Arti Roaming Data: Fungsi Serta Cara Untuk Mengaktifkannya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Anda pasti pernah mendengar istilah roaming data, berikut ini adalah penjelasan terkait arti, fungsi roaming data dan cara mengaktifkannya.

Indiffs – Anda pasti pernah mendengar istilah roaming, mungkin juga sering mendengar istilah roaming ini pada saat liburan. Istilah roaming semakin terkenal oleh sebuah layanan dan surat kabar. Roaming juga biasa di sebut dengan sebuah roaming data. Nah, berikut penjelasan terkait arti, fungsi serta cara mengaktifkan roaming data.

Arti dan Fungsi Roaming Data

Roaming data adalah jenis layanan yang memungkinkan tetap bisa terhubung ke internet, saat keluar dari area jangkauan sinyal provider yang dipakai. Saat ini Indonesia sudah memiliki provider diantaranya yaitu Indosat, XL, Axis, Smartfren, 3 dan masih banyak lagi.

Jadi, roaming data ini menggunakan telepon untuk menerima data melalui jaringan yang tidak dimiliki atau dioperasikan oleh penyedia layanan jaringan. Cara nya bisa dilakukan dengan menyambungkan ke saluran Internet saat roaming, terutama bila berada di luar negeri, dapat meningkatkan biaya data secara nyata.

Pada saat di luar negeri, jaringan ponsel tidak dapat dijangkau sehingga pada keadaan tersebut secara otomatis ponsel akan mencari jaringan lain yang ada di sekitar lokasi tersebut. Provider lokal atau dalam negeri biasanya bekerja sama dengan provider yang ada di lokasi tersebut (luar negeri), sehingga provider yang digunakan akan secara otomatis mengaktifkan fitur roaming. Fitur ini akan aktif apabila Anda mendaftar atau mengaktifkan terlebih dahulu sebelum keberangkatan.

Cara Mengaktifkan

Berikut cara mengaktifkan roaming data bagi pengguna Android:

  • Buka Setelan di Android Anda.
  • Buka menu Kartu SIM.
  • Kemudian ketuk menu Roaming Data.
  • Aktifkan roaming data.

Setelah itu, langsung restart HP Anda, lalu sambungkan kembali HP ke jaringan internet. Dengan demikian, roaming data di HP Anda sudah aktif.

Bagi pengguna iPhone, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut:

  • Buka Setting di iPhone Anda.
  • Masuk ke menu Data Seluler.
  • Buka pengaturan data seluler dan aktifkan roaming data di sana.

Cara aktifkan roaming dara di luar Negeri:

  • Pastikan sebuah opsi jelajah data telah Anda matikan, dan aktifkan kembali setelah And benar-benar membutuhkannya. Karena hal ini, Anda hanya menggunakan roaming data dengan sedikit.
  • Matikan sebuah pengaturan push di aplikasi email ataupun jaringan sosial media Anda.
  • Tetap komitmen menggunakan jaringan Wi-Fi untuk mengakses internet pada saat Anda sedang berada di luar negeri. Hal ini dilakukan untuk menghindari sebuah biaya tambahan.
  • Anda juga bisa meminta kata sandi Wi-Fi yang ada untuk mengakses internet pada smartphone Anda.

Menghentikan roaming data perlu dilakukan agar paket data Anda tidak terkuras. Anda dapat mengikuti cara menghentikan roaming data berikut ini:

Buka Pengaturan > Lainnya > Jaringan seluler, lalu nonaktifkan roaming data.

Biaya Roaming Data

Rincian harga roaming data dan cara pengukurannya cukup bervariasi, tergantung dari penyedia layanan internet yang dipakai. Jadi, apabila merencanakan perjalanan dimana Anda tidak akan memiliki jangkauan di jaringan rumah, periksa rincian biaya roaming dalam kontrak untuk menentukan tindakan terbaik.

Operator biasanya menawarkan paket khusus untuk roaming internasional saat bepergian ke luar negeri. Tergantung pada kebiasaan penggunaan dan akses Wi-Fi Anda, paket ini mungkin lebih murah daripada membayar biaya roaming data internasional.

Demikianlah mengenai arti, fungsi, dan cara mengaktifkan roaming data. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru