Arti Warna Menurut Psikologi, Memiliki Pengaruh Pada Manusia!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Menurut psikologi, warna memiliki arti yang bisa memberikan kesan tertentu pada seseorang. Berikut warna menurut psiklogi

indiffs – Menurut psikologi, warna merupakan cabang dari ilmu psikologi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh warna terhadap perasaan, suasana hati, dan emosi. Warna juga bisa mempengaruhi perilaku manusia dan reaksi fisiologis. Warna memiliki kekuatan untuk menyampaikan dan mengomunikasikan arti dan pesan tanpa menggunakan kata. Ternyata, Warna memiliki arti yang bisa memberikan kesan tertentu pada seseorang.

Arti Warna Menurut Psikologi

Warna dianggap memiliki pengaruh terhadap manusia. Dilansir dari beberapa sumber, berikut arti warna menurut psikologi:

1. Warna Putih

Warna putih umumnya menggambarkan kesucian, kedamaian, kekosongan, dan kepolosan. Putih dapat melambangkan awal yang baru, serta memberikan efek yang membuat ruang terasa lebih besar dan luas. Namun, warna netral ini juga dapat menggambarkan perasaan yang dingin, hambar, dan steril. Ini juga bisa terasa membosankan.

2. Warna Merah

Merah adalah warna yang terlihat berani. Warna merah sering dihubungkan dengan beberapa hal seperti kekerasan, api, bahkan peperangan. Selain itu, merah juga sering dihubungkan dengan gairah dan cinta. Warna merah memiliki efek fisik terhadap manusia. Seperti meningkatkan tingkat pernapasan dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, merah disebut juga dapat meningkatkan metabolisme manusia.

3. Warna Hijau

Hijau adalah warna yang sangat identik dengan alam. Arti warna hijau dapat memberikan suasana yang terkesan santai. Dalam cara pandang ilmu psikologi, warna hijau adalah warna yang sangat membantu seseorang jika berada di dalam situasi sulit. Warna hijau adalah warna untuk aura orang yang memiliki tipe kepribadian plegmatis. Plegmatis yaitu orang yang bersifat tidak emosional. Hal itu membuatnya cenderung selalu tenang. Selain itu, mereka juga akan lebih memilih untuk menghindari masalah. Mereka akan menjauhkan diri dari hal-hal yang berbau konflik.

4. Warna Kuning

Kuning adalah warna yang kerap sekali dianggap sebagai warna yang memiliki kehangatan. Arti warna kuning adalah sesuatu yang memberikan energi dan kecerahan. Hal tersebut berkaitan dengan sinar matahari. Warna kuning juga melambangkan sebuah kebahagiaan. Akan tetapi, arti warna kuning yang justru sebaliknya adalah sesuatu yang terkait tipu daya. Beberapa lainnya juga menyebut bahwa kuning memiliki arti pengecut.

5. Warna Biru

Warna biru tua dapat merangsang pemikiran yang jernih. Sementara warna biru muda dapat membantu seseorang dalam menenangkan pikiran. Selain itu, warna biru dapat meningkatkan konsentrasi seseorang. Hal tersebut dikarenakan warna biru dapat memberikan kesan yang profesional. Selain itu, warna biru juga dapat memberikan kesan kepercayaan.

6. Warna Hitam

Hitam adalah warna netral terkuat. Di sisi positif, ini biasanya dikaitkan dengan kekuasaan, keanggunan, dan formalitas. Di sisi negatif, itu bisa dikaitkan dengan kejahatan, kematian, dan misteri. Hitam adalah warna berkabung tradisional di banyak negara Barat.

7. Warna Cokelat

Cokelat dikaitkan dengan tanah, kayu, dan batu. Warna itu sepenuhnya alami dan netral yang hangat. Cokelat dapat dikaitkan dengan ketergantungan dan keandalan, dengan ketabahan, dan kesederhanaan.

8. Warna Ungu

Warna ungu umumnya menggambarkan kebijaksanaan, kekayaan, imajinasi, dan misterius. Ungu sering dilihat sebagai warna yang mewah dan terkadang terlihat eksotis.

Dalam psikologi warna, ungu juga memiliki karakteristik yang menenangkan. Warna ungu bahkan dapat membangkitkan imajinasi.

9. Warna Oranye

Arti warna jingga umumnya melambangkan kebahagiaan, antusiasme, energi, dan fokus. Jingga adalah kombinasi dari merah dan kuning yang umumnya dianggap sebagai warna energik. Warna ini dapat menimbulkan perasaan bahagia, hangat, dan antusias. Warna ini bahkan juga sering digunakan untuk menarik perhatian.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru