kemampuan seseorang dalam memahami perasaan, pikiran dan evaluasi diri. Sehingga hal ini akan membantu seseorang dalam memahami kekuatan, dorongan, kelemahan sampai nilai yang ada di dalam dirinya sendiri dan juga orang lain.

Faktor yang mempengaruhi kesadaran diri seseorang dapat disimpulkan bahwa komponen atau dimensi kesadaran diri meliputi emosi, percaya diri, komponen psikologi, fisik, lingkungan, pilosopi dan penilaian diri secara akurat.

Berikut tanda-tanda Self Awareness dalam diri.

1. Mengakui Kesalahan & Menjadikan Pelajaran Hidup

Pelajaran hidup

Pelajaran hidup – Bola.com

Kesalahan adalah bagian dari hidup manusia, Mungkin pada awalnya akan merasa kecewa, tanpa terduga melakukannya, sampai rasanya membuat kesalahan ini seperti mengakhiri dunia.

Bagi seseorang yang memiliki Self Awareness, membuat kesalahan adalah sebuah kesempatan  untuk belajar. Justru kesalahan membuat kita semakin bertumbuh dewasa , jika mendapatkan pelajaran berharga dari kesalahan dimasa lalu, itu adalah salah satu tanda bahwa kamu lebih sadar diri dari pada yang kamu pikirkan.

2. Terbuka Untuk Peluang Baru

Peluang baru

Peluang baru – Kompas Ekonomi

Terkadang membuat keputusan yang berisiko itu memang sulit. Namun, jangan pernah menghindar, cobalah untuk melanjutkan jika sekiranya hal ini bisa membantu untuk bertumbuh menjadi lebih dewasa. Tak perlu takut gagal karena hal ini justru membuatmu lebih bisa menyadari diri sendiri.

3. Tidak Gengsi Untuk Mengatakan “maaf”

Mengakui kesalahan

Mengakui kesalahan – Hallo Sehat

Cobalah kamu ingat kembali, kapan kamu terakhir kali meminta maaf pada orang lain? Seseorang yang memiliki tanda ini tidak gengsi untuk meminta maaf terlebih dahulu ketika menyadari melakukan kesalahan.

Kata maaf adalah sarana yang baik untuk memperkuat hubungan dan dapat membangun kepercayaan. Dengan umpan balik yang jujur dari mereka akan membantu kita mencapai kesadaran diri.

4. Menerima Saran dengan Baik

Menerima saran

Menerima saran – ANY.web.id

Dengan menerima saran tanpa memiliki rasa kesal ketika orang lain mengkritik. Walaupun kamu menerima kritik orang yang tidak kamu anggap kompeten sekalipun, kamu tetap mendengarkan dan menerima saran kritikan tersebut dengan baik.

Dan kemudian belajar untuk memahami diri sendiri dari sudut pandang orang lain, tetap menerima umpan balik negatif ini lalu jadikanlah sarana agar lebih memiliki kesadaran diri.

5. Mengetahui Kekuatan & Kelemahan diri

Mengetahui kelemahan dan kekuatan

Mengetahui kelemahan dan kekuatan – Piskopius

Apa kamu tau apa yang menjadi kelemahan mu dan kekuatanmu? Mengetahui apa yang bisa kita lakukan dengan baik akan membantu kita menepatkan diri pada bidang yang lebih pas. Dengan ini, peluang untuk mendapatkan kesuksesan akan lebih terbuka lebar.

Dengan memiliki kesadaran diri adalah kekuatan yang dimiliki dapat mendorong diri untuk mengembangkannya. Dengan mengetahui kekurangan diri maka kita akan tau mana yang harus diperbaiki, jika kedua hal ini telah kamu pahami, kamu selangkah mendekati Self Awareness.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru